Televisi 4K Vs Layar OLED, Bandingkan Teknologinya

Televisi 4K dan Layar OLED merupakan teknologi dengan resolusi visual tajam. Keduanya sempat tenggelam sebelum akhirnya kembali dan siap untuk manjakan mata para penonton film.

Tv 4K Vs OLED

Buat sebagian orang, hiburan di rumah merupakan salah satu cara untuk melepaskan diri dari penat dan stres setelah seharian beraktivitas.

Beberapa di antaranya, menonton televisi adalah salah satu opsi me-time yang cukup populer. Menonton acara televisi atau film favorit dengan fasilitas audio visual yang canggih sambil menikmati makan malam bikin sesi me-time terasa lebih fantastis.

Jadi, tidak salah jika Anda mulai mempertimbangkan perangkat televisi atau home theatre sebagai kebutuhan wajib di rumah. Kini, teknologi visual pun semakin beragam jenisnya.

Untuk kepuasan dan kenyamanan hiburan Anda, perlu diperhitungkan yang mana pilihan yang terbaik.

Saat ini ada dua tipe teknologi televisi yang sedang ketat bersaing, yakni televisi layar 4K dan layar OLED. Mari kita telaah bersama keunggulannya!

Televisi 4K

TV layar 4K

Pertama kali, teknologi televisi 4K ramai diperbincangkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) yang diselenggarakan di Las Vegas tahun 2013 lalu. Saat itu, televisi 4K masih dipasarkan untuk segemen tertentu dan belum dirilis merata di publik.

Setelah 10 tahun terakhir berbagai fitur televisi mengusung teknologi High Definition dan 3D kurang menarik minat konsumen di Indonesia. Akhirnya, pada 2016 lalu, tiba saatnya bagi teknologi 4K untuk menjadi primadona di kalangan pecinta teknologi audio visual.

Terima kasih kepada layanan streaming seperti Netflix, YouTube, dan Amazon Prime, yang memepopulerkan teknologi 4K ke masyarakat luas. Lewat televisi 4K, penonton streaming bisa menikmati film atau acara favoritnya dengan kualitas gambar yang detail.

Mata Anda bakal dimanja dengan resolusi yang bahkan lebih besar dari resolusi pada 3D, yaitu 3,840 x 1,080 piksel untuk masing-masing mata. Ketajaman gambarnya hampir empat kali resolusi televisi High Definition yang biasa.

Dengan resolusi piksel seperti itu, Anda bisa duduk pada jarak berapapun dari layar televisi. Anda juga tak perlu khawatir gambar yang Anda lihat akan menjadi pixelated atau pecah, bila ingin membeli tv berukuran superbesar.

Pengaturan cahaya Televisi 4K yang cukup terang juga telah dilengkapi teknologi LED, sehingga bisa lebih menghemat penggunaan listrik dan energi.

Televisi Layar OLED

tv layar OLED

Apa itu OLED? Organic Light-Emitting Diode atau Diode Pemancar Cahaya Organik yang disingkat menjadi OLED, merupakan jenis teknologi layar tv ramah lingkungan yang lebih efisien dalam bentuk lebih ramping ketimbang LDC atau plasma.

Sebenarnya, teknologi OLED sudah cukup lama beredar, seperti halnya 4K. Namun, momen ketenaran teknologi OLED baru dimulai beberapa waktu belakangan.

Salah satu penyebab teknologi ini kurang terkenal saat pertama peluncurannya adalah karena harga yang hampir tidak terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Harga yang mahal ini dikarenakan material bahan baku yang sulit didapat. Proses pembuatan layarnya pun menuntut ketelitian tinggi.

Kelebihan teknologi OLED terletak dari aliran listrik yang “menyalakan” spektrum warna pada layar, sehingga tampilan gambar, kontras dan cahaya, yang diberikan lebih tajam daripada teknologi yang ada pada LED pada umumnya.

Bahkan, warna hitam pada resolusi OLED dinyatakan termasuk warna hitam yang paling sempurna.

Layar OLED juga memberikan visual yang merata pada keseluruhan layar, sehingga kualitas gambar yang Anda lihat akan selalu sama. Visual dari segala sisi, baik dari depan maupun dari samping, pun lebih tajam.

Kecanggihan tersebut memberikan kenyamanan dalam menikmati tontonan favorit di manapun posisi Anda duduk.

Tentukan Pilihan!

Sebagai generasi teknologi televisi masa kini, bukan hal yang mengejutkan kalau keduanya dibanderol dengan harga yang cukup “galak”.

Meski keduanya termasuk dalam kategori tv layar besar, televisi 4K terhitung lebih murah ketimbang OLED karena lebih senior.

Saat ini, televisi 4K bisa ditemukan dengan harga di bawah USD2,000 (kurang dari Rp26 juta). Sementara itu, televisi OLED yang berukuran 55” dijual dengan harga 3,000 poundsterling (sekitar Rp49 juta), dua kali lipat harga 4K.

KreditGoGo-Apply-Kartu-Kredit

Memang bukan harga yang akrab untuk dilihat,tapi keduanya bisa jadi aset untuk kenyamanan Anda saat bersantai dan mengistirahatkan diri dari kesibukan sehari-hari. Ditambah lagi kedua televisi ini termasuk dalam teknologi yang hemat energi.

Saat ini sudah ada beberapa toko elektronik yang menjual kedua jenis televisi ini, sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh membelinya dengan menggunakan mata uang asing. Bagi Anda yang merupakan penggemar fasilitas home theatre bisa memeriksanya di toko elektronik favorit Anda, tentu saja dengan memanfaatkan fasilitas cicilan 0% dari kartu kredit, misalnya dari kartu kredit Citibank, yang memberikan cicilan 0% di Electronic Solution.

Kira-kira Anda lebih memilih televisi yang mana, 4K atau OLED? Tuliskan pilihan Anda dan alasannya di kolom komentar di bawah ini, ya!

#Teknologi

Baca juga:
Inovasi Nintendo Nes Classic dan Nintendo Switch
Antisipasi Tren Gadget 2017

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama