Sejarah Perkembangan iPhone, Apa Saja Yang Berubah?

Siapa yang tidak kenal iPhone, dia adalah smartphone canggih ciptaan Apple. Bagaimana sejarah perkembangannya sampai sekarang? Apa saja yang berubah?

Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 silam, iPhone langsung dianggap sebagai salah satu inovasi ponsel terbesar yang pernah ada. Sejak saat itu sampai sekarang, perkembangan dan perubahan smartphone kelas atas tersebut terus menjadi perbincangan di setiap tahunnya. 

Dalam perkembangannya, sejak membuat model 2G di 2007, Apple terus melakukan pengembangan untuk produknya agar terus update sesuai dengan perkembangan zaman. Kalau dibandingkan, seluruh perangkat ini dari yang paling pertama sampai yang terbaru, yaitu tipe 6 dan 6+, seluruhnya sudah mengalami peningkatan spesifikasi yang tentunya akan makin memudahkan kegiatan para penggunanya.

Peran iPhone Bagi Apple

Namanya juga produk andalah, tentu pastinya Apple sangat bergantung pada penjualan smartphone-nya itu. Bagaimana tidak, produk ini adalah sumber pemasukan terbesar perusahaan raksasa asal Amerika Serikat itu. Karena itu jangan heran kalau mereka sangat gila-gilaan dalam memasarkan produk tersebut di seluruh dunia.

Meski belakangan penjualannya terus merosot akibat persaingan sengit dengan produsen ponsel Android. Namun, nyatanya smartphone ini tetap mempunyai pangsa pasar sendiri. Buktinya, percaya atau tidak, saat Apple berencana untuk meluncurkan iPhone 6 tanggal 10 September lalu, para pembelinya sudah mengantri sejak beberapa hari sebelumnya. Sesuatu yang tidak pernah terjadi ketika produsen lain akan mulai menjual produk terbarunya, kecuali ada promo super murah.

Perkembangan iPhone Hingga Sekarang

Seperti yang sudah disebutkan, sejak Apple meluncurkan tipe 2G hingga yang terbaru yaitu 6 dan 6+. Seluruhnya sudah mengalami pengembangan spesifikasi yang signifikan sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

Nah, mau tahu seperti apa perubahan saja yang terjadi? Berikut adalah ulasannya.

1. iPhone 2G

Produk ini adalah generasi pertama iPhone yang dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 (untuk kapasitas memori 4GB dan 8GB) dan 5 Februari 2008 (penyimpanan 16 GB).

Di hari pertama penjualan, 2G dapat dibeli dengan harga USD 499 atau Rp 5,73 juta (asumsi USD 1 = Rp 11.500) untuk model 4GB dan USD 599 atau Rp 6,88 juta untuk model 8GB tetapi dengan syarat harus kontrak dengan perusahaan AT&T selama 2 tahun. Saat ini, mungkin harga perangkat ini tidak akan jauh melebihi angka Rp 1 juta.

Pada minggu pertama penjualannya, tercatat langsung ada sekitar 700 ribu 2G yang dibeli. Sampai sekarang produk ini berhasil terjual sebanyak 6.1 juta unit. Spesifikasi dari smartphone ini antara lain layar 3,5 inci beresolusi 320 x 480 piksel, kamera 2MP, sistem operasi iOS 1.0, dan prosesor ARM 11 clock 412 MHz.

2. iPhone 3G

Setelah sukses ketika menjual 2G, Apple langsung membuat generasi terbaru produknya itu. Hingga pada tanggal 11 Juli 2008, lahirlah generasi kedua yang diberi nama iPhone 3G.

Kali ini,ponsel pintar tersebut mengalami mengalami sedikit perubahan desain, peningkatan sistem operasi menjadi iOS 2.0, dilengkapi oleh toko aplikasi Apple Store, dan dibagi menjadi dua jenis yaitu dengan memori internal 8GB dan 16GB, meski tetap memiliki spesifikasi yang relatif sama seperti 2G.

Seperti yang sudah diprediksi, dalam minggu pertamanya memasuki pasar, penjualan ponsel ini melonjak hingga lebih dari 1 juta unit. Kalau tertarik membeli, sekarang, 3G hanya dijual sekitar Rp 1,5 jutaan.

3. iPhone 3GS

Setelah berhasil memberi sedikit perubahan dengan tambahan beberapa fitur baru pada model 3G. Apple langsung membuat perubahan besar pada generasi ketiga smartphone tersebut yang diberi nama iPhone 3GS.

Di mana, terdapat salah satu fitur baru yang sangat menggemparkan, yaitu penyematan kemampuan untuk merekam video. Selain itu Apple juga memberi peningkatan performa lain dengan memberi sistem operasi iOS 3.0, prosesor Cortex A8 600 MHZ dan kamera 3,2MP. 3GS ini pertama kali dirilis pada tanggal 19 Juni 2009 dengan dua model penyimpanan yaitu 16GB, 32GB dan 24 Juni 2010 untuk model 8GB.

Di minggu pertama penjualannya, tercatat ada lebih dari 1 juta unit 3GS terjual. Sekarang, harga ponsel ini sekitar Rp 2,8 juta untuk baru dan Rp 2,3 juta untuk yang bekas.

4. iPhone 4

Melanjutkan kesuksesan pembuatan tiga generasi sebelumnya, Apple langsung membuat penerus produknya itu yang kemudian diberi nama iPhone 4. Kali ini, lagi-lagi perusahaan ini membuat perubahan besar pada smartphone besutannya itu.

Meski ukuran layar tidak berubah dari 3,5 inci, tapi resolusinya meningkat menjadi 640x960 piksel. Namun, perubahan terbesar terjadi pada kamera dari 3,2MP menjadi 5MP, prosesor ciptaan sendiri A4 1GHz, dan sistem operasi baru iOS 4.0. Ponsel ini dirilis pertama kali pada tanggal 24 Juni 2010 untuk perangkat model GSM berwarna hitam, lalu 10 Februari 2011 untuk model CDMA berwarna hitam, dan 28 April 2011 untuk model GSM & CDMA berwarna putih.

Produk ini terbagi jadi tiga jenis, yaitu 8GB, 16GB dan 32GB. Untuk masalah penjualan, tidak usah ditanya. Hanya berselang 24 jam dari pemberitahuan akan dirilisnya smartphone ini, Apple langsung mendapat 600.000 pemesanan pre-order. Tidak hanya itu penjualan di minggu pertamanya juga mencapai lebih dari 1,2 unit.

Sekarang, harga jual smartphone ini sekitar Rp 3,8 juta untuk yang baru dan Rp 2,7 juta untuk yang seken.

5. iPhone 4S

Lagi-lagi Apple menggemparkan dunia dengan mengumumkan generasi kelima smartphone ini yang bernama iPhone 4S. Masih menggunakan bentuk yang sama dengan model sebelumnya, tetapi ponsel ini sudah memiliki fitur perintah suara pintar bernama Siri.

Selain Siri, 4S jugasudah mengalami peningkatan kemampuan berupa penggunaan prosesor baru A5 1 GHz, kamera beresolysi 8.0 MP dengan kemampuan merekam video 1080 HD, dan sistem operasi iOS 5. Di samping itu, smartphone ini juga memiliki tiga varian memori internal, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB.

Ponsel ini pertama kali dirilis pada tanggal 14 Oktober 2011 silam. Hebatnya, dalam 3 hari setelah memasuki pasar penjualan, 4s sudahberhasil terjual sebanyak 4 juta unit. Jauh melebihi generasi sebelumnya.

Harga jual 4S sekarang masih cukup tinggi, yaitu Rp 6 juta untuk yang baru dan Rp 5,8 juta untuk yang bekas.

6. iPhone 5

Ini adalah produk smartphone pertama yang diluncurkan Apple tanpa campur tangan Steve Jobs yang meninggal beberapa waktu setelah peluncuran 4S. Ketika diluncurkan, perusahaan mengklaim iPhone 5 adalah produk ponsel tercepat, paling tipis dan paling ringan yang pernah mereka buat.

iPhone 5 yang telah ditunggu sejak tahun 2010 sendiri banyak menambahkan segala sesuatu yang diinginkan banyak dalam 4S seperti layar lebih besar menjadi 4 inci, sistem operasi baru iOS 6, retina display, jaringan 4G LTE, free turn-by-turn navigation, prosesor A6 1,3GHz, dan desain body yang ramping.

Semua itu diciptakan agar para penggemar tidak kecewa. Untuk masalah penjualan, di minggu pertama saja produk ini sudah terjual sampai lebih dari 5 juta unit. Hampir sama seperti 4S, iPhone 5 masih dijual dengann harga tinggi, sekitar Rp 8 juta untuk baru dan Rp 5,5 juta untuk yang lama.

7. iPhone 5C dan 5S

Kedua produk ini diluncurkan Apple di tahun 2013. Untuk 5C, banyak orang menganggap ponsel ini tidak berbeda dengan 5. Namun yang membuatnya istimewa adalah karena dia adalah ponsel warna-warni pertama yang dijual oleh perusahaan tersebut.

Berbeda dengan 5C, 5S justru mengalami upgrade yang cukup signifikan, terutama di bagian prosesor. Di mana Apple menjadi produsen pertama yang menyematkan teknologi 64 bit untuk smartphone. Selain itu, perusahaan juga menambah flash kamera menjadi dua, teknologi finger print, dan mengganti sistem operasi menjadi iOS 7 pada kedua produk barunya.

Meski harganya cukup mahal, yaitu Rp 8,7 juta untuk 5C baru dan Rp 6 juta untuk yang lama serta Rp 10 juta untuk 5S baru dan Rp 7,5 juta untuk sekennya. Tetapi, kedua produk ini mampu terjual hingga mencapai 9 juta unit di minggu pertama dipasarkan.

8. iPhone 6 dan 6 Plus

Inilah, generasi smartphone terbaru dari Apple yang baru di luncurkan pada tanggal 9 September lalu. Seperti yang sudah diprediksi banyak orang, perusahaan ini akan membuat ponsel andalannya dalam ukuran lebih besar dari pendahulunya.

Di mana iPhone 6 berukuran 4,7 inci 1334x1750 piksel dan 6 Plus sebesar 5,5 inci 1920x1080 piksel. Keduanya masing-masing memiliki layar kaca Retina HD dengan penutup belakang dari bahan aluminum serta didesain lebih tipis dari pendahulunya.

Untuk masalah ukuran, iPhone 6 memiliki dimensi tebal 6,8 mm sementara 6 Plus 7,1 mm. Kedua produk baru ini juga menjalankan sistem operasi iOS 8 dan mengusung prosesor A8 1,4GHz yang diklaim 25 persen lebih kencang dan tampilan grafis 50 persen lebih baik.

Meski belum dijual di Indonesia, ada kemungkinan produk ini akan dibanderol dengan harga di atas Rp 10 juta. Jadi, siapkan kocek dalam-dalam ya!

Harus Beli Atau Tidak?

Kalau diperhatikan, makin kemari, harga iPhone ternyata semakin mahal. Namun, tingginya uang yang dikeluarkan mungkin cukup sepadan dengan kepuasan performa yang bisa dinikmati ketika menggunakannya. Jelas saja, karena dari mulai 2G sampai 6 serta 6 Plus, perangkat ini sudah mengalami perkembangan dan perubahan pesat.

Namun, ketika ditanya apakah harus memilikinya atau tidak, semua kembali lagi apakah Anda memerlukannya atau tidak dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, percuma memiliki ponsel super canggih nan mahal kalau hanya dipakai untuk online di sosial media, bukan untuk bekerja dan membantu kegiatan kebutuhan sehari-hari yang sifatnya belum tentu bisa ditunjang oleh perangkat pintar biasa.

Baca juga: Apakah Saya Menggunakan iPhone 6? Ini Jawabannya?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Hayra Mudji Saputro

    Apple adalah salah satu perusahaan terbesar pada bidangnya, setiap produknya memiliki fitur yang fantastis.
    Artikelnya bermanfaat, anda dapat mengunjungi artikel menarik lainnya di http://pena.gunadarma.ac.id/

    Reply
    • KreditGoGo

      Terima kasih. Semoga bermanfaat :)

      Reply
    • bimbo

      artikel nya sungguh menarik membahas perkembangan teknologi . saya juga memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai hal tersebut yang bisa di kunjung <a href="http://ps-tsi.gunadarma.ac.id">disini</a>

      Reply