5 Aplikasi Smartphone Buat Mudik Lebaran Kian Mudah

Ingin perjalanan mudik Anda semakin mudah dan menyenangkan, aplikasi ini wajib ada di smartphone Anda. Beragam aplikasi ini membantu Anda saat pulang kampung ebaran 2016.

 aplikasi smartphone

Sejumlah aplikasi smartphone bisa membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Saat mudik Anda tentunya akan mengarungi perjalanan cukup jauh, terlebih lagi itu dilakukan menggunakan jalan darat.

Saat ini ada aplikasi yang memudahkan Anda memesan tiket pesawat untuk mudik, aplikasi yang membantu Anda melihat navigasi jalan, menunjukkan arah kiblat dan mengingatkan waktu salat, juga aplikasi yang membuat Anda bisa membunuh bosan saat di perjalanan.

Nah beberapa aplikasi ini dapat menjadi teman perjalanan Anda untuk mempermudah dan memperlancar mudik hingga sampai ke kampung halaman.

1. Traveloka

Traveloka

Aplikasi ini harus Anda untuk Anda yang sering berpergian dengan pesawat. Aplikasi yang satu ini sudah bisa dirasakan manfaatnya sejak dalam masa persiapan mudik karena Anda bisa memesan tiket pesawat dengan harga murah melalui Traveloka.

Aplikasi ini awalnya berasal dari situs booking tiket pesawat dan juga hotel di Indonesia. Kemudian hadir untuk smartphone untuk lebih mudah mengakses layanan mereka. Traveloka sangat membantu para penggunanya karena memberikan kemudahan ketika mencari tiket pesawat murah.

Tak hanya itu, salah satu fitur dari aplikasi ini juga bisa memudahkan perjalanan mudik Anda, yaitu fitur e-tiket. E-tiket tidak mengharuskan Anda mencetak tiket di kertas. Anda hanya perlu menunjukkan e-tiket di dalam Traveloka App saat melakukan check-in di bandara, mudah bukan?

2. Waze - GPS, Maps & Traffic

Agar tidak nyasar dan salah pilih jalur mudik aplikasi ini sangat membantu Anda dalam melihat navigasi jalan. Waze membantu Anda untuk dapat mengetahui informasi kemacetan secara real time dengan fitur bernama 'sumbang info' bahkan hingga penyebab kemacetan itu sendiri.

Selain itu Anda bisa menemukan letak pengisian bahan bakar yang bisa dipantau dari aplikasi ini, dan juga Anda bisa melaporkan kejadian di jalan, contohnya kecelakaan kepada pihak yang berwajib menggunakan aplikasi ini.

3. PackPoint Travel Packing List

PackPoint Travel Packing List

Aplikasi yang satu ini wajib Anda install sebelum Anda pergi mudik. PackPoint merupakan aplikasi perencana travel yang dapat membantu penggunanya untuk merencanakan apa saja yang dibutuhkan saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Dengan menggunakan PackPoint Anda dapat mengatur apa saja yang akan dibawa dalam bagasi mobil, atau koper selama perjalanan mudik. Selain itu, lama perjalanan mudik, prakiraan cuaca di tempat tujuan dan hal mendetail lainnya akan di-assist lewat aplikasi ini. Merencanakan mudik lebih mudah dan praktis.

4. Hotel Tonight

Menggunakan jalur darat biasanya membutuhkan waktu yang lebih panjang sehingga Anda harus menginap dalam perjalanan. Aplikasi Hotel Tonight sangatlah membantu Anda mencari penginapan saat melakukan perjalanan darat.

Lewat aplikasi ini, dengan mudahnya Anda bisa mencari hotel terdekat dari lokasi saat itu berada. Sangatlah cocok bagi Anda yang lelah di tengah perjalanan mudik yang begitu macet dan ingin mencari alternatif penginapan terdekat untuk beristirahat.

5. Spotify

Spotify

Membunuh rasa bosan di perjalanan ataupun menunggu jadwal penerbangan, apalagi ketika menghadapi kemacetan cara ampuhnya adalah dengan musik. Selain itu, terbukti dalam sebuah penelitian mendengarkan musik selama perjalanan ternyata baik untuk mengatasi stres.

Sebuah jurnal penelitian yang dimuat dalam frontiersinpsychology.org dengan judul The Psychological Functions of Music Listening menyebutkan bahwa mendengarkan musik bisa menghilangkan energi negatif dalam otak manusia.

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan di dalam perjalanan mudik Lebaran 2016. Salah satu aplikasi pemutar musik yang bisa Anda gunakan adalah Spotify. Aplikasi ini menyediakan beragam playlist lagu yang bisa Anda pilih dan bisa menciptakan playlist sendiri dengan memilih lagu-lagu sesuai keinginan.

Mudik memang tak bisa lepas dari suasana macet yang selalu menghantui jalur padat di berbagai jalan besar Pulau Jawa dan Sumatra. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk memaksimalkan kelima aplikasi ini dan jadikan perjalanan Anda lebih menyenangkan. 

Baca juga: 6 Pilihan Smarphone Baru Jelang Idul Fitri
5 Cara Sederhana Menghemat Daya Smartphone

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama