Rencanakan Dana Pendidikan Untuk Tahun Ajaran Baru

Biaya sekolah semakin mahal. Siasati dengan langkah-langkah yang tepat agar anak bisa dapat pendidikan yang layak. Alokasikan dana Anda dengan dengan 10 cara ini.

Tanda tahun ajaran baru segera dimulai sudah terlihat. Banyak orangtua mulai disibukkan dengan pendaftaran masuk sekolah dan kuliah anak-anaknya. Apakah Anda adalah salah satunya? Atau mungkin, Anda sendiri yang sedang dalam pencarian kampus baru untuk melanjutkan kuliah S2?

persiapan dana pendidikan

Meski sudah ada program sekolah gratis dari pemerintah, biaya pendidikan di Indonesia tidaklah murah. Apalagi, untuk memasuki universitas bergengsi, banyak dana yang harus disiapkan. Mulai dari uang gedung, buku, kurikulum per semester, dan lainnya.

Untuk itu, sebaiknya Anda perlu menyiapkan langkah dalam menyusun anggaran pendidikan. Baik untuk anak maupun diri sendiri yang ingin melanjutkan kuliah S2.

Bagaimana langkah yang tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan? Simak beberapa cara berikut ini!

Hitung Biaya Keseluruhan

hitung biaya pendidikan

Dalam menyiasati kebutuhan dana pendidikan anak, Anda perlu teliti dalam menghitung besaran biaya kebutuhan setiap bulan. Alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan, artinya harus tepat guna. Jangan pernah memiliki keinginan lebih tanpa memperhatikan ketersediaan penghasilan.

Biasakan hidup sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh ketika Anda memerlukan hal yang tidak bersifat primer maka diwajibkan untuk tidak memenuhi kebutuhan tersebut. Gunakan uang seperlunya bukan mengikuti trend apa yang sedang terjadi.

Strategi Jangka Panjang

Dalam mempersiapkan dana pendidikan anak perlu direncanakan jangka panjang. Pasalnya, saat ini biaya pendidikan di Indonesia semakin lama semakin mahal.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Pendidikan

Bisa dibayangkan untuk biaya pendidikan dari mulai pendaftaran hingga wisuda jika ditotal mampu menghabiskan dana sebesar Rp100 juta. Ini hanya biaya pendidikan anak saja belum termasuk biaya konsumsi dan transportasi sehari-hari.

Beli Emas Batangan

Emas batangan cenderung memiliki kelebihan daripada emas fisik seperti kalung, gelang, dan anting.

Harga emas batangan cenderung naik setiap tahunnya. Sedangkan, harga emas fisik bisa mengalami penurunan. Kemudahan lain membeli emas batangan adalah bisa dibeli dengan cara dicicil. Selain itu, bisa dijual kembali saat Anda membutuhkan dana untuk membayar uang sekolah atau kuliah.

Rencanakan dengan Deposito

Deposito merupakan salah satu alternatif tabungan ideal khususnya bagi ibu rumah tangga. Berbeda dengan jenis tabungan biasa, deposito menawarkan bunga yang lebih tinggi sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih. Selain itu, deposito memiliki jangka waktu yang bisa diambil di kemudian hari.

Deposito ini sangat bermanfaat untuk merencanakan pendidikan anak. Misalnya, Anda berencana menyekolahkan anak tiga tahun lagi. Ambillah deposito dengan jangka waktu 3 tahun atau 36 bulan. Apabila sudah tiba waktunya Anda bisa mengambil dana tersebut untuk biaya sekolah anak. Dana yang Anda simpan aman, bunga yang didapat pun akan jauh lebih menguntungkan.

Jaminan Masa Depan Anak

Untuk menjaga terjaminnya dana pendidikan anak, Anda disarankan untuk tidak lupa membeli asuransi jiwa. Asuransi jiwa biasanya diberikan ketika Anda mendapatkan musibah dan anak masih dalam usia sekolah. Cara ini sangat bermanfaat dalam melindungi pendidikan anak agar tetap dapat terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Pertimbangkan Aset Properti

Menabung dalam bentuk rumah atau tanah adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda bisa melakukannya sedini mungkin di saat anak masih berada dalam usia tumbuh kembang.

Saat ini tengah gencar program pemerintah dalam menyediakan rumah dengan biaya cicilan terjangkau. Biaya cicilan rumah tersebut berada dikisaran kurang dari Rp1 juta. Atau, Anda juga bisa melakukan pembelian secara tunai dengan cara menabung terlebih dahulu.

Mulai Bisnis Baru

bisnis online

Dapatkan penghasilan tambahan dengan membangun bisnis baru. Anda bisa mulai merintis bisnis dengan berjualan online. Saat ini, tersedia banyak market place yang memberi kemudahan dalam berjualan. Berdasarkan riset internal Google Indonesia tercatat, pada 2015 ada 7,4 juta dari 100 juta penjual online yang aktif. Angka tersebut merupakan peluang Anda untuk meraih penghasilan baru.

Tingkatkan Soft Skill 

Di era perkembangan internet yang pesat ini, Anda mampu menjadikan soft skill untuk mengasilkan dana pendidikan. Terlebih saat ini juga menjamur wadah pencari freelancer di Indonesia. Biasanya banyak penawaran menarik untuk mengerjakan project yang sesuai dengan keahlian Anda. Harga pembayaran jasanya pun sesuai dengan ekspetasi skill yang Anda gunakan.

Tentukan Sekolah Sesuai Budget

Pemilihan mutu sekolah anak memang prioritas, namun Anda harus selalu memperhatikan dana pendidikan yang dimiliki. Apalagi jika Anda memiliki anak lebih dari satu. Tentu harus memiliki keseimbangan dalam fasilitas pembelajaran yang diperoleh di sekolah pada masing-masing anak. Dana pendidikan pun harus dipikirkan dan disesuaikan dengan pendapatan. Dalam hal ini tentunya Anda harus mengalah dalam urusan pribadi.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengajukan Asuransi pendidikan?

Segera siapkan dana pendidikan anak Anda sejak dini. Semoga beberapa cara di atas bisa membantu Anda dalam menyiapkan dana pendidikan. Selamat mencoba!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama