Usai Galaxy Note 7 Gagal: Yakin Smartphone Mewah adalah Investasi?

Samsung Galaxy Note 7 kini resmi di-recall total, dan tidak lagi dijual di manapun. Takhta smartphone Android paling top pun kini kosong. Nah, smartphone Android apakah penggantinya?

Resmi sudah Galaxy Note 7 telah berakhir riwayatnya. Dengan meledaknya beberapa unit pengganti Note 7, Samsung korporat pusat pun mengumumkan penarikan kembali seluruh unit smartphone Note 7 dan penggantian. 

Baik berupa pengembalian uang pembeli, ataupun dengan pemberian voucher untuk dapat digantikan dengan perangkat Samsung lainnya. Dan produksi Note 7 pun telah dihentikan total.

Kisah akhir Note 7 cukup tragis. Program recall Note 7 diumumkan awal September. Para pemilik Note 7 mulai mendapatkan perangkat pengganti. 

Namun selang berapa lama, dilaporkan beberapa perangkat pengganti, juga mengalami kebakaran. Setelah tak dapat dielakkan lagi, Samsung korporat pun mengumumkan pembatalan seri Note 7 dan meminta semua Note 7 dikembalikan.

google pixel smartphone

Google Pixel & Pixel XL

Jadi, bagaimana selanjutnya? Harus diakui Note 7 adalah sebuah produk yang sangat, sangat digandrungi. Sepanjang sejarah, Note 7 adalah smartphone Android dengan jumlah pre-order terbesar. 

Terbesar di antara seluruh smartphone Android, bukan hanya di antara smartphone Samsung. Kini, perangkat manakah yang dapat menggantikan posisi Note 7 sebagai smartphone Android paling top?

Kalau begitu, sekarang apa ponsel Android terbaik? Google Pixel XL tentunya satu pilihan. Resmi di-launching bulan Oktober ini, Pixel dan Pixel XL telah dapat di-preorder saat ini juga. 

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, para pembeli pun sudah mulai menerima Pixel XL mereka.

Kamera Pixel XL bisa dikatakan sejajar atau bahkan sedikit lebih baik dari Note 7. Namun Pixel XL tidak tahan air, tidak seperti Note 7 ataupun S7 Edge.

ASUS Zenfone 3 Deluxe

ASUS Zenfone 3 Deluxe

Tapi saat ini seri Pixel maupun Pixel XL tidak dijual resmi di Indonesia. Lain halnya dengan Zenfone 3 Deluxe. Zenfone 3 Deluxe memiliki RAM 6 Gigabyte, lebih besar dari RAM standar Note 7 maupun Pixel XL. 

Dia juga menggunakan kamera Sony teranyar. Pokoknya spec-nya nggak kalah. Tapi ya harganya juga tidak mau kalah: sekitar Rp 9 juta untuk versi Storage 64 Gigabyte, dan Rp11 juta untuk versi 256 GB.

Zenfone 3 Deluxe memiliki layar 5.7 inci, sama dengan Note 7. Zenfone 3 Deluxe ini juga men-support Dual SIM, dual 4G dan dual Stand-by. Kapasitas baterainya juga 3000 mili-ampere, dan mendukung fast-charging

Dan juga, tidak seperti Note 7, Zenfone 3 Deluxe ini mendukung eksternal MicroSD Card hingga 128 Gigabyte.

Kalau turun sedikit, ada ASUS Zenfone 3 standar, dengan RAM 4 Gigabyte dan Storage 32 GB, mulai di harga Rp 5 jutaan. Prosesornya memang bukan Snapdragon paling anyar sih, memang.

apply kartu kredit online

Haruskah Note 7, Ataupun Flagship Android Lainnya?

Satu hal yang jelas, baik Note 7 ataupun Pixel XL, keduanya tidak dirilis secara resmi di Indonesia. Atau paling tidak hingga saat ini Google belum mengumumkan akan mengirimkan Pixel XL di Indonesia. Sedangkan untuk Note 7, ya jelas sudah di-cancel.


samsung galaxy note 7

Sumber: GSM Arena

Untuk smartphone Android mumpuni, sebenarnya masih banyak pilihan lain. Samsung Galaxy S7 Edge masih dijual, dan spesifikasinya nyaris sama dengan Note 7, hanya tidak memiliki stylus.Lalu dari LG, ada LG V20; flagship dari LG dengan fitur tidak kalah. 

Bila Anda ingin ganti handphone terbaru, ada cara mudah dengan menggunakan Citibank yang memiliki fitur produk EazyPay 0%. Fitur ini akan memudahkan Anda memiliki handphone canggih dengan angsuran fleksibel dan bunga nol persen. 

Jadi apa tujuan Anda mencari smartphone Android yang paling flagship? Pada akhirnya, kalau Anda mencari smartphone paling gaya, dan paling mudah dikenali orang banyak, ya sekarang option-nya antara Google Pixel XL, atau iPhone 7 Plus sekalian. 

Sudah begitu, kedua smartphone ini harganya di atas Rp 10 juta. Apakah Anda yakin, smartphone mewah adalah investasi yang baik?

#KartuKreditPromo

Baca juga:
Kumpulan Fitur iPhone 7 yang Wajib Anda Tahu
Aksesori Wajib Smartphone Xiaomi Canggih tapi Terjangkau

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama