Pakai Internet Berdasarkan Kecepatan Unduh Atau Besar Kuota?

Pemakaian internet sekarang bisa dibilang sudah masuk dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Anda para penggunanya, ada dua hal yang mesti diperhatikan, yaitu menggunakannya berdasarkan kecepatan unduh atau besar kuota yang didapat.

Jaringan internet memang sudah menjadi barang penting terutama di Indonesia, karena sudah masuk dalam penunjang kehidupan sehari-hari. Namun, seberapa tahukan Anda mengenai layanan jaringan komunikasi tersebut? Apakah mengambil berdasarkan tingginya jaringan kecepatan unduh atau besar kuota?

Ya, kedua hal tersebut memang berbeda. Karena cepatnya proses download belum tentu berbanding lurus dengan jatah kuota yang didapat, begitu juga sebaliknya.

Sebelum membahas lebih jauh, sudahkah Anda tahu seberapa besar KB/s dari Mbps atau GBs dari MBs layanan yang dipakai? Apakah menggunakan ADSL, perangkat mobile (seperti smartphone), atau Broadband Fiber berkecepatan tinggi? Terlalu cepat, cukup, atau lambat? Tepatkan penyedia layanan yang digunakan? Sudah terpenuhikah kebutuhan jaringan kita? Coba perhatikan lagi!

Kebutuhan Internet Makin Besar

Ya, layanan ini memang telah membuat revolusi besar-besaran bagi dunia. Bagaimana tidak, dengan internet, semua yang jauh bisa menjadi dekat, yang luas menjadi bisa terjangkau, yang tidak dikenal menjadi tersohor, dan sebagainya. Bisa dibilang, saat ini kita sudah hidup di dunia yang sempit. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan cara memanfaatkannya. Contoh paling gampang, butuh mencari informasi, cari saja di Google atau Wikipedia. Mau berkomunikasi dengan orang lain, cukup gunakan email atau jejaring sosial.

Mudah bukan? Masalahnya, seberapa cepat jaringan yang digunakan sehingga kita bisa mengakses layanan terebut dengan cepat? Saat ini, di Indonesia sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan broadband internet dengan harga yang bermacam-macam. Namun, seperti biasa, sebelum memakai, ketahui dulu kebutuhan kita sendiri agar kuota atau kecepatan yang didapat tidak mubazir karena pemakaian yang tidak seberapa.

Gunakan Internet Berdasarkan Kecepatan Download Atau Besar Kuota?

Seberapa Cepat Jaringan Internet yang Saya Butuhkan?

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia memang cukup signifikan. Masalahnya, sebagian besar di antara mereka tidak mengetahui layanan yang digunakannya sendiri. Nah, bagi yang belum mengerti, KreditGoGo akan mencoba mengklasifikasikannya menjadi tiga jenis berdasarkan penggunaannya.

1. Pemakaian Rendah

Pengguna jenis ini biasanya hanya menghabiskan waktu dengan internet selama 1-2 jam per hari. Kegiatan yang biasanya dilakukan adalah melihat email, sedikit melakukan pencarian di Google, membuka sosial media seperti Facebook dan Twitter, membaca beberapa berita secara online dalam beberapa menit, melihat toko online untuk berbelanja, serta beberapa kegiatan lain yang tidak terlalu memakan banyak bandwdith.

Bila Anda termasuk diantara mereka, gunakan saja broadband ukuran minimum sebesar 1 Mbps.

2. Pemakaian Menengah

Mereka biasanya hanya menghabiskan waktu dengan online di depan Komputer selama di rumah. Jenis kegiatan yang sering dilakukan yaitu membuka situs streaming video seperti Youtube, mengunduh lagu di situs MP3, dan membuka situs yang kaya akan konten.

Kalau termasuk pengguna internet jenis tersebut, gunakan provider yang memberi layanan internet berkecepatan 3-5 Mbps.

3. Pemakaian tinggi

Nah ini dia jenis pemakai yang bisa menghabiskan sebagian kehidupannya di depan komputer untuk online. Mereka biasanya menggantungkan hidup atau pendapatannya dari internet. Kegiatan yang sering dilakukan adalah streaming HD video, memainkan game-game multiplayer berat, dan sebagainya.

Bila Anda merasa seperti orang-orang tersebut, pakai layanan Broadband berkecepatan di atas 5 Mbps.

Berapa Sih Kecepatan Internet yang Pas Untuk Saya?

Sebagai contoh, bila termasuk pengguna tingkat rendah yang hanya memakai broadband sebesar 1 Mbps, maka perangkat Anda cuma menerima koneksi satu Megabit (Mb), (bukan Megabyte (MB)) per detik.

Perlu diingat, Megabit dengan Megabyte itu berbeda. Dalam hal ini, sebuah situs biasanya memiliki ukuran dalam MB, untuk membukanya dengan koneksi sebesar 1 Mbps biasanya dibutuhkan beberapa detik. Untuk informasi, 8 Mb sama dengan 1 MB. Jadi, kalau ingin membuka situs dengan kapasitas besar dengan cepat, gunakan jaringan internet yang besar pula. Kalau tidak, bersabarlah menunggu. Hehehe.

Namun, dengan semakin besarnya ukuran sebuh situs, ada baiknya untuk terus meningkatkan kecepatan jaringan internet. Pada bulan Maret 2013, rata-rata kapasitas halaman web internet secara global adalah 1,3 Megabit. Jumlah itu jauh meningkat dibandingkan pada Desember 2011 yang Cuma 0,96 Mb. Berdasarkan ukuran tersebut, estimasi waktu yang diperlukan adalah sebagai berikut.

1 Mbps: 10,3 detik per halaman

3 Mbps: 3,4 detik per halaman

5 Mbps: 2,06 detik per halaman

10 Mbps: 1,03 detik per halam

20 Mbps: 0,5 detik per halaman

Nah, kalau sudah mengetahuinya, Anda mungkin sudah memperkirakan berapa kecepatan koneksi yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Jadi, kalau ingin membuka situs dengan kapasitas besar dengan cepat, gunakan jaringan internet yang besar pula. Kalau tidak, bersabarlah menunggu!

Hal-Hal yang Perlu Diketahui

Bila ingin menggunakan jaringan internet dengan kecepatan tinggi, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Apa saja? Ini dia.

1. Apa yang KreditGoGo sebutkan di atas hanya sebuah teori saja, sebab kenyataannya belum tentu demikian. Terkadang bila menggunakan jaringan hingga 5 Mbps, belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan. Hal ini disebabkan adanya traffic atau data loss yang sering terjadi.

2. Kini sudah banyak halaman web dengan ukuran di atas 1 MB.

3. Setinggi apapun kecepatan yang digunakan, kalau dipakai oleh banyak orang maka tidak akan terasa efeknya. Sebab, speed yang ada harus dibagi kepada seluruh user.

Mau Pakai Data Unlimited?

Saat ini, banyak provider internet menawarkan layanan data tanpa batas yang bisa dimanfaatkan konsumen. Namun, sebelum menggunakan tanyakan dulu mengenai kecepatan yang akan didapat. Sebab percuma bisa online sepuasnya kalau membuka satu situs membutuhkan waktu lama.

Bila dikaitkan dengan lebih pilih layanan berdasarkan tingginya jaringan kecepatan download atau besar kuota. Jawabannya adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau ingin menggunakan provider yang memberikan kedua keuntungana tersebut, maka dana yang dikeluarkan juga lebih besar. Jadi, sesuaikan dengan bujet ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Seddew

    mantab bossssss

    Reply
    • sunaryo

      kalau bisa di kasih perkiraan biaya misalnya pemakaian 1 Mbps, 2Mbps dan seterusnya

      Reply