5 Aplikasi Smartphone Memudahkan Ibadah Puasa Anda

Pada bulan Ramadan kali ini, beberapa aplikasi smartphone hadir khusus untuk membantu Anda menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah. Ibadah menjadi lebih mudah, kapanpun, dan dimanapun

Bulan Ramadan

Bulan Ramadan selalu menjadi momentum tepat untuk meningkatkan ibadah. Kemajuan teknologi memberikan manfaat untuk mempermudah Anda meningkatkan ibadah. Hanya dengan membawa smartphone, Anda bisa menyempurnakan ibadah di bulan mulia ini dimana saja.

Tidak hanya ibadah kemudahan dalam mencari tempat berbuka ataupun masjid terdekat ketika diperjalanan dapat Anda lakukan dengan aplikasi canggih di smartphone. Nah, kami memiliki beberapa kategori aplikasi yang dapat menunjang ibadah Anda selama berpuasa.

1. Jadwal Salat

Jadwal Salat

Bagi Anda yang sedang bekerja maupun memiliki kesibukan sehari-hari, aplikasi ini sangat cocok untuk mengingatkan aktivitas ibadah Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan alarm yang memberikan pemberitahuan bagi pengguna sehingga jadwal salat tepat waktu.

Jadwal yang ditampilkan pun sesuai dengan lokasi akurat pengguna. Ada berbagai jenis aplikasi jadwal salat ini banyak ditemukan dari berbagai pengembang, misalnya aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Arah Kiblat, Waktu Solat-Kiblat, Azan, dan Doa serta Pray Times, Qibla, dan  Azan.

2. Mencari Tempat Berbuka Puasa

Mencari tempat berbuka kadang menjadi permasalahan tersendiri. Buat Anda yang bingung mencari tempat buka yang pas dan sesuai dengan keinginan bisa mengandalkan aplikasi Buka Dimana.

Aplikasi yang dikembangkan Urbanesia ini akan membantu Anda mendapatkan informasi restoran, café, dan tempat makan yang paling dekat dari posisi pengguna. Dengan layanan direktori lebih dari 220.000 lokasi tentunya akan memudahkan Anda mencari tempat makan favorit.

Namun aplikasi ini hanya menyediakan untuk kota-kota besar saja seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Medan, dan Bali. Dengan aplikasi Buka Dimana tentu Anda tidak akan kebingungan lagi untuk mencari tempat berbuka puasa.

3. Cari Masjid Terdekat

Cari Masjid Terdekat

Ketika Anda sedang dalam perjalanan dan ingin menunaikan ibadah salat namun kesulitan menemukan tempat ibadah atau masjid, sekarang tidak perlu pusing bertanya. Anda bisa menggunakan aplikasi pencarian masjid untuk menemukan berbagai masjid terdekat.

Anda akan dituntun melalui rute yang diberikan pada aplikasi ini. Beberapa aplikasi untuk mengetahui keberadaan masjid di dekat lokasi Anda di antaranya adalah Masjid Finder, Masjid, serta Nearest Masjid (Mosque).

4. Membaca Alquran

Kegiatan lainnya yang dilakukan umat muslim saat Ramadan adalah membaca ayat suci Alquran. Ketika Anda menunggu atau berada di kendaraan umum, aplikasi ini bisa mempermudah Anda membaca Alqulran.

Aplikasi ini sangat pas di-install di smartphone Anda karena akan memudahkan dalam membaca Alquran dimanapun dan kapanpun. Suratnya lengkap, dan disertai terjemahan yang bisa dibaca untuk memahami ayat-ayatnya.

Beberapa aplikasi bahkan menyiapkan fitur untuk menandai sampai mana bacaan Alquran Anda. Pada toko aplikasi, cukup banyak pilihan aplikasi Al-Quran yang bisa diunduh sesuai kebutuhan Anda. Misalnya adalah Al'Quran Bahasa Indonesia, Al Quran Indonesia, Al-Quran (free), hingga Qurab For Android.

5. Kalkulator Zakat

Kalkulator Zakat

Ibadah tidak hanya dilakukan kepada Sang Pencipta saja, tetapi juga ke sesama manusia, terutama kepada kaum kurang mampu. Anda wajib menyisihkan sebagian rezeki yang didapat kepada fakir miskin dan anak yatim.

Nah setiap bulan Ramadan kita diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Namun banyak di antara kita yang tidak dapat atau kesulitan untuk menghitung berapa besar zakat yang harus kita keluarkan. Tapi sekarang Anda tidak perlu repot berzakat bisa lebih mudah dengan aplikasi Kalkulator Zakat.

Aplikasi kalkulator zakat membantu Anda dalam menghitung seberapa besar zakat yang harus dibayarkan. Aplikasi ini akan menghitung berdasakan harta, profesi, dan jenis usaha Anda. Ada beberapa aplikasi yang tersedia seperti Kalkulator Zakat, Kalkulator Zakat Indonesia, serta Aplikasi Zakat.

Dengan memiliki aplikasi di atas pada ponsel Anda, tentunya akan membuat ibadah serta hari-hari dalam menjalankan ibadah menjadi semakin khusyu dan mantap. Selain manfaatnya yang begitu besar untuk penunjang ibadah, aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis!

Baca juga:
5 Aplikasi iPhone untuk Mengatur Anggaran Belanja
5 Aplikasi Keuangan Memudahkan Anda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama