5 Seni Mencari Modal Usaha, Apa Saja?

Mencari modal usaha bisa dibilang susah-susah gampang. Namun ternyata, ada seni yang bisa dilakukan untuk membantu memenuhinya. Apa saja? Ini ulasannya.

Modal mungkin bukan hal terpenting dalam bisnis, tapi tanpa adanya modal pasti sulit mengembangkan bisnis yang Anda lakukan.

Jika takut kekurangan dana untuk modal usaha? Tidak perlu khawatir. Sumber dana ada di mana-mana kok. Asal tau bagaimana cara mencarinya, pasti bisa mendapatkan sumber dana terbaik.

Mau tahu apa saja yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan modal bisnis? Berikut ini ada 5 seni untuk memperoleh tambahan modal saat ingin memulai atau mengembangkan bisnis Anda.

1. Menabung

Menabung merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan modal bisnis. Sayangnya, cara ini membutuhkan waktu dan tidak sebentar. Anda pun harus benar-benar mendisiplinkan diri agar bisa menyisihkan uang secara rutin setiap bulan.

Agar lebih efektif dan cepat terkumpul, bukalah satu rekening bank khusus untuk menabung modal bisnis Anda. Dengan menyimpan di rekening yang berbeda, Anda akan terhindar dari godaan untuk menggunakan dana tersebut.

2. Mencari Rekan Bisnis

Memiliki keluarga atau teman yang ingin membuat bisnis? Jual ide Anda dan ajaklah dia untuk bekerja sama. Memiliki seorang rekan bisnis tidak hanya bisa memberikan modal tambahan, tapi juga bisa membantu menjalankan kegiatan operasional bisnis.

Namun cara ini harus direncanakan secara baik. Harus jelas bagaimana pengaturan pembagian tanggung jawab serta keuntungan untuk semua pihak. Sebaiknya buatlah perjanjian secara tertulis sebagai antisipasi di masa depan.

3. Mencari Pemegang Saham

Meski sama-sama memberikan modal tambahan, namun pemegang saham berbeda dengan rekan bisnis. Seorang pemegang saham tidak akan banyak terlibat dan turut camput saat menjalankan operasional bisnis sehari-hari.

Untuk bisa menjaring calon investor yang bersedia menanamkan dana, Anda harus menyiapkan sebuah proposal bisnis. Isi proposal tersebut harus sesuai dengan keadaan bisnis yang akan dibuat atau dikembangkan, tanpa mengurangi atau melebihkan. Jangan lupa cantumkan berapa estimasi keuntungan dan kapan mereka akan mendapatkan uang tersebut.

4. Mengajukan Pinjaman Pribadi

Saat tidak punya modal untuk memulai sebuah bisnis, hindari mengajukan pinjaman pribadi dari para rentenir. Dengan suku bunga per bulan yang sangat tinggi, resiko meminjam dari para lintah darat ini pun menjadi sangat besar.

Jika Anda berniat mengambil pinjaman pribadi untuk tambahan modal bisnis sebaiknya ajukan di lembaga simpan pinjam resmi seperti koperasi atau ajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Proses pengajuan kredit usaha di lembaga resmi ini akan jauh lebih mudah dan sederhana.

Beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah jangka waktu pembayaran yang lebih panjang serta bunga yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang lain.

5. Kartu Kredit

Mendapatkan kredit usaha dari bank bukanlah perkara mudah, apalagi jika tidak ada jaminan aset seperti sertifikat rumah atau surat BPKB Kendaraan Bermotor Solusinya? Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan tambahan modal bisnis Anda.

Hal yang harus diperhatikan jika Anda memilih cara ini adalah syarat dan ketentuan bank penerbit kartu kredit, terutama mengenai bunga per bulan, batas minimum saldo, tenggat waktu pembayaran, serta besaran denda jika terjadi keterlambatan pembayaran.

Hitung terlebih dahulu berapa dana yang dibutuhkan untuk memulai atau mengembangkan bisnis Anda. Lalu, pilihlah 1 cara yang paling cocok untuk mendapatkan tambahan modal. 

Hati-hati, jangan sampai salah memilih! Selalu ingat bahwa bunga yang sangat besar dapat merusak usaha Anda. Tidak mau kan jika keuntungan yang diperoleh nantinya malah harus dipakai untuk membayar bunga? 

Selamat memilih sob

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama