Nokia 6 Siap Bersaing Di Pasar Android

Sejak akhir tahun 2016, ramai diberitakan Nokia bakal kembali bermain di pasar smartphone pada 2017. Kabar itu dibuktikan dengan pengumuman perangkat Nokia 6 yang berbasis Android sebagai inovasi kejutan!

Siapa tak kenal Nokia? Merek ponsel ini merupakan salah satu pemain lama di bidang teknologi telepon dan smartphone. Namun, pamor Nokia sempat meredup lantaran kalah saing dengan iPhone dan smartphone berbasis Android.

Awal tahun ini, Nokia siap kembali menunjukkan taringnya di pasar smartphone dengan sistem operasi Android lewat Nokia 6.

Nokia versi Android

Gosip Nokia C9

Munculnya nama Nokia 6 di jagad smartphone cukup mengagetkan. Pasalnya, rumor yang beredar sejak Maret 2016 lalu, justru Nokia C9 yang bakal diluncurkan oleh brand asal Finlandia ini.

Nokia C9 dikabarkan bakal rilis bersama dengan empat jenis perangkat baru, meliputi smartphone dan tablet. Keempatnya diproduksi oleh HMD Global, perusahaan bentukkan alumni Nokia Finlandia, yang juga berperan sebagai pemegang hak eksklusif merek dagang internasionalnya.

Namun, kabar itu terbantahkan dengan pengumuman perangkat Nokia 6. Foxconn, perusahaan yang jadi pabrikan beberapa seri iPhone, terpilih untuk bertanggung jawab terhadap manufaktur Nokia 6.

Ponsel ini rencananya akan dijual secara ekslusif di Republik Rakyat China. Pengumuman yang diterbitkan di situs web Nokia global sedikit banyak mengakhiri sebagian spekulasi dan gosip yang beredar.

Spesifikasi Nokia 6

Nokia 6 adalah smartphone pertama Nokia yang dirilis setelah berakhirnya kerjasama antara Nokia dan Microsoft.

Nantinya, Nokia 6 akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 dengan jaringan LTE X6. Kapasitas RAM 6GB dan penyimpanan data 64GB. Ponsel canggih ini juga dilengkapi kamera utama resolusi 16MP dan kamera depan 8MP.

Spesifikasi tersebut, sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan kecanggihan sebelumnya. Meski begitu, Nokia kini hadir dengan sistem operasi baru berbasis Android. Ya, Anda tak akan lagi menemukan jejak Microsoft dalam tubuh Nokia.

spec Nokia 6

Tak sabar ingin segera beli Nokia 6? Harga jual smartphone baru Nokia dengan sistem operasi Android ini dipatok seharga 1699 Yuan yang setara USD250 atau Rp3.335.250 (kurs: Rp13.341).

Sayangnya, smartphone ini baru dijual secara eksklusif melalui situs retail China JD.com dalam sistem flash sale.

Sesuai jadwal, flash sale akan dilaksanakan tanggal 19 Januari 2017. Saat ini, dilaporkan ada 1 juta user yang telah mendaftar melalui JD.com untuk memperoleh kesempatan bidding.

Bisa diperkirakan, bahwa penjualan Nokia 6 ini kemungkinan akan cukup sukses.

Seperti diumumkan dalam rilis resminya, Nokia 6 ini merupakan perangkat pertama dari rangkaian produk Nokia yang bakal dirilis sepanjang tahun 2017.

Setelah Nokia 6, produk-produk Nokia berikutnya diharapkan dapat dijual secara internasional. Meskipun, pihak HMD Global sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi ke arah ini.

Jadi, tidak menutup kemungkinan Nokia 6 akan merilis versi internasionalnya. Berharap saja, keputusannya akan diumumkan pada saat Mobile World Conference (MWC), Februari 2017 ini.

Kenapa Baru Sekarang?

Butuh waktu sedikit lama untuk Nokia kembali unjuk gigi. Hal itu dikarenakan salah satu klausul dari berakhirnya perjanjian kerjasama Nokia dan Microsoft, ketika Microsoft membeli divisi mobile devices dari Nokia, termasuk seri smartphone Lumia. Disebutkan, bagian dari perjanjian menyebutkan bahwa Nokia tak akan lagi merilis produk di kategori mobile devices hingga memasuki 2016.

Perangkat pertama yang dirilis dengan merek Nokia dalam periode ini adalah tablet Nokia N1. Perangkat tablet Android ini pun dirilis eksklusif di China dan hanya dijual dalam waktu singkat.

Kini, hak eksklusif untuk memproduksi perangkat mobile Nokia, telah dibeli oleh HMD Global selama 10 tahun ke depan, terhitung dari tahun 2016.

Jika Nokia Android masuk ke Indonesia, diprediksi tidak akan dalam waktu dekat. Kemungkinan akan dijual retail di toko-toko online seperti Erafone.

Walau begitu, hal ini memberi keuntungan tersendiri bagi konsumen. Sebab, belanja gadget online di Erafone dengan menggunakan kartu kredit bakal bisa dapat fasilitas cicilan 0%.

Belum punya kartu kredit? Ajukan kartu kredit pertama Anda melalui KreditGoGo dan dapatkan berbagai tawaran menarik. Prosesnya mudah dan cepat!

Usai membaca artikel ini, masih percaya pada merek Nokia dan tertarik membelinya? Suarakan pendapat Anda dalam kolom komentar di bawah artikel ini.

#Nokia6 #Android

Baca juga:
Mobile Apps, Kunci Sukses Orang Kreatif
Antisipasi Tren Gadget 2017

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Buruan dooonnnkkk, rilis nokia

    Reply
    • Rizaldi

      Buat harga diatas 3jt sfesifikasinya bagus.. tapi desain nya masih mirip Lumia. semoga nokia ganti desainer biar bisa premium.

      Reply
      • KreditGoGo

        Menurut Anda, bagaimana desain yang cocok untuk Nokia?

        Reply