Tabungan Rencana Vs. Deposito, Pilih Mana? (Bagian 2)

Tabungan rencana dan deposito berikan keuntungan dan manfaat. Penting untuk mengetahui nilai suku bunga hingga manfaat lebih yang biasa Anda dapatkan. Kini Anda bisa menentukan, mana yang lebih menguntungkan dan sesuai kondisi keuangan!

Masih ingat dengan artikel Tabungan Rencana vs Deposito (Bagian I)? Melanjuti ulasannya, perlu Anda ketahui perbandingan-perbandingan serta manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk simpanan ini. Berikut ini penjelasannnya:

Perbandingan Nilai Suku Bunga Tabungan Rencana vs Deposito 

Tabungan rencana

Tabungan rencana memberikan suku bunga kompetitif pada nasabah. Karena nasabah hanya dapat mengambil dananya sesuai waktu yang disepakati, maka suku bunga tabungan rencana tentu berbeda dengan suku bunga tabungan biasa pada umumnya. Bahkan suku bunga tabungan rencana, hampir mendekati suku bunga deposito berjangka.

Masing-masing bank berbeda-beda dalam memberikan suku bunga tabungan rencana. Penentuan suku bunga juga dilihat dari besarnya uang yang disetor pada tabungan rencana, dan jangka waktu yang dipilih. Contoh, Tabungan Tahapan Berjangka BCA memberikan suku bunga 4.00% pertahun untuk jangka waktu lebih dari 10 tahun untuk produk tabungan rencana.

ilustrasi suku bunga bca

(Suku bunga Tahapan Berjangka BCA)

Jika dilihat dari tabel tersebut, untuk mendapatkan suku bunga 4% maka nasabah menyimpan dananya selama lebih dari 10 tahun dengan jumlah setoran rutin bulanan yang terbilang ringan untuk nilai suku bunga tinggi tersebut. 

Nah jika Anda menginginkan suku bunga tinggi dengan tenor jangka pendek dan fleksibel diperpanjang, dapat memilih investasi deposito berjangka. Namun tentu saja, dana yang harus disiapkan tidak  sedikit untuk mendapatkan suku bunga yang tinggi. 

ilustrasi suku bunga mandiri

(Suku bunga Deposito Berjangka Bank Mandiri)

Tabungan Rencana dan Deposito, Investasi Terjamin 

Tabungan deposito

Banyak keuntungan dan manfaat tabungan rencana dan deposito berjangka. Dua sarana investasi ini telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan(LPS). Fungsi dari LPS adalah menjamin simpanan nasabah dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.

Anda yang telah menyiapkan dana untuk tabungan rencana ataupun deposito, ada baiknya mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Manfaat Tabungan Rencana

  • Sebagai langkah awal investasi, karena nilai setoran awal tabungan rencana terbilang ringan
  • Mendapatkan fasilitas asuransi jiwa
  • Metode auto debet, memudahkan nasabah untuk mengatur keuangan. Karena akan lebih disiplin dalam menabung.
  • Suku bunga lebih tinggi daripada tabungan regular atau tabungan biasa
  • Jangka waktu fleksibel. Tersedia jangka pendek, bahkan jangka panjang hingga 20 tahun
  • Nasabah dapat menentukan tanggal penarikan dana dari rekening sumber

Manfaat Deposito

  • Deposito memberikan suku bunga kompetitif
  • Nasabah dapat memilih tenor jangka pendek dan jangka panjang
  • Suku bunga deposito diberikan saat jatuh tempo. Suku bunga akan ditransfer ke rekening tabungan regular nasabah
  • Beberapa bank dapat memberikan pinjaman dengan jaminan rekening deposito.
  • Deposito dapat diahli wariskan
  • Nasabah tidak perlu membayar biaya bulanan administrasi

Risiko Tabungan Rencana vs Deposito

Setelah mengetahui beragam manfaat dan proses cara kerja tabungan rencana dan deposito, ada baiknya mengenali risiko yang bisa muncul apabila ada syarat dan ketentuan yang belum Anda ketahui. 

Risiko Tabungan Rencana 
  • Rekening Tertutup Otomatis

Rekening tabungan rencana dapat tertutup secara otomatis, apabila terjadi kegagalan pendebetan dari sumber dana. Dana tabungan rencana maka akan dialihkan ke rekening tabungan sumber dana.

Risiko Deposito

Metode penarikan dana produk deposito ditetapkan oleh jangka waktu. Karena untuk menarik dana deposito sudah ada ketentuannya saat pertama kali deposan membuka rekening. Apabila deposan menarik dana sebelum dari jatuh tempo yang telah disepakati, maka risiko-risiko inilah yang akan dihadapi deposan.

  • Denda

Tiap bank berbeda-beda dalam menetapkan besarnya biaya denda, apabila deposan menarik dana sebelum dari jatuh tempo. Ada yang berupa persentase 0.5% hingga 3% dari dana deposito, dan ada juga biaya yang telah ditentukan.

Apakah semua bank memberikan denda penalti? Tidak. Beberapa bank di Indonesia menghadirkan produk deposito dengan tidak adanya penalti.

  • Suku Bunga Turun

Keuntungan dari menyimpan dana deposito di bank adalah deposan mendapatkan bunga. Besarnya bunga tentu tergantung dari dana yang disimpan di bank. Dan apabila deposan menarik dananya sebelum jatuh tempo, nilai pendapatan bunga lebih sedikit dari bunga yang telah disepakati di awal dan kemungkinana bunga tidak dibayarkan. 

Memilih Investasi Sesuai Kondisi Finansial 

Investasi tabungan rencana

Tentukan pilihan simpanan yang dapat memudahkan Anda dalam memulai investasi. Anda dapat memilih dari ciri khas setoran awal, untuk menentukan pilihan jenis simpanan investasi sehingga menyesuaikan penghasilan rutin Anda.  

  • Pastikan dana tabungan rencana dan deposito tersebut, dilindungi LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). 
  • Anda dapat memilih tabungan rencana untuk memulai investasi jangka pendek dan jangka panjang dengan setoran ringan, tanpa setoran rutin perbulan dengan nominal besar. Namun perlu diketahui, sumber dana tiap bulan tersedia di tabungan utama Anda. Hal itu untuk menghindari risiko kegagalan auto debet.
  • Tabungan Rencana cara termudah untuk Anda memiliki tabungan untuk persiapan di masa depan, dengan proses kerja autodebet, Anda akan lebih disiplin dalam menabung.
  • Jika memiliki dana yang cukup dan menginginkan suku bunga tinggi dari pada suku bunga tabungan, Anda dapat lebih memilih produk deposito berjangka.
  • Pastikan Anda sudah memiliki rekening tabungan utama
Baca Juga:
Tabungan Rencana Vs Deposito (Bagian 1)
Cara Cerdas Berinvestasi Deposito


0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama