Mobile Apps, Kunci Sukses Orang Kreatif

Kecanggihan fitur smartphone berkembang pesat. Kini, berbagai aplikasi mobile memudahkan orang-orang menyalurkan hobi dan kreativitas. Para pekerja kreatif pun sangat terbantu dalam perkerjaan.

Seiring waktu, kemampuan komputer-komputer mini semakin banyak. Smartphone sudah bukan lagi sekedar alat komunikasi, walau masih jadi fungsi utama.

Namun, komunikasi tak lagi semata dengan suara-percakapan. Kini, manusia lebih banyak berinteraksi menggunakan teks dan media gambar.

Jadi, jangan heran jika bermunculan ragam aplikasi smartphone yang dibuat untuk membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Aplikasi Edit Foto

“The best camera is the one you have with you”.

Sebuah pepatah klasik dalam bidang fotografi. Artinya, kamera terbaik adalah kamera yang bisa Anda bawa dalam genggaman.

Kini, telah diwujudkan secara nyata melalui kamera smartphone. Dari segi kualitas, sebagian besar kamera ponsel pintar tidak sebaik kamera digital profesional yang terdedikasi.

Namun, kamera smartphone membuka begitu banyak kesempatan berkreasi.

Ada banyak aplikasi untuk mengedit foto di smartphone. Bahkan, sebagian besar smartphone yang diluncurkan berapa tahun terakhir ini, memiliki fitur edit foto sederhana yang bisa diakses langsung dalam programnya.

Beberapa aplikasi untuk mengedit foto, seperti Pixlr dari Autodesk, dan juga Snapseed dari Google telah muncul sejak awal perkembangan smartphone.

Sebagai salah satu aplikasi pengolah foto di smartphone tentunya Pixlr menyediakan berbagai fitur menarik meliputi kolase foto, cropping, pengaturan cahaya, warna, blurry, dan lain sebagainya.

Lewat aplikasi edit foto seperti Pixlr, kita dapat berkreasi dengan foto-foto yang kita ambil menggunakan smartphone. Bukan hanya untuk memperbaiki foto, tapi juga untuk menciptakan gambar yang sama sekali berbeda dari bentuk aslinya.

Yang lebih menarik adalah kedua aplikasi ini tersedia secara gratis, dengan opsi one time payment (sekali bayar) bagi Anda yang tidak ingin terganggu oleh splash screen iklan.

Aplikasi Mencatat Online

Aplikasi lain untuk meningkatkan daya kreativitas Anda adalah aplikasi pembuat catatan. Fitur ini sangat cocok bagi para pekerja teks komersial, seperti wartawan atau penulis lepas.

Jika dulu kita suka membuat "catatan darurat" di selembar serbet atau secarik kertas, kini kegiatan mencatat lebih praktis secara online lewat smartphone yang selalu kita bawa setiap saat.

Jadi misal di tengah jalan kita terinspirasi dengan sebuah ide, kita bisa langsung mencatatnya di smartphone kita layaknya mengetik sebuah SMS atau pesan WhatsApp.

Beberapa aplikasi catatan ini, antara lain Evernote, yang hadir secara gratis dalam tipe reguler serta premium yang berbayar, dan Google Keep, yang sepenuhnya gratis.

Keuntungan aplikasi pencatat di smartphone adalah catatan yang kita buat dapat di-backup secara online dan otomatis tercatat ke akun kita.

Dengan demikian, catatan-catatan kita dapat juga kita akses ketika kita di laptop dan membuka browser. Jadi, tidak seperti catatan serbet, yang dapat misalnya tercecer di meja makan restoran, atau terjatuh dari kantong atau ikut terbuang dengan sampah rumah tangga.

Aplikasi Menggambar

Selain itu, juga ada beberapa aplikasi yang khusus untuk melukis menggunakan smartphone atau tablet. Contohnya, Sketchbook dari Autodesk, ArtRage, Painter Mobile, Bamboo Paper, dan lainnya.

Seperti halnya aplikasi untuk mengedit foto, aplikasi melukis tersebut juga tersedia baik untuk sistem operasi Android pun untuk iOS.

Memang ada keterbatasan, misalnya layar ponsel yang tidak sebesar lembaran kertas sketsa ukuran A4. Namun, tetap terdapat berbagai kemungkinan untuk berkreasi. Beberapa aplikasi melukis antara lain

Selain membuat gambar menggunakan jari di layar sentuh, hasil dari lukisan tangan kita bisa juga kita bawa ke dalam aplikasi pengedit foto seperti Pixlr atau Snapseed untuk diolah lebih lanjut lagi.

Autodesk Sketchbook tersedia gratis, dengan opsi berbayar sekitar Rp 50.000 untuk tambahan beberapa features. Sedangkan, ArtRage sepenuhnya gratis.

...Dan Lebih Banyak Lagi

Masih banyak lagi aplikasi yang dapat digunakan untuk berkreasi menggunakan smartphone kita. Sudah mulai bermunculan aplikasi untuk merekam dan mengedit suara dan video. Adapula sarana untuk membuat visual model 3D.

Intinya smartphone sangat bisa kita gunakan untuk berkreasi. Keuntungan utama smartphone sebagai alat berkreasi, tentunya, adalah bahwa smartphone kita selalu berada di dekat diri kita; di dalam genggaman, di dalam kantong, atau di atas meja kerja. Saat inspirasi datang, berkreasi dapat dilakukan nyaris seketika.

Tentu smartphone dengan kemampuan komputasi yang lebih mumpuni, akan lebih bisa diandalkan dalam berkreasi. Kemampuan berkreasi menggunakan smartphone dan gadget akan terus berkembang selama para user terus bereksplorasi. Para developer pun terus menciptakan inovasi dalam bidang software dan hardware.

 Salah satu kiat adalah menggunakan diskon dan fasilitas cicilan yang disediakan melalui kartu kredit ketika membeli gadget.

Dapatkan berbagai diskon dan penawaran menarik saat Anda mengajukan aplikasi kartu kredit melalui KreditGoGo. Selain itu, KreditGoGo juga membantu approval aplikasi Anda.

Usai membaca ulasan di atas, apakah smartphone bisa membantu Anda untuk menyalurkan kreativitas, atau justru tidak? Yang mana aplikasi favorit Anda? Beri tahu kami lewat kolom komentar di bawah artikel ini!

#MobileApps

Baca juga:
Antisipasi Tren Gadget 2017
Jadi Kaya Berkat YouTube, Ikuti Rahasia Sukses Para Vlogger

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama