Xiaoyi M1, Kamera Mirrorless Paling Value-For-Money?

Berbagai produk Xiaomi telah dikenal berapa tahun ini, terutama beberapa seri Smartphone seperti seri Mi, Redmi, Mi-NoteM. Kini hadir penuh sensasi adalah kamera digital Mirrorless: Yi M1. Bagaimana perfomance-nya?

Sekitar sebulan yang lalu sebuah perusahaan Xiaoyi mengeluarkan sebuah produk Kamera Digital Mirrorless: Yi M1. Banyak yang memperhatikan kamera ini terutama karena asosiasinya dengan merek Smartphone dan Gadget Xiaomi. 

Berbagai produk Xiaomi telah dikenal berapa tahun ini, terutama beberapa seri Smartphone. Smartphone seri Mi, Redmi, Mi-Note. Dengan fitur-fitur mendekati high-end dan build-quality yang cukup solid, namun dengan harga jual yang sangat membuat orang ‘mikir’.

Kamera Digital Mirrorless Yi M1

Hal yang sama juga terhadap Kamera Yi M1. Kamera Mirrorless dengan interchangeable lens, lensa yang dapat ditukar-tukar layaknya kamera foto profesional. 

Ukuran sensor APS-C cukup setara dengan beberapa kamera mirrorless yang paling diakui kualitasnya saat ini di pasar. Namun dengan harga jual yang sangat kompetitif: kurang lebih Rp6,4 juta untuk full-kit.

Kompetitor Mirrorless

Satu hal yang diperhatikan, adalah bahwa Xiaoyi itu adalah sebuah merek dan bisnis yang secara legal terpisah dari Xiaomi. 

Awal pendiriannya memang Xiaoyi mendapat suntikan modal dari Xiaomi, namun juga dari awal Xiaoyi beroperasi independen dari Xiaomi dan berfokus pada produk-produk kamera, video, dan fotografi. 

Sempat sebagai anak perusahaan, namun sekarang Xiaoyi sudah menjadi entitas bisnis terpisah. Walau Xiaomi masih terhitung penanam modal di dalam Xiaoyi.

Selain Yi M1 satu lagi produk yang dapat dikenali dari mereka adalah Xiaoyi Action Camera. Dirancang sebagai kompetitor GoPro dengan harga sangat kompetitif, tapi jangan salah kualitas gambar yang direkam masih dapat disandingkan dengan GoPro. 

Kendati iya, khususnya untuk kelas low-end hingga mid-range.

Jadi bisa dibilang Xiaoyi masih senafas dengan Xiaomi, bertujuan menunjukkan ke dunia bahwa kualitas & performa bagus tidak harus berarti harga tidak terjangkau.

Digital Mirrorless Xiaomi Yi M1

Dan seperti halnya produk-produk paling anyar dari Xiaomi, Yi M1 pun baru secara resmi dijual bebas di RRC. 

Belum ada pengumuman kapan M1 akan benar-benar dijual resmi di negara-negara lain, namun seperti halnya berbagai smartphone paling populer dari Xiaomi, ada saja yang mengimpor secara built-up dari RRC ke Indonesia.

Tentu ada risiko ketika mengimpor gadget dari luar, bukan membeli dari dealer dalam negeri. Antara lain layanan purnajual tentunya paling tidak akan rumit, bila bahkan bisa tidak ada sama sekali. 

Tapi bukan berarti lantas tidak ada yang mau membeli; lihat saja berbagai produk Apple Inc. seperti iPhone 7+ terbaru dan MacBook terbaru yang diimpor, dengan service-center 'setengah resmi' di Indonesia. 

Bila produk bagus, ada aja caranya para penggemar akan mendatangkannya ke Indonesia.

Kamera Sony Mirrorless

Alternatif Mirrorless

Lebih lanjut, tentu bisa dipertimbangkan bahwa banyak produk alternatif, dan sudah resmi dijual di dalam negeri. 

Dalam kasus Yi M1, kita bisa pertimbangkan kamera-kamera seri Sony Alpha pun Nex-5 second yang masih bagus dan harganya lebih kompetitif karena sudah ada produk Sony yang baru tahun ini. 

Pun juga dari merek Fuji, ada seri Fuji X1. Coba cari-cari di berbagai online store terpercaya, dan ajak teman Anda yang mengenal teknologi kamera. 

Dan tak salah untuk mempertimbangkan menggunakan kartu kredit cicilan elektronik, karena terkadang bahkan ada diskon sehingga bisa membeli lebih murah dari cash.

Produk Yi M1 ini tentu menantang pasar, dan pada akhirnya ini bagus untuk konsumen. Karena dorongan inovasi dan efisiensi produksi membuat lebih banyak lagi masyarakat yang terjangkau kemajuan teknologi.

Baca juga:
Aksesori Wajib Smartphone Xiaomi Canggih tapi Terjangkau
Perang Drone Lipat: GoPro Karma vs DJI Mavic Pro

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama