Dijual, 8 Gadget Termahal yang Pernah Ada!

Merasa perangkat elektronik harga Rp 5-10 juta sudah mahal? Coba liat dulu daftar harga gadget berikut ini. Dijamin Anda akan tercengang!

Kebutuhan manusia akan gadget sudah semakin tinggi. Perannya bukan lagi hanya sekedar penunjang gaya, tapi mulai masuk ke kebutuhan sehari. Baik murah maupun mahal, nyatanya begitu banyak orang yang ingin membelinya. Namun, bagaimana kalau harga perangkat tersebut begitu tinggi hingga cukup membuat kita berpikir tidak logis untuk membelinya.

Memang, banyak perusahaan elektronik yang mulai membuat gadget berharga murah agar dapat menguasai berbagai pasar. Maklum, sektor ini yang sedang hot-hotnya saat ini. Bayangkan saja, produsen raksasa seperti Apple sampai dipaksa mengalami penurunan penjualan di seluruh dunia gara-gara kalah saing dengan vendor lebih kecil asal China yang meluncurkan produk dengan harga lebih terjangkau.

Produk Mahal Punya Pasar Sendiri

Dengan kondisi seperti yang disebutkan di atas, perusahaan-perusahaan itu tetap yakin memiliki pasar tersendiri, khususnya untuk konsumen menengah ke atas. Bahkan CEO Apple, Tim Cook, menyebutkan kalau mereka tidak akan pernah mau masuk ke persaingan smartphone murah.

“Selalu ada segmen ‘sampah’ (ponsel murah) di pasaran, kami tidak akan bermain di bisnis tersebut," kata Cook. Selain smartphone, sekarang sudah ada banyak perangkat elektronik yang menawarkan kemampuan tinggi lain seperti konsol permainan, MP3 player, tablet, televisi, smartglass, smartwatch, gelang pintar, headphone dan masih banyak lagi lainnya.

Pernyataan Cook itu meyakinkan kita kalau masih banyak orang yang menginginkan gadget mahal. Meski perusahaannya telah memproduksi iPhone dan iPad yang terkenal tidak murah di pasaran, nyatanya ada produk lain yang dijual jauh lebih tinggi dipasaran, bahkan bisa disebut termahal saat ini. Mau tau apa saja gadget-gadget yang dimaksud? Ini dia ulasannya.

1. AeroSystem One iPhone Dock/Speaker

Kebanyakan orang mungkin ogah untuk mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli perangkat pendukung smartphone. Namun itu tidak berlaku bagi produsen sound system, Jarre.

Karena mereka justru membuat produk bernama AeroSystem One iPhone Dock. Yaitu speaker futuristik berharga USD 1115 atau sekitar Rp 12,9 juta yang bisa dikoneksikan dengan iPhone Apple. Perangkat ini diklaim merupakan hasil penelitian bertahun-tahun dari composer asal Prancis, Jean Michael Jarre dan timnya. Tertarik membeli?

2. Optimus Maximus Keyboard

Saat diluncurkan enam tahun lalu, produk keyboard ini dijual seharga USD 1500 atau sekitar Rp 17,25 juta per unit. Menurut sang produsen Art. Lebedev Studio, harga mahal tersebut sesuai dengan kemampuan yang ditawarkan.

DI mana, Optimus Maximus menggunakan teknologi LCD Keyboard pada setiap tutsnya. Nah, posisi dan komponen tersebut bisa dirubah-rubah posisinya sesuai keinginan Anda dengan menggukanan software bawaan khusus.

3. Panasonic 4K Toughpad Tablet

Di saat banyak produsen mulai memproduksi tablet berharga murah di bawah Rp 3 juta namun berkemampuan tinggi. Panasonic justru membuat perangkat sejenis dengan harga yang tidak logis, USD 6000 atau sekitar Rp 69 juta!

Namun, menurut perusahaan ini, 4K Toughpad menawarkan kemampuan yang tidak dimiliki kompetitornya, yaitu tahan banting dan beresolusi tinggi. Panasonic mengklaim tablet tersebut dapat menahan benturan ketika jatuh di atas ketinggian 2,5 meter dan memiliki tampilan super tajam 3840x2560 piksel. Wow!

4. Ego Lifestyle Emerald PC Notebook Computer

Relakah Anda mengeluarkan uang demi membeli laptop seharga USD 11.000 atau sekitar Rp 126,5 juta? Hmm, rata-rata mungkin akan menjawab tidak.

Namun, kalau tertarik, coba saja kunjungi situs Saks Fifth Avenue, yang merupakan website penjual barang kelas atas di Amerika Serikat. Laptop ini diklaim menggabungkan teknologi tinggi dan fashion, lalu dibuat dengan fitur buatan tangan. Eksterior perangkat ini juga terbuat dari kulit buaya Italia. Meski terkesan eksklusif, kelemahan utama dari produk ini adalah pada sistem operasinya yang masih memakai Windows Vista yang dianggap sebagai OS gagal dari Microsoft.

5. Vertu Signature Touch

Satu lagi produk mahal yang diciptakan dari produsen asal FInlandia, Vertu. Signature Touch diklaim merupakan smartphone berdesain khusus yang dibuat secara handmade di Inggris. Bodi perangkat ini dikatakan berupa gabungan antara kulit buaya asli dan titanium level lima.

Dengan menggunakannya, Vertu menjamin smartphone-nya itu akan lebih ringan, namun 2,5 kali lebih tahan banting dari perangkat sejenis yang menggunakan kesing berbahan stainless steel. Layar dari Signature Touch juga dibuat dari Kristal sapphire anti gores. Keren bukan? Tentu, namun kalau ingin membelinya, siapkan kocek minimal USD 18.000 atau sekitar Rp 208 juta!

6. Luvagio Laptop

Pada tahun 2007, produsen barang mewah, Luvagio, sempat membuat sensasi dengan mengaku akan membuat laptop high end seharga USD 1 juta atau sekitar RP 11,5 miliar per unit! Anehnya, perusahaan itu tidak memberikan rincian kemampuan dari produknya, melainkan hanya tampilan disain yang pada bagian bodi terlihat menggunakan bahan kain khusus.

Sempat ada bocoran yang menyebutkan kalau perangkat ini akan memiliki pembersih layar terintegrasi, memori solid state, Blu-ray player, dan berbagai fitur eksklusif lain. Namun, dengan kemampuan yang sebenarnya sudah mulai dimiliki laptop biasa berharga jauh lebih murah di masa sekarang. Rasanya sudah tidak logis kalau Luvagio masih menghargai produknya dengan harga USD 1 juta kan?

7. Stuart Hughes iPad 2 Gold History Edition

Seperti kata CEO Apple, Tim Cook, “kami tidak akan bermain di bisnis sampah.” Produk pasarannya saja rata-rata dijual di atas Rp 5 juta, bagaimana yang bersifat eksklusif? Ya, sebuah iPad 2 khusus buatan perusahaan asal AS tersebut dikabarkan pernah dijual seharga USD 5 juta atau sekitar Rp 57,5 miliar lho!

Kok bisa? Namanya juga eksklusif, pasti ada yang berbeda. Di mana, iPad 2 itu dirancang khusus oleh disainer Stuart Hughes dengan bertatahkan berlian 12,5 karat tanpa cacat. Namun, bukan itu alasan utama harga mahal tersebut, melainkan keberadaan salah satu batu tertua di dunia, yaitu Ammolite yang berumur lebih dari 75 juta tahun untuk dijadikan frame depan.

Seperti namanya yang membawa kata History, di dalam batu itu juga masih dibenamkan tulang dinosaurus T-Rex berusia sekitar 65 juta tahun. Benar-benar unik bukan?

8. Stuart Hughes Black Diamond iPhone 5

Sudah cukup mahalkan harga iPad 2 barusan? Ternyata belum, Stuart Hughes lagi-lagi merancang produk Apple lain, yaitu iPhone 5 dengan harga jauh lebih mahal, hingga USD 10 juta atau sekitar Rp 115 miliar!

“Butuh waktu Sembilan minggu untuk membuat chassis-nya yang terbuat dari emas murni ,” kata Hughes. Namun bukan itu yang membuat harga iPhone tersebut menjadi selangit. Tapi potongan berlian hitam pekat yang tertanam di bagian smartphone.

Tertarik Untuk Membeli?

Memiliki smartphone atau perangkat elektronik mahal dan canggih memang akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi para pemiliknya. Namun, bagi yang tidak memiliki keuangan cukup, rasanya lebih baik membeli gadget yang sesuai dengan kondisi kantong namun kualitasnya bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari kan?

Sayang sekali kalau kita sampai mengeluarkan uang lebih dari Rp 5 juta untuk membeli smartphone yang nyatanya cuma dipakai untuk online di sosial media atau sekedar berklirim pesan ke teman atau kerabat terdekat, Karena itu, sesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan kita sendiri.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama