Perang Drone Lipat: GoPro Karma vs DJI Mavic Pro

Brand action-camera GoPro mengeluarkan GoPro Karma; produsen drone DJI pun tak mau kalah, meluncurkan Mavic Pro. Keduanya adalah drone yang bisa dilipat!

Tren terbaru dalam Gadget Drone. Dalam waktu yang hampir bersamaan, dua buah drone diumumkan dan diluncurkan. Keunikannya, kedua drone ini dapat dilipat ringkas. Satu adalah GoPro Karma, dikeluarkan oleh GoPro, diumumkan pertengahan September 2016. 

Tak lama setelah itu, di akhir September, merek DJI mengumumkan DJI Mavic Pro.

man playing drone

Kita sering menjumpai video-video yang direkam para Travel Vlogger menggunakan drone. Video dari ketinggian menampilkan panorama indah. Namun satu kendala bagi para traveler, membawa drone seringkali merepotkan, besar dan banyak perintilan. 

Maka kedua produk drone ini sangat diantisipasi terutama oleh para Travel Vlogger.

Drone untuk Traveller: Bisa Dilipat!

Merekam pemandangan dari sudut pandang tinggi, menghasilkan foto yang sangat memorable. Inilah kenapa banyak yang jalan-jalan membawa drone. Apalagi kalau wisata ke pulau eksotik atau wilayah resort gunung. 

Tapi satu yang menjadi keluhan adalah begitu besarnya tas bawaan, kalau kita membawa drone.

Bila kita membawa koper overnight saja, satu buah drone dengan semua perlengkapannya, akan memenuhi seluruhnya. Dengan membawa baju, minimal kita membawa dua tas! Makanya Drone yang bisa dilipat, ataupun drone berukuran kecil, banyak diimpikan para traveler

Dan kini diumumkan dua buah di pasar.

drone for travel vlogger

Perang Fitur, Walau Beda-Beda Tipis

Pertama diumumkan adalah GoPro Karma. GoPro selama ini dikenal sebagai merek action camera dengan seri GoPro Hero. Dan GoPro Karma memiliki keunggulan kompatibel dengan berbagai accessories GoPro. 

Bahkan GoPro Karma bisa dibeli tanpa kamera, dan Anda bisa menggunakan kamera Hero 5 ataupun Hero 4, bila Anda telah memilikinya sebelumnya.

Sedangkan DJI adalah brand leader untuk produk drone untuk konsumen umum. DJI Phantom IV dikenal sebagai Drone dengan fitur-fitur paling mumpuni dan kualitas gambar paling bagus. 

Dan DJI Mavic Pro ini memiliki fitur-fitur smart flying yang bisa dibilang sama dengan Phantom IV, bahkan di beberapa detail melebihi. 

Namun sayang beberapa hands-on preview memperlihatkan bahwa kualitas gambar Mavic Pro terlihat lebih soft dan desaturated dibanding gambar dari Phantom IV. Walau tentu saja kualitas gambar Mavic Pro tetap saja sama sekali tidak bisa dibilang jelek. 

Hanya saja, gambar dari Phantom IV, lebih bagus.

drone lipat DJI Phantom IV

Tapi Tetep, Mahal Bro!

Satu yang tak bisa diragukan, kedua drone ini adalah seri terpuncak, high-end, dari kedua Brand. Keduanya adalah Halo Product. Produk andalan untuk menunjukkan kemampuan desain pencapaian teknis tertinggi, saat ini, dari kedua merek. 

Jangan heran kalau harga keduanya bisa melebihi US$1.000. Walau dengan konfigurasi-konfigurasi tertentu, masing-masing bisa menyentuh harga sedikit di atas US$700.

Walau demikian, bila Anda seorang Travel Blogger atau terlebih Travel Vlogger, drone lipat adalah senjata rahasianya. Keuntungan dan kesenangan dari membawa drone lipat saat jalan-jalan tentu tak bisa diragukan lagi. 

Bahkan pun bila Anda bukan seorang fotografer atau videografer profesional, alangkah menyenangkannya bisa membawa drone yang ringkas saat Anda jalan-jalan.

Mungkin Anda bisa menggunakan Drone yang lebih murah; tapi Drone murah dengan ukuran kecil, selama ini kualitas kameranya sangat kurang. 

Bahkan seringkali drone murah tidak memiliki camera stabilizer/3D gimbal, menyebabkan semua gambar yang Anda ambil akan lebih sering blur.

Baik GoPro Karma, maupun DJI Mavic Pro, saat ini belum dijual di pasar. Untuk GoPro Karma akan dijual 23 Oktober. 2016. Demikian juga DJI Mavic Pro akan dijual pertengahan hingga akhir Oktober. 

Bila Anda ingin bersiap-siap membeli drone secara cicilan, tentunya sangat berguna untuk memiliki sebuah Kartu Kredit Cicilan. Contohnya dengan Kartu Citibank Cash Back Visa Platinum dengan fasilitas EazyPay dari Citibank. 

Dan kartu cicilan ini juga bisa digunakan untuk menyicil berbagai Travel Gadget lainnya, seperti Mirrorless Camera atau dSLR, Action Camera, Travel Laptop, dan lain sebagainya. 

Baca juga:
Gadget Pelengkap Entrepreneur Sukses
Kartu Kredit Istimewa, Berikan Gratis Paket Data Internet

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama