5 Cara Temukan Lokasi Bisnis Terbaik

Lokasi, lokasi, dan lokasi. Itulah kata-kata yang selalu ada di benak kita jika mencari lokasi usaha. Tapi, ada faktor lain yang bisa menjadi pertimbangan.

  1. aspek demografis
  2. riset area
  3. analisis kompetitor
  4. lakukan investasi area bisnis
  5. minta bantuan profesional

lokasi bisnis terbaik

Saat membaca artikel ini, mungkin Anda sedang berpikir di mana tempat terbaik membuka usaha, baik itu toko roti, butik, gerai butik pakaian, atau pun sepeda fixie. Menemukan lokasi terbaik untuk usaha bukan hanya permasalah bujet. Jika mendapatkan lokasi murah tetapi kurang strategis, sama juga bohong. Mungkin akan susah untuk bisa mendapatkan balik modal. Selain faktor bujet, ada juga faktor lain yang turut mempengaruhi lokasi usaha Anda sehingga memikat mata konsumen.

demografik

Aspek Demografis

Aspek demografis yang dimaksud di sini tingkat kerapatan penduduk yang bisa menjadi target market usaha Anda. Membuat target market yang jelas adalah juga membuat segmentasi pasar yang jelas pula untuk usaha. Tentu komponen demografis di sini bisa macam-macam. Coba buatlah analisis latar belakang konsumen Anda, misalnya ada berapa jumlah kompetitor yang bergerak di jenis usaha yang sama dengan Anda. Buat juga analisis tentang gaya hidup pangsa pasar Anda. Misalnya masyarakat di sekitar rumah sering bergonta-ganti model baju, itu tanda Anda bisa mulai membuka jenis usaha binatu (laundry). Atau bisa juga membuat analisis demografi tentang seberapa banyak satu keluarga memiliki kendaraan bermotor. Dengan demografi sederhana itu, Anda bisa memulai jasa pencucian motor. Perhitungkan segala data variabel demografi untuk menemukan lokasi terbaik Anda.


riset pasar

Riset Area

Untuk memulai usaha, ketelitian dan kecermatan dalam melakukan riset pasar adalah hal penting. Ingat, orang berdagang hampir sama seperti orang yang sedang bertempur. Tapi bertempur dengan cara yang sehat, dan berkompetisi secara sehat adalah salah satunya. Misalnya Anda ingin membuka kedai makanan sehat. Coba buat riset pasar apakah masyarakat di area itu suka dengan makanan sehat, misalnya sayuran organik. Cara lain adalah, coba perkenalkan sayuran organik itu ke pasar. Mencoba memperkenalkan sayuran organik ke pasar yang belum tentu mengenal memang adalah taruhan. Itu karena kita masih membentuk pasar. Tapi jangan salah, membentuk target market adalah keuntungan terbesar bagi usaha Anda.


Alfamart dan Indomaret berdampingan

Analisis Kompetitor

Di daerah rumah saya sering terlihat suatu minimarket Alfamart berdampingan, atau bahkan bersebelahan, dengan minimarket Indomaret. Membangun jenis usaha yang berdampingan dengan kompetitor bisa menjadi bahan pertimbangan. Bahkan, cara ini bisa mencegah kompetitor melakukan monopoli di lokasi yang sama. Kemungkinan besar kompetitor itu sudah melakukan survei di lokasi itu. Coba manfaatkan hal itu untuk menghemat biaya survei lokasi usaha Anda.


Hermawan Kertajaya

Minta Bantuan Profesional

Jika sudah membuat penelitian dan riset, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan dari ahli marketing yang profesional, misalnya Hermawan Kertajaya. Tanyalah kepada profesional tersebut, apa yang sudah Anda miliki dan apa yang selanjutnya dibutuhkan untuk usaha. Jalinlah komunikasi yang baik dan benar, mereka akan dengan senang hati membantu dan memberi saran serta koreksi. Selain itu, ada banyak institusi sekolah untuk para pebisnis dan pewirausaha. Coba ambil beberapa kursus atau sekolah khusus marketing. Dengan begitu, Anda tahu jenis strategi marketing apa yang pas untuk jenis usaha yang akan/sedang dirintis.


Lakukan Investigasi Area Bisnis

Seperti halnya para jurnalis, seorang pewirausaha juga bisa melakukan investigasi dan melakukan reportasi sederhana untuk tujuan pendirian usaha. Coba periksa lingkungan tempat usaha Anda. Jika hendak menyewa ruko, hitunglah berapa bujet yang diperlukan untuk merenovasi ruko tersebut. Merenovasi berbeda sedikit dengan memugar. Merenovasi mungkin akan banyak mengeluarkan kocek, sementara memugar mungkin akan sebagian kecil dilakukan terhadap bangunan. Periksa, apakah sudah ada bangunan komersial yang pernah berdiri? Apakah sebelumnya pernah terjadi tindak pidana perampokan? Untuk menjangkau ruko Anda, apakah sudah ada angkutan umum? Semua pertanyaan itu harus ditanyakan kepada diri sendiri. Itu perlu agar tidak terjebak di target market yang salah, bukan?

Salah satu hal yang bisa dilakukan pewirausaha adalah mendirikan ruang usaha tersendiri. Misalnya membangun ruko di lahan yang sudah dibeli. Itu bisa dilakukan, tapi pastikan agar akses lainnya sudah tersedia, misalnya sudah ada angkutan umum atau masyarakat sebagai calon konsumen Anda. Nah jika sudah yakin buka usaha, tinggal wujudkan deh!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • inonk tauseef

    saya ingin membuka bisnis baju ataupun kue kue kecil tapi sayangnya bayar kios sewa'a di jakarta untuk sekarang melebihi harga modal untuk berjualan :( .. kalau ada yang bisa membantu saya dalam meyelesaikan hal ini,, atau memberikan info di mana saja saya dapat menemukan tempat/kios untuk usaha tetapi dengan harga sewa yang murah,, mohon kira'a diinformasikan kno saya 081806754675 ,, terima kasih sebelumnya

    Reply