Tabungan Digital Mudahkan Proses Menabung

Setelah layanan internet banking, mobile banking, dan sms banking, kini ada tabungan digital. Pembuatannya mudah dan praktis! Kenali di sini manfaat dan fitur andalannya.

Saat ini inovasi terbaru perbankan dalam teknologi telah hadir dalam bentuk tabungan digital. Produk ini mengadopsi teknologi aplikasi smartphone, sehingga sangat mudah untuk digunakan dimana saja dan kapan saja.

Anda cukup memiliki akses internet! Jadi, Anda yang sibuk tidak perlu lagiantreberlama-lama ke bank.

Belajar Menabung dengan Tabungan Digital

Apa Itu Tabungan Digital?

Sama seperti tabungan konvensional, fungsi utamanya adalah untuk menyimpan uang Anda. Tetapi, tabungan digital menggunakan inovasi terbaru dengan layanan digital.

Jadi, Anda sebagai nasabah dapat mengakses tabungan cukup melalui browser di laptop maupun ponsel. Ingin tahu tentang saldo rekening maupun melakukan jenis transaksi perbankan lainnya.

Tentu saja, untuk layanannya masih disesuaikan dengan fitur perbankan konvensional serta sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Langkah Mudah Buka Tabungan Digital

Daftar tabungan digital

Untuk membuka tabungan digital, persyaratan yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan pembukaan rekening di bank konvensional. Yang menjadi perbedaan,proses pembuatan rekening tabungan digital tidak perlu dilakukan ke bank.

Secara garis besar, Anda cukup mengisi formulir berisi data diri melalui website atau aplikasi yang sudah disediakan oleh penyedia layanan. Agar lebih memudahkan proses persetujuan, data diri Anda harus valid sesuai dengan data KTP dan juga NPWP.

Baca juga: Pilih Manfaat Tabungan Sesuai Profesi

Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode verifikasi dan nomor akun virtual untuk melakukan setoran awal tabungan. Akan tetapi, beberapa Bank yang tidak mengharuskan setoran awal saat membuka tabungan digital.

Jika sudah selesai melakukan semua proses tersebut maka bank akan mengirimkan notifikasi melalui email yang terdaftar. Selanjutnya, bank akan mengirimkan kartu debit atau ATM ke alamat Anda. Bila waktu Anda lebih luang, Anda juga bisa mengambilnya di kantor cabang langsung.

Manfaat Fitur Tabungan Andalan

Saat ini, tabungan digital masih ditujukan sebagai sarana penyimpanan dan pembayaran uang nasabahnya. Tetapi, beberapa bank atau fintech memberikan diversifikasi yang cukup menarik untuk bisa Anda pilih dalam proses penggunaanya, yaitu:

Pertama,Anda bisa membuat program tabungan dengan nilai dan waktu yang sudah ditentukan. Fitur ini sama seperti tabungan berjangka konvensional, yang berfungsi untuk menghimpun dana dengan tujuan khusus. Misalnya, persiapan dana liburan, membeli barang, dana pendidikan dan sebagainya.

Bunga yang ditawarkan lebih besar dibanding tabungan konvesional. Bunganya berada pada kisaran 5% per tahun, sedangkan tabungan konvensional biasanya tidak lebih dari 3% per tahun.

Baca juga: Belajar Investasi dengan Tabungan Rencana

Kedua, Anda bisa menggunakan tabungan ini sebagai alat penampungan dana untuk berbagai macam pembayaran elektronik. Proses ini dilakukan dengan cara melakukan transfer sejumlah dana yang sudah Anda siapkan per bulan ke rekening digital yang Anda miliki.

Dana tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran melalui pembayaran ATM dan juga internet banking ke berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan bank tersebut sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan sebelumnya melalui aplikasi atau website.

Kedua proses diatas tentunya disesuaikan dengan ketentuan layanan yang sudah disediakan oleh bank atau perusahaan fintech masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui secara detail bagaimana kedua layanan tersebut dilakukan.

Setelah mengetahui manfaat tabungan digital, semakin tertarik untuk menggunakan produk terbaru dari dunia perbankan Indonesia ini? Segera daftarkan diri Anda secepatnya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama