Netflix VS TV Kabel: Apa Saja Perbedaannya?

Kehadiran Netflix di Indonesia disambut dengan suka cita oleh masyarakat. Sebenarnya, apa saja yang membedakannya dengan TV kabel? Berikut kami hadirkan ulasannya.

Netflix seolah menjadi angin segar bagi para pecinta film. Ya, Netflix melakukan ekspansinya ke sebanyak 130 negara, termasuk Indonesia.

Apa itu Netflix? Netflix adalah layanan yang memungkinkan pengguna menonton tayangan serial televisi dan juga film secara daring (dalam jaringan) alias online -berbasis internet.

Lantas, apa perbedaan Netflix dengan TV kabel? Berikut adalah ulasannya.

Perbedaan Netflix dengan TV Kabel

Netflix dan TV kabel menawarkan hal yang sama, yaitu menayangkan beragam serial TV dan film. Perbedaannya adalah Netflix merupakan layanan menonton yang mengandalkan kecepatan internet. Netflix ibarat toko penyewaan DVD, tetapi menawarkan film digital di dunia maya.

Selain itu, Netflix adalah pelopor layanan sewa film online. Didirikan sejak 1997, Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak.

Netflix memungkinkan pengguna menonton tayangan di berbagai perangkat, mulai dari dari smartphone, tablet, desktop, smart tv hingga konsole game.

Bila di TV kabel kerap ditemukan tayangan iklan, tidak halnya dengan Netflix yang bersih dari iklan.

Penonton Netflix juga tidak perlu menunggu jadwal penayangan serial televisi atau film, dan bisa menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati. Tidak seperti TV kabel yang memberikan jadwal di setiap tayangan acara.

Netflix Hadirkan Original Series yang Bagus

Salah satu alasan orang tertarik berlangganan Netflix adalah tersedianya tayangan original series. Ya, Netflix dikenal memiliki beberapa original series yang diakui bagus oleh banyak orang, seperti House of Cards,Orange is the New Black, Bloodline, Narcos, dan lain-lain.

Tahun ini, Netflix juga berencana akan merilis banyak film seri baru. Jadi untuk pecinta film, tentu ini menjadi kabar baik. Apalagi bagi penonton setia serial televisi.

Pengguna Netflix Harus Memiliki Jaringan Internet

Tidak seperti TV kabel, Netflix mengharuskan penggunanya memiliki jaringan internet mumpuni dan sebaiknya dengan kuota tidak terbatas. Sebab, Netflix mengusung mekanisme streaming. Jadi, semua akan bergantung pada kualitas dan kecepatan koneksi internet.

Untuk rekomendasi kecepatan internet tergantung kualitas video yang dipilih. Mulai dari standar (480p), HD dan Ultra HD. Berikut ini rekomendasi kecepatan internet dari laman Netflix:

  • 3,0 megabits per detik (Mbps) disarankan untuk SD quality.
  • 5,0 megabits per detik (Mbps) disarankan untuk HD quality.
  • 25 megabits per detik (Mbps) disarankan untuk HD quality.

Bila tidak memiliki kecepatan jaringan internet seperti di atas, Anda dapat menggunakan jaringan internet yang lebih lambat. Namun, dengan risiko harus lebih bersabar untuk buffering.

Cara Daftar dan Biaya Langganan

Sama halnya dengan TV kabel, Netflix juga memberikan berbagai jenis layanan dengan harga berbeda-beda. Ada tiga jenis layanan Netflix yang bisa Anda nikmati, yaitu Basic (Rp 109 ribu), Standard (Rp 139 ribu), dan Premium (Rp 169 ribu).

Perbedaan antara tiap paket tersebut terletak pada resolusi gambar film dan jumlah perangkat yang bisa digunakan lewat sebuah akun Netflix secara bersamaan.

Ada Dua Metode Pembayaran Netflix

Sejauh ini, ada dua metode pembayaran langganan Netflix yakni kartu kredit dan redeem code gift. Untuk redeem code gift, bisa melalui in-app purchases di App Store dengan iTunes Gift Card. Hal ini sudah dijelaskan oleh Netflix di laman panduan mereka mengenai iTunes Gift Card.

Bila memilih pembayaran melalui reedem code gift, pastikan Anda memiliki saldo cukup di iTunes Gift Card.

Netflix Belum Banyak Sediakan Subtitle Indonesia

Tidak seperti TV kabel yang lebih dulu hadir di Indonesia dan memberikan layanan subtitle Indonesia, Netflix belum banyak menyediakan subtitle Indonesia, baik di serial TV maupun film. Hal ini dikarenakan Netflix masih tergolong baru hadir di Indonesia.

Netflix Berikan Promo Selama Satu Bulan

Selama satu bulan ini, Netflix memberlakukan promo gratis bagi pasar Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan di situs resmi Netflix. Sedangkan untuk mengunduh aplikasi mobile-nya bisa melalui lewat iOS, Android, atau Windows Store.

Baca juga: Pakai Internet Berdasarkan Kecepatan Unduh Atau Besar Kuota?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama