5 Cara Jitu Mendapatkan Penghasilan Pasif

Ingin menikmati penghasilan rutin tanpa perlu membanting tulang bekerja di perusahaan orang lain? Penghasilan pasif adalah jawabannya. Inilah 5 cara jitu untuk mendapatkannya.

Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang tidak memiliki aktivitas rutin seperti karyawan kantoran, tetapi memiliki kehidupan mapan dan bahagia? Jika iya, mungkin Anda akan berpikir, ia adalah anak orang kaya sehingga semua biaya ditanggung orang tua.

Hmm... jangan cepat berpikiran seperti itu, ya. Bisa jadi, ia hanya memiliki penghasilan pasif yang dapat memberikan penghasilan rutin tanpa perlu bekerja banting tulang.

Ya, penghasilan pasif adalah penghasilan yang diterima secara rutin dari sebuah atau beberapa sumber investasi. ‘Sumber’ tersebut tentu telah dibangun dan dimiliki di masa lalu. Untuk memperoleh penghasilan pasif, Anda hanya perlu usaha untuk mempertahankannya.

Keuntungan Memiliki Penghasilan Pasif

Lantas, apa saja keuntungan memiliki penghasilan pasif? Berikut adalah pemaparannya.

Memberi Kebebasan

Jika penghasilan pasif sudah bisa membiayai gaya hidup,maka Anda bisa mengambil keputusan untuk pensiun dari pekerjaan. Dengan begitu, Anda dapat menikmati hidup dan melakukan apa pun yang diinginkan tanpa mencemaskan masalah uang.

Memberi Keamanan Finansial

Aliran uang dari penghasilan pasif dapat menyediakan keamanan finansial ekstra bagi Anda dan keluarga. Hidup ini serba tidak pasti, segala musibah dapat terjadi. Bila bekerja sebagai karyawan, Anda bisa sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan.

Bila bekerja wirausaha, bisnis bisa mengalami pasangsurut. Jika memiliki penghasilan pasif, Anda dapat lebih merasa aman bila sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan atau bisnis menurun.

Terus Menerus

Penghasilan pasif tidak berhenti ketika Anda berhenti bekerja. Sebaliknya, tidak peduli betapa berharganya Anda bagi perusahaan dan betapa loyalnya melayani perusahaan, suatu saat Anda harus pensiun. Ketika berhenti bekerja, perusahaan akan berhenti membayar Anda.

Fleksibilitas Waktu

Untuk meraih penghasilan pasif, Anda tidak perlu bekerja keras mengejar uang. Sebaliknya, uang akan datang kepada Anda. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal bermanfaat lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Pasif?

Untuk membangun pundi-pundi penghasilan pasif, tentu diperlukan usaha secara terus menerus agar investasi yang ditanam terus berkembang. Memang, prosesnya tidaklah mudah. Namun yang pasti, Anda akan melakukannya dengan senang hati.

Untuk menjaga pertumbuhan penghasilan pasif agar terus berkembang, maka diperlukan perangkat yang pas serta strategi yang cocok agar investasi tersebut benar-benar berhasil. Inilah 5 perangkat dan strategi yang bisa mendukung pertumbuhan penghasilan pasif.

Merampingkan Sistem

Apapun investasi yang sedang dilakoni, baik dalam bentuk uang, waktu, tim, ataupun teknologi dan komunikasi, diperlukan pengelolaan.

Maka, mulailah dengan pengelolaan sistem yang tepat untuk memaksimalkan waktu yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk memutar aliran dana investasi menjadi penghasilan pasif.

Semakin teroganisir, maka semakin mudah mengelola penghasilan pasif. Saat semua orang, mulai dari pekerja, kontraktor, hingga asisten menjalankan hal sama, maka membangun pundi-pundi penghasilan pasif menjadi semakin mudah.

Sewa Asisten Virtual

Mulailah untuk menyewa jasa asisten virtual. Virtual asisten bisa melakukan apa saja tanpa memerlukan kehadiran fisik, seperti membuat jadwal pertemuan, melakukan hubungan telepon, berkirim email, membuat dan memproses faktur, serta segala hal bersifat manajemen secara umum.

Memanfaatkan asisten virtual bisa menghemat waktu dan memungkinkan untuk fokus mengarahkan energi dan waktu untuk membangun penghasilan pasif.

Menyewakan Barang-Barang

Tidak perlu selalu berinvestasi dalam membangun penghasilan pasif. Hal itu bisa dimulai dengan segala hal yang sudah dimiliki. Dari motor, mobil, hingga menyewa sepetak lahan, itu sudah membuka peluang untuk memupuk penghasilan pasif.

Menyewakan barang-barang pribadi juga merupakan cara mudah. Carilah jasa penyewaan ternama, cukup titipkan barang-barang pribadi ke jasa penyewaan tersebut, dan uangnya akan mengalir ke rekening pribadi.

Pinjamkan Uang Kepada Rekanan

Pendanaan patungan (crowdfunding) tidak hanya menjadi tren, melainkan lebih kepada sebuah gerakan. Crowdfunding juga bisa menjadi jalan untuk membangun penghasilan pasif.

Dengan bantuan situs internet, seseorang bisa meningkatkan penghasilannya dari meminjamkan uang kepada orang lain. Cara ini disebut-sebut sebagai opsi saling menguntungkan bagi semua pihak.

Investor memberikan modal dan mendapatkan keuntungan berupa bunga. Sedangkan peminjam mendapatkan akses ke pendanaan tanpa hambatan seperti di lembaga keuangan besar.

Investasi seperti ini akan membuat uang bekerja untuk Anda.

Investasi di Pendanaan Patungan Properti

Jika mencari investasi yang menawarkan pengalaman pengguna, maka pendanaan patungan (crowdfunding) properti bisa menjadi pilihan.

Sebagai contoh, perusahaan seperti RealtyMogul.com, menghubungkan para investor dengan peluang pendanaan dan investasi secara online tanpa harus repot berurusan dengan bank-bank besar atau lembaga keuangan.

Properti merupakan sektor yang sangat menarik. Sebab, aset di sektor properti relatif tidak terlalu fluktuatif dibanding aset lain.

Penghasilan pasif merupakan salah satu cara cerdas untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Untuk meraihnya, tentu diperlukan usaha secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Baca juga: 5 Cara Cari Uang Tambahan dengan Cara Sederhana

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama