Rekening Bersama Pasangan: Yes or No?

Apa sih sebenarnya manfaat dari rekening bersama bagi pasangan menikah? Tak hanya memberikan kenyamanan kepada kedua belah pihak, tapi membagi tanggung jawab.

Berbicara mengenai keuangan seolah tak ada habisnya. Uang selalu saja menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Selain memang menjadi kebutuhan, uang adalah aset untuk kita dalam membangun kehidupan yang lebih layak. Alat tukar ini sering dijadikan investasi atau sekedar didepositokan demi menambah bunga. Ada juga yang bermain saham dan reksadana agar uangnya tersebut tidak menganggur dan tentunya bertambah banyak. Tapi bagaimana jadinya bila uang kita ditabungkan bersama dengan pasangan hidup kita, apakah berguna?

Rekening Bersama, Bermanfaatkah?

Ketika sudah berumah tangga tak jarang dari kita yang akhirnya memutuskan untuk menggabungkan tabungan dengan pasangan kita. Apa sih manfaat sebenarnya dari tindakan ini? Tentunya sebelum melakukan hal ini perlu diadakannya diskusi antara kedua belah pihak. Dan mengetahui fungsi dari rekening bersama ini bagi kehidupan rumah tangga. Apa kekurangan dan kelebihannya, sehingga kita bisa membandingkan secara seksama.

Hal paling utama yang menjadi pertimbangan adalah untuk pengeluaran rutin setiap bulan, seperti pembayaran listrik, air, internet dan uang belanja. Anda pun bisa memperluas dari kebutuhan dari rekening bersama ini, yaitu untuk dana liburan bersama keluarga, renovasi rumah atau untuk dana darurat. Anda pun bisa menjadikannya tabungan untuk kebutuhan sekolah anak seperti seragam, alat tulis, sampai dengan sepatu sekolahnya.

Menghentikan Anda dari Sikap Boros

Rekening bersama juga dapat mencegah salah seorang dari pasangan kita untuk bertindak boros. Dengan adanya rekening bersama ini Anda dapat secara langsung memantau keuangan rumah tangga. Jadi salah satu diantara Anda dapat mencegah agar tidak berlebihan dalam menggunakan uang untuk keperluan yang tidak perlu. Rekening bersama juga dapat berperan bagi Anda untuk tidak berutang.

Keunggulan lain dari menggunakan tabungan bersama adalah memberikan kenyamanan kepada kedua belah pihak bahwa yang mereka lakukan adalah membagi tanggung jawab dalam hal keuangan.

Kegunaan dari dana tersebut secara transparan dapat dipantau oleh suami dan istri, argumen yang sering terjadi di keluarga mengenai berapa dana yang dipakai dan ke mana pemakaiannya, dapat tereliminasi, minimal berkurang. Tak hanya itu, tingkat disiplin dan komunikasi yang lebih baik antara suami istri mengenai keuangan keluarga pun akan tumbuh secara sendirinya.

Tujuan Bersama

Poin yang patut Anda simak dan menjadi yang terpenting adalah ini mengenai komitmen untuk berbagi bersama pasangan Anda baik susah maupun senang. Membahas uang memang sangat sensitif. Jangan sampai karena beda penghasilan Anda dan pasangan berbeda dalam menabungkan sebagian dari penghasilan. Ada baiknya jika dibagi rata, sama besar dan tidak memberatkan satu sama lain. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama