Transfer Antar Bank Lebih Hemat Rp2.500

Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) meresmikan operasi ATM Merah Putih. Kini, biaya transfer antar bank jadi berkurang Rp2.500 dari sebelumnya! Ketahui manfaatnya dalam transaksi perbankan Anda.

Transfer sejumlah uang merupakan kegiatan perbankan yang paling sering dilakukan. Tingginya aktivitas perbankan yang satu ini membuat pihak bank terus melakukan inovasi untuk memudahkan para penggunanya.

Desember 2016 lalu, himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) meresmikan operasi ATM Link atau ATM Merah Putih. Operasi jaringan ATM ini memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan dengan biaya yang lebih hemat.

"Transfer antar bank BUMN di ATM Link hanya dikenakan biaya sebesar Rp4.000," jelas Maryono selaku ketua Himbara.

transfer antar bank

Perbandingan Transfer Antar Bank

Rata-rata biaya transfer antar bank yang harus Anda keluarkan berkisar antara Rp6.500 hingga Rp10.000. Jumlah tersebut memang tidak terasa besar. Namun, coba bayangkan jika dalam satu bulan Anda melakukan transaksi transfer antar bank lebih dari 20 kali.

Tenang saja, sekarang Anda bisa lebih berhemat karena biaya transfer antar bank sudah mengalami penurunan menjadi Rp4.000. Tetapi, mesin ATM yang digunakan untuk transfer harus melalui mesin ATM Link atau ATM Merah Putih, bukan dari mesin ATM bank setempat atau jaringan ATM lain.

Sebab, tidak semua bank menerapkan penurunan biaya untuk transaksi transfer antar bank. Hanya bank-bank milik negara yang tergabung dalam jaringan ATM Link saja yang sudah menerapkan tarif tersebut.

Baca juga: Perbedaan Biaya Transaksi Perbankan

Di Indonesia terdapat empat perusahaan pengelola ATM, yakni ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link. Jumlah bank yang tergabung dalam ATM Bersama tercatat ada 82 bank, ATM Alto ada 22 bank, ATM Prima ada 30 bank, dan ATM Link ada 4 bank.

Bank yang tergabung dalam jaringan ATM Link ini yaitu, bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Untuk total mesin ATM Merah Putih yang ada di Indonesia tercatat adasekitar 60.000 unit per Juni 2017 dan tersebar di branch atau kantor cabang serta pusat perbelanjaan seperti FX Sudirman, Thamrin City, WTC Mangga Dua, Blok M Square, Depok Town Square, dan lain-lain.

Perubahan wajah mesin ATM empat bank BUMN ini pun akan terus dilanjutkan hingga akhir tahun 2017. Selain itu, pihak HIMBARA masih akan terus mengkaji untuk rencana penurunan tarif transfer secara bertahap. Targetnya yaitu, satu sampai 2 tahun lagi, transfer antar bank tidak akan dikenakan biaya alias 0 rupiah.

Ragam Kemudahan Transfer Antar Bank

jaringan ATM Merah Putih

Pemindahan sejumlah dana tertentu dari rekening Anda ke rekening orang lain tidak akan kena biaya admin bila dilakukan sesama bank.

Lain halnya jika transfer berbeda bank, ada biaya dalam jumlah tertentu yang dibebankan kepada Anda. Ada empat cara untuk melakukan transfer antar bank, yaitu:

1. Setoran Tunai ke Bank Tujuan. Cara ini lebih dikenal dengan setoran tunai lewat bank. Anda harus datang langsung ke bank tujuan dan melakukan setoran tunai. Proses ini dikenakan biaya yang paling murah dan dana yang Anda kirimkan bisa langsung sampai, tapi sayangnya Anda harus rela antri di bank tersebut sehingga cara ini dinilai tidak efisien.

2. Transfer Online. Kelemahan dari cara ini adalah tingkat keamanan yang lebih rendah dibanding cara lainnya. Jadi selain memastikan koneksi internet yang lancar, Anda juga harus menjaga gadget seperti komputer, laptop, hingga tablet yang Anda gunakan bebas virus.

Baca juga: Waspadai 5 Modus yang Sering Ada di ATM Ini!

3. Mobile Banking. Transfer antar bank menggunakan mobile banking memang sangat nyaman dan mudah digunakan karena bisa Anda lakukan di mana saja. Tapi kekurangan dari cara ini adalah biaya yang akan dibebankan kepada Anda akan bertambah. Selain biaya administrasi yang diberlakukan oleh bank, Anda juga akan terkena biaya potongan dari provider kartu selular Anda.

4. Transfer Menggunakan ATM. Cara yang terakhir adalah menggunakan Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Jenis mesin ATM yang bisa Anda gunakan selain mesin ATM dari bank Anda, juga bisa dari mesin ATM lainnya yang tergabung dalam jaringan ATM tertentu seperti transfer ke bank BNI lewat ATM BRI karena sama-sama berada dalam naungan ATM bersama.

Dari keempat cara di atas, hanya transfer menggunakan ATM yang memiliki penurunan biaya administrasi. Adanya wacana biaya transfer gratis pun diharapkan dapat membuat transaksi perbankan Anda jadi lebih hemat dan efisien lagi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama