5 Cara Sederhana Menghemat Daya Smartphone

Selain paket internet yang cepat habis, apalagi yang sering dikeluhkan pengguna smartphone android? tidak lain adalah penggunaan baterai yang boros.

Kehabisan baterai di momen-momen penting terkadang memang sangat menyebalkan. Memang saat ini semua smartphone yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Namun tetap saja risiko kehabisan baterai di jalan masih sering terjadi.

Borosnya baterai disebabkan karena banyaknya fitur dari smartphone Android yang cukup menguras energi, apalagi jika penggunaannya kurang tepat. Anda terbiasa menginstal beragam aplikasi mulai dari jejaring, game, chatting dan lain sebagainya

Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menghemat daya baterai yang kami kutip dari berbagai sumber.

1. Matikan fitur getar (vibrate)

Disaat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent fitur getar tentunya santa dibutuhkan. Tetapi ternyata fitur ini justru menghbiskan baterai lebih cepat bila di bandingkan dengan fitur yang lain seperti ringtone dan sebagainya.

Hal ini tentunya akan membuat konsumsi baterai smartphone Anda menjadi lebih boros, karena getar yang hidup berkali-kali. Jadi jika Anda sedang perjalanan jauh, akan lebih baik jika mode getar Anda nonaktifkan terlebih dahulu dan diganti dengan mode dering atau yang lainnya.

2. Atur Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu pemakai daya baterai terbesar. Semakin terang pencahayaannya, maka semakin boros baterai yang dipakai. Anda dapat mengaturnya supaya tak terlalu terang dan disesuaikan dengan kenyamanan mata.

Untuk menkonfigurasikan layar agar lebih redup, pergi ke Settings, pilih Display dan pilih Brightness. Atur sesuai dengan kebutuhan anda. Jika memang tidak diperlukan, fungsi Auto-rotate screen juga bisa Anda nonaktifkan. Satu hal lagi, pada bagian Screen timeout, pilih waktu seminimal mungkin. Semakin minim waktu maka baterai akan semakin hemat.

3. Aktifkan Airplane Mode

Apabila sinyal hilang atau melemah, sistem smartphone biasanya akan terus mencari koneksi terbaik. Pencarian sinyal secara terus menerus dapat membuat baterai habis dengan cepat. Selain itu fitur WiFi dan Bluetooth tersebut juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis. Matikan kedua fitur tersebut apabila sedang tidak digunakan.

Jika Anda tidak mau repot dalam mengatur setting sinyal? Pengguna dapat dengan mudah mematikan semua sinyal radio yang ada di smartphone hanya dengan sebuah mode saja, yaitu Airplane Mode. Dengan menyalakan Airplane Mode, semua sinyal radio, baik GSM, WiFi, hingga Bluetooth, akan langsung dimatikan.

4. Nonaktifkan Apps Yang Melakukan Sinkronisasi Otomatis

Pada smartphone beberapa aplikasi membutuhkan singkronisasi otomatis untuk mengupdate data. Aplikasi tersebut akan melakukan singkronisasi secara terus menerus dengan waktu yang sudah terjadwal. Setiap melakukan singkrinisasi, aplikasi akan melakukan proses tertentu yang akan menghabiskan energy baterai.

Jika memang tidak begitu penting, matikan sinkronisasi tersebut dan anda bisa melakukannya secara manual. Atau anda tetap menonatifkannya tetapi dengan frekuensi waktu yang lebih lama. Beberapa aplikasi yang biasa menggunakan metode ini adalah eMail Client, Twitter Client dan sebagian besar aplikasi Social Networks.

5. Hapus/ Uninstall Aplikasi yang Tidak Berguna

Cara menghemat selanjutnya adalah dengan menghabus aplikasi-aplikasi yang tidak di butuhkan. Hampir semua pengguna Android (Terutama pada awal pemakaian) tergila-gila untuk mencoba semua aplikasi yang ada di Google Play, padahal sebenarnya belum tahu apa fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut.

Semakin banyak aplikasi yang diinstall membuat kapasitas penyimpanan data semakin kecil dan tentunya butuh lebih banyak konsumsi daya. Selain itu sejumlah aplikasi yang terpasang dapat menguras baterai meskipun sedang tak dijalankan.

Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya buang/uninstall semua aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan. Gunakan aplikasi Easy Uninstaller atau aplikasi yang sejenis untuk menguninstall aplikasi tersebut.

Itulah 5 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat daya baterai, sebenarnya masih banyak cara lainnya yang dapat Anda lakukan tetapi semoga 5 tips diatas dapat membantu Anda.

Baca juga: Cara Hemat Gunakan Kuota Internet di Android.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama