Untung Rugi Tabungan Bersama Suami Istri

Masalah keuangan menjadi pemicu besar keretakan rumah tangga. Perlukan Anda menyiapkan tabungan bersama untuk alokasi keuangan keluarga? simak untung dan ruginya.

Keuangan salah satu pemicu terbesar keharmonisan hubungan. Banyak orang mengatakan, uang tak bisa membeli cinta, tetapi uang bisa saja jadi salah satu alasan perusak hubungan cinta yang buruk. Jika saja kedua belah pihak terbuka dalam komunikasi, seharusnya keuangan tidak menjadi hal menyeramkan.

Sehingga penting halnya bagi pasangan suami istri untuk mengelola keuangan keluarga dengan baik dan tidak bisa disepelekan. persoalan pengelolaan keuangan menjadi sumber pertengkaran suami istri. Nah salah satu bentuk pengelolaan keuangan banyak ditempuh dengan membuat tabungan bersama.

Tabungan pasutri

Peran dan Tujuan dari Tabungan Bersama

Tabungan bersama ini dibuat bersama pasangan ataupun keluarga seperti anak dan orang tua. Perannya adalah untuk mengatur dan mengontrol pengeluaran sehari-hari, seperti biaya kebutuhan rumah tangga amupun cicilan mobil, cicilan KPR, premi asuransi, hingga biaya pendidikan Anak.

Jadi ketika Anda telah menikah, tabungan bersama bisa mulai diterapkan sejak awal, tentunya sebelum membuat perlu didiskusikan dengan pasangan terutama dalam hal pembagian biaya.

Sebagai suami yang bertugas mencari nafkah untuk membiayai kebutuhan sehari-hari bisa mengalokasikan 20-30 persen dari penghasilan. Sedangkan bagi istri yang bekerja dan memiliki peranan sebagai pihak pembantu dalam keuangan keluarga bisa mengalokasikan 10 persen dari penghasilan.

Jenis-jenis Tabungan Besama untuk Suami Istri

Tabungan bersama setidaknya memiliki tiga jenis, diantaranya adalah Joint OR, Joint And, dan Joint QQ. Join OR adalah jenis tabungan bersama yang dimiliki oleh nasabah suami dan istri. Salah satu dari istri atau suami dapat mengisi dan mencairkan dana di dalam tabungan tersebut.

Sedangkan Joint And adalah tabungan bersama yang mensyaratkan suami dan istri masing-masing harus memberikan persetujuan berupa tandatangan jika akan melakukan transaksi. Misalnya, ingin mencairkan dana untuk biaya rumah sakit suami dan istri harus sama-sama membubuhkan tandatangan.

Adapun Joint QQ adalah tabungan bersama yang dibuat jika salah satu dari pemilik rekening masih di bawah umur sehingga belum memiliki KTP. Jenis tabungan ini biasanya dibuat oleh orang tua bersama anaknya yang masih kecil atau masih remaja.

Jenis tabungan suami isteri

Untung dan Rugi Tabungan Besama

Setelah melihat peran dan tujuan dari sebuah tabungan bersama, kira-kira apasaja keuntungan dan kelebihan jika pasangan suami istri memilikinya. Dengan memiliki tabungan bersama suami istri bisa sama-sama mengetahui nilai dana di dalam tabungan bersama sehingga masing-masing pihak bisa mengontrol penggunaannya.

Kelebihan lainnya, rekening bersama bisa membantu setiap pasangan atau orang tua dengan anaknya memiliki tujuan finansial yang sama, jadi setiap pemilik rekening bisa saling mengingatkan tujuan bersama tersebut.

Tabungan bersama sering dibuat untuk tujuan keuangan tertentu. Misalnya untuk tabungan pendidikan bagi si kecil, mengumpulkan dana untuk uang muka membeli rumah, atau mengumpulkan dana untuk masuk perguruan tinggi.

Ada kelebihan selalu ada juga kekurangan. Tabungan bersama berbeda dengan rekening tabungan biasa, bebab itu perlakuan bank terhadap pemilik tabungan bersama juga berbeda.

Perlu diingat, semakin besar nilai dana di dalam tabungan itu, bank akan semakin hati-hati memperlakukan tabungan ini sehingga kadang terasa lebih ribet. Misalnya, jika salah satu pihak meninggal dunia sehingga dana tersebut akan dicairkan oleh salah satu pasangannya.

Meski berstatus sebagai rekening Joint OR yang berarti setiap pihak memiliki hak yang sama, tidak berarti pasangan yang masih hidup dapat dengan mudah mencairkan dana.

Pencairan dana tersebut membutukan syarat dan dokumen tertentu yang harus diurus sebelumnya. pasangan yang ditinggalkan harus menunjukkan surat keterangan kematian dari pihak-pihak tertentu.

Syarat ketat tersebut dibuat oleh bank agar bank terhindar dari masalah yang bisa timbul di kemudian hari. Seperti gugatan dari salah satu pihak keluarga dan lain sebagainya.

Syarat mengajukan deposito

Deposito Pilihan untuk Tabungan Bersama

Apabila Anda tidak ingin memilih tabungan biasa, pilihan deposito bank terbaik untuk tabungan bersama bisa menjadi alternatif menguntungkan, karena mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari tabungan umumnya.

Terlebih lagi sistem tempo yang dimiliki deposito bisa menjadi tempat investasi bersama yang tepat. Anda dan pasangan bisa mengisi tabungan bersama sesuai jangka waktu tertentu dan kemudian diambil untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak. 

Ada banyak pilihan deposito yang menarik dengan tingkat suku bunga cukup kompetitif. Temukan jenis deposito bank terbaik di Indonesia melalui KreditGoGo. 

Untuk sistem perhitungan bunga yang akurat, silakan gunakan kalkulator. Ini akan memudahkan Anda dalam mendapatkan bunga deposito tinggi yang sesuai dengan keinginan. Raih untung lebih banyak bersama KreditGoGo!

#InvestasiTabungan

Baca juga: 
Bisnis yang Cocok Dilakukan Pasangan Suami Istri
Lakukan Ini Ketika Gaji Istri Lebih Besar Dari Suami

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama