Wah, Tarif Tol Penjaringan-Kebon Jeruk Naik! Ongkos Tambah Dong

Ini adalah tarif yang kadang membuat resah pengguna atau pemilik mobil. Kenaikan berlaku mulai 12 Mei 2014.

Jika Anda pengguna atau juga pemilik mobil dan sering bepergian ke wilayah Penjaringan, mulailah untuk menambah dompet pembayaran Anda. Mereka pengguna mobil pribadi yang memasuki wilayah Jakarta Outer Ring Road (JORR) W1 (Kebon Jeruk – Penjaringan) bakal membayar tambahan Rp 1.000, dari Rp 7.500 menjadi Rp 8.500.

Bagi Anda yang belum tahu, kenaikan tarif jalan tol lingkar luar Kebon Jeruk-Penjaringan tersebut sudah berlaku Senin, 12 Mei 2014, pukul 00.00, lalu. Regulasinya pun sudah disahkan, yaitu dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 219/KPTS/M/2014 tanggal 30 April 2014.

Menurut pernyataan langsung Christian Kornel Sihaloho, Kepala Badan Pengawasan dan Pemantauan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), seperti diberitakan dalam Tempo, kenaikan tersebut sudah berdasarkan perhitungan inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Dia juga menjelaskan, jalan tol ini sudah lebih dari dua tahun lebih tidak mengalami kenaikan tarif karena berdasarkan hasil evaluasi tidak memenuhi standar pelayanan minimal jalan tol.

Dia pun menuturkan bahwa jalur tol lingkar luar yang dikelola PT Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) telah memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol, sehingga dengan demikian layak untuk dilakukan penyesuaian tarif. Namun demikian, menurut Trihadi Karnanto, Direktur PT Jalan Tol Lingkar Baratsatu, ia akan tetap rutin mengadakan perbaikan jalan tersebut. Pemeliharaan rutin akan dilakukan dalam kurun waktu 50 tahun dengan jangka waktu 5 tahun sekali.

Perbaikan SPM = Tarif Tol Layak Naik

Bagi Anda yang belum tahu, apa saja sih sebenarnya kriteria standar pelayanan minimal (SPM)? Kriteria itu meliputi kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata di jalan tol, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, dan unit pelayanan di ruas jalan tersebut.

Sekadar informasi, Jalan Tol Kebon Jeruk-Penjaringan merupakan bagian dari Tol Lingkar Luar Jakarta Outer Ring Road (JORR) W1. Tarif tol yang menghubungkan Jakarta-Tangerang ke Bandar Udara Soekarno-Hatta ini dikelola oleh pemegang konsesi ruas JORR W1, yaitu PT Jakarta Lingkar Barat (JLB).

Lalu, atas dasar apa sih kenaikan tarif tol tersebut? Adakah undang-undangnya? Kenaikan tarif tol tersebut memiliki dasar regulasi, yaitu Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Beleid tersebut mengatur kenaikan tarif tol yang rutin dilakukan setiap dua tahun sekali dan disesuaikan dengan inflasi. Tujuannya adalah untuk mempertahankan tingkat pengembalian investasi. Nah, dengan begitu, kenaikan memang sudah seharusnya dilakukan karena untuk menyesuaikan tingkat investasi penggunaan jalan tol.

Untuk Kita yang Mahasiswa, Gimana Dong?

Untuk kita yang masih mahasiswa, kemungkinan besar kenaikan tarif tol itu terasa memberatkan. Terutama mereka yang bermukim di daerah Penjaringan dan berkuliah di daerah Depok atau Kebon Jeruk. Mahasiswa yang oleh orang tuanya diberi uang jajan sebesar 100.000 per pekan, itu terasa cukup berat. Semakin memberatkan jika aktivitas kita sebagai mahasiswa cukup banyak, misalnya naik motor ke kampus menggunakan motor (uang bensin), pulsa, fotokopi buku, atau bahkan kursus bahasa Inggris. Mahasiswa yang sebagian besar menggunakan transportasi umum (bus) dari Penjaringan ke kampus di wilayah Kebun Jeruk (misalnya Universitas Esa Unggul) akan sedikit menambah uang transportasi untuk mempertebal dompet.

Salah satu menyiasatinya adalah dengan menambah uang transportasi, misalnya dengan membuka layanan jual pulsa elektronik ke teman-teman kampus. Bisa juga mulai menjual jam modifikasi (custom watch), kaus unik hasil print kamu sendiri, atau bahkan mulai bikin jasa penerjemahan sendiri. Solusi lainnya adalah, jika biaya transportasi bolak-balik dari kampus ke rumah tinggal lumayan boros, coba cari kos dengan biaya per bulan yang masih terjangkau. Coba hitung biaya kos per bulan dibanding dengan bolak-balik kampus-rumah. Jika lebih murah, kos saja.

Bagi Anda yang ingin tahu informasi selengkapnya, berikut adalah tabelnya.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama