5 Jenis Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tidak selalu melulu mengurus rumah dan mangasuh anak. Anda juga bisa memanfaatkan peluang untuk berbisnis, inilah jenis bisnis yang cocok

mother and children happy

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa menghasilkan. Faktanya terdapat banyak jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menambah pemasukan keluarga.

Binis tersebut dapat dilakukan bersamaan dengan tugas rumah tangga, sehingga peran wanita sebagai seorang ibu tidak terbengkalai. Sambil mengurus anak dia juga tetap bisa menghasilkan pemasukan tambahan.

Apa saja jenis bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut ini adalah daftar pilihan jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga.

1. Menjahit

Penjahit Sewer

Menjahit merupakan peluang usaha paling umum dilakukan oleh ibu rumah tangga. Peluang bisnis membuka jasa jahitan tidak memerlukan modal besar, hanya perlu memiliki peralatan menjahit dan keahlian menjahit. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemahiran menjahit dapat memanfaatkan keahliannya. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menerima pesanan jahitan pertama dari teman, saudara, kerabat dan lain sebagainya.

2. Katering

Bisnis Katering

Hobi memasak? Anda bisa memanfaatkan hobi ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Bisnis catering dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikitrata-rata bisa mencapai 100%. Anda bisa membuka catering untuk pesanan kantor, sekolah, arisan keluarga, pernikahan, dan lain sebagainya. Selain berbasis pesanan, Anda juga dapat membuka warung makan di rumah.

3. Bisnis Online

Online Shop

Kemudahan komunikasi dengan kehadiran internet, memudahkan setiap orang untuk berinteraksi. Salah satunya adalah untuk berbisnis.Hal ini merupakan peluang bagi banyak Ibu Rumah Tangga untuk dapat menghasilkan keuntungan finansial.

Banyak jenis usaha bisnis yang dapat Anda jadikan acuan untuk memulai bisnis online. Seperti : Produk makanan, produk pakaian, jasa, dan lain sebagainya.Bisnis ini dapat dilakukan kapan saja. Sehingga bisnis online dapat menjadi solusi tepat untuk mendapatkan penghasilan sampingan tanpa harus dibebani dengan waktu yang padat.

Misalkan Anda akan menjual sebuah produk pakaian, Anda bisa menjadi reseller tanpa harus membeli produk terlebih dahulu ke distributor. Cukup melakukan promosi ke teman-teman ataupun keluarga, dan pengiriman barang ke konsumen langsung dilakukan oleh agen yang menerima Anda menjadi mitra.

4. Bisnis Handycraft

UKM Handycraft

Anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan? Jika memiliki bakat ini,jangan pernah ragu untuk merealisasikan bakat Anda dalam sebuah karya yang dapat dipasarkan.Untuk awal, Anda bisa membuat 1 atau 2 macam jenis handycraft di waktu senggang. Bahkan Anda bisa menggunakan beberapa barang bekas yang sudah tidak terpakai di rumah, menjadi sebuah karya menarik berasal dari ide dan keapikan dalam membuat sebuah produk yang unik.

Jangan pernah ada rasa malu untuk memperkenalkan karya Anda.Bahkan untuk memulainya tidak perlu modal besar. Kunci dari bisnis handycraft adalah kreatifitas.

5.Budidaya Tanaman Hias

Bisnis Hidroponik

Budidaya tanaman hias dapat menjadi pilihan bisnis yang menarik untuk ibu rumah tangga. Selain untuk keindahan halaman rumah Anda, tanaman hias tersebut dapat dipasarkan. Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan antara lain anggrek, mawar, melati, kaktus dan lain sebagainya.

Dalam budidaya tanaman hias Anda dapat mencoba teknik persilangan tanaman untuk menambah jenis-jenis tanaman hias baru agar usaha budidaya Anda berkembang pesat. Biasanya rata-rata keuntungan yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah tergantung dengan banyaknya pesanan tanaman.

Lima rekomendasi jenis bisnis diatas dapat Anda manfaatkan untuk mencari peluang dalam menambah penghasilan. Manakah jenis bisnis yang paling cocok dengan Anda? Selamat memulai berbisnis!

Baca juga: Entrepreneur Yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama