3 Perbandingan Harga Layanan Musik Streaming

Seiring kemajuan teknologi, industri musik pun turut mengalami perkembangan. Salah satunya adalah kehadiran layanan streaming musik yang menawarkan kemudahan dalam mendengarkan musik.

Bila dahulu orang banyak mengumpulkan lagu secara fisik melalui kaset ataupun CD untuk mendengarkan musik, kini dengan semakin tersedianya koneksi internet yang cepat serta didukung perkembangan teknologi, maka hadirlah musik streaming.

Para penyedia layanan musik streaming pun mulai berbondong-bondong menawarkan akses musik melalui streaming. Bisa dikatakan, layanan ini mulaimenggantikan akuisisi per lagu atau per album layaknya media fisik.

Jenis layanan streaming musik pun cukup bervariasi, mulai dari yang menggunakan model radio, playlist, koleksi “pribadi” maupun kombinasi di antaranya.

Berikut ini kami hadirkan perbandingan layanan musik streaming yang hadir di Indonesia beserta harga langganan yang ditawarkan.

Spotify

Spotify resmi hadir di Indonesia pada Rabu (30/3) lalu di Jakarta. Layanan musik streaming yang telah lama dinanti oleh para penggemar musik di Indonesia ini sudah bisa dinikmati melalui PC ataupun smartphone (Android dan iOS).

Koleksi lagu Spotify mencapai 30 juta lagu dengan kualitas audio hingga 320 kbps.

Spotify merupakan salah layanan streaming musik paling populer di dunia dan telah menggandeng berbagai macam artis untuk kegiatan promosinya. 

Dengan menggunakan layanan musik streaming asal Swedia ini, Anda bisa mendengarkan musik secara online dan offline.

Jika menginginkan mode offline, maka Anda harus mengunduh terlebih dahulu konten musik, yang kemudian otomatis masuk ke dalam playlist. Atau Anda juga bisa mendengarkan musik secara online.

Apple Music

Apple Music adalah layanan musik streaming dari perangkat iOS. Layanan ini tersedia di dalam App Music di perangkat iOS atau iTunes di PC. Semuanya dibuat terintegrasi dan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau mendaftarkan akun, karena cukup gunakan Apple ID.

Bahkan kini, layanan ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android. Tiga fitur utama Apple Music adalah discover (streaming konten musik), Radio dan Connect untuk terhubung ke artis favorit. Koleksi lagu Apple Music mencapai lebih dari 30 juta lagu dari berbagai negara dan bahasa.

Kualitas audio Apple Music sendiri adalah 256 kbps. Dimana, kualitas ini diklaim lebih baik dari MP3. Artinya, kualitas 256 kbps yang mampu dialirkan Apple Music bisa disetarakan dengan kualitas MP3 dengan bitrate 320 kbps yang ditawarkan layanan sejenis dari pesaingnya.

Baca juga: Sejarah Perkembangan iPhone, Apa Saja yang Berubah?

Deezer

Deezer, layanan musik streaming asal Perancis ini bisa diakses di berbagai media, baik dari PC ataupun platform smartphone (iOS, Android, BlackBerry dan Windows Phone).

Terdapat lebih dari 30 juta koleksi lagu dengan kualitas audio 128 kbps hingga 320 kbps, tergantung dari paket yang dipilih.

Tidak hanya memiliki versi bahasa Indonesia, layanan musik streaming ini juga telah menggandeng musisi lokal untuk ikut mempromosikan layanan Deezer di Tanah Air pada tahun 2014 silam. Salah satu musisi lokal tersebut adalah Slank.

Anda dapat menikmati semua lagu di Deezer secara gratis di bulan pertama, namun selanjutnya hanya dua jam per bulan. Bila ingin mendapatkan akses streaming tanpa batas di Deezer, Anda bisa berlangganan dan membayar layanan premium setiap bulannya.

Perbandingan Harga Layanan Musik Streaming

Setelah membahas layanan dari masing-masing penyedia musik streaming, berikut kami hadirkan perbandingan harga langganan yang ditawarkan.

Produk Musik Streaming Jenis Layanan Harga Per Bulan Metode Pembayaran Kualitas Audio
Spotify Layanan Premium Rp 49.990 Transfer bank dan pembelian voucher 320 kbps

Layanan Family (2 akun) Rp 74.985 Kartu kredit 320 kbps

Layanan Family (3 akun) Rp 99.980 Kartu kredit 320 kbps

Layanan Family (4 akun) Rp 124.975 Kartu kredit 320 kbps

Layanan Family (5 akun) Rp 149.970 Kartu kredit 320 kbps





Apple Music Keanggotaan Perorangan Rp 69.000 Kartu kredit 256 kbps

Keanggotaan Keluarga Rp 109.000 Kartu kredit 256 kbps





Deezer
Rp 73.000 Kartu kredit 320 kbps

Dengan hadirnya layanan musik streaming, tidak hanya menambah warna baru dalam industri musik, tetapi juga dapat meminimalisir tindakan pembajakan. Kalau boleh memilih, manakah yang menjadi favorit Anda?

Baca juga: Cara Hemat Gunakan Kuota Internet di Android

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama