Pilih Manfaat Tabungan Sesuai Profesi

Paling tidak, orang harus punya satu jenis tabungan sebagai simpanan harta untuk berjaga-jaga saat ada kebutuhan mendesak. Namun, antara jenis tabungan reguler dan tabungan rencana, mana yang paling cocok untuk Anda?

Pada dasarnya, perkenalan manusia dan tabungan sudah dimulai sejak kecil. Dari bentuk paling tradisional, celengan ayam, yang berisi sisa uang jajan, hingga beralih pada rekening di bank saat beranjak dewasa.

Namun, seiring berjalannya waktu, tabungan konvensional dirasa tak lagi mencukupi kebutuhan nasabah. Berbagai bank lantas berlomba menawarkan jenis produk Tabungan Rencana sebagai alternatifnya.

man counting money

Tabungan Konvensional Masih Penting

Menyimpan uang secara konvensional di bank, yakni dengan tabungan regular, merupakan pilihan menabung yang telah dikenal banyak orang.

Jenis tabungan ini masih mejadi pilihan karena sistemnya yang mudah. Nasabah cukup datang ke bank dan menyetorkan sejumlah uang pada teller. Besaran dana yang disetor tidak memiliki batas minimal. Anda diberi keleluasaan dalam mengaturnya.

Imbalan bunga yang ditawarkan setiap bulan juga jadi salah satu daya tariknya.  Anda juga dibekali kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang memudahkan Anda dalam mengambil dana tunai setiap saat.

Baca juga: Waspada Masalah Keuangan yang Tidak Disadari

Kartu ATM juga bisa digunakan untuk membayar belanjaan dan transfer uang, tanpa melalui teller. Kemudahan transaksi kartu ATM dapat Anda kontrol dengan mencetak buku tabungan atau memanfaatkan layanan internet banking yang disediakan Bank.

Hal yang perlu dicermati adalah biaya administrasi tabungan dan kepemilikan ATM, bisa mengurangi jumlah saldo Anda. Jadi, jangan kaget jika menemukan pengurangan saldo dalam rekening Anda. Apalagi, saat tak ada pemasukan yang Anda setorkan.

Tenang saja, perhitungan bunga bank dapat memperkirakan berapa besaran saldo minimum tabungan yang harus dipelihara agar pokok simpanan tidak terpotong biaya administrasi bank.

Alasan Beralih Pada Tabungan Rencana

savings money

Jika sebelumnya sudah terbiasa menabung dalam tabungan konvensional, pernah mendengar tentang Tabungan Rencana?

Biasanya Tabungan Rencana dipilih orangtua yang mempersiapkan dana pendidikan anak. Tidak sedikit pula yang membuka tabungan rencana untuk mempersiapkan kepemilikan rumah atau akan menikah.

Tabungan Rencana sering dinilai mirip dengan Reksadana atau Deposito berjangka. Padahal, ketiganya memiliki fungsi dan nilai mendasar yang berbeda.

Persamaan yang dimiliki adalah Anda bisa melatih diri berinvenstasi untuk masa depan. Sebab, terdapat jangka waktu dalam mengambil dana. Selain itu, persentase bunganya jauh lebih menguntungkan dari tabungan konvensional. Walaupun, bunga Tabungan Rencana masih lebih kecil dari Reksadana dan Deposito.

Baca juga: Belajar Investasi dengan Tabungan Rencana

Keuntungan lain dari Tabungan Rencana, beberapa bank biasanya memberikan tambahan fasilitas asuransi kesehatan dan jiwa bagi nasabahnya. Nilai klaim asuransinya tentu tergantung dari bank tempat Anda menabung. Dengan Tabungan Rencana, Anda bisa lebih tenang merencanakan masa depan.

Bisa dikatakan, Tabungan Rencana dipilih sebagai metode disiplin menabung. Syaratnya, Anda hanya diwajibkan memiliki tabungan konvensional sebagai induk tabungan di bank yang bersangkutan. Dengan demikian dana Tabungan Rencana tidak harus disetor manual setiap bulan tetapi akan ditarik secara otomatis dari tabungan induk tersebut.

Beda Kebutuhan Beda Tabungan

Lazimnya semua orang, paling tidak, memiliki satu jenis tabungan sebagai simpanan harta. Tujuannya, sudah pasti untuk berjaga-jaga saat ada kebutuhan mendesak. Namun, antara jenis tabungan konvensional dan rencana, mana yang lebih cocok dengan Anda?

professional look

1. Tabungan untuk Profesional

Sebagai pebisnis atau wiraswasta sudah wajib memiliki rencana keuangan jangka panjang. Selain sebagai persiapan kebutuhan yang semakin meningkat, Anda harus memikirkan finansial pengembangan modal usaha dan saat usia pensiun.

Pilihan tabungan rencana dapat memenuhi kebutuhan Anda lebih baik ketimbang tabungan regular. Meskipun, Anda tetap membutuhkan tabungan reguler sebagai transaksi sehari-hari.

Anda juga bisa mulai mempertimbangkan untuk melirik Reksadana dan Deposito sebagai investasi pendamping Tabungan Rencana Anda.

2. Simpanan Pegawai Kantor

Sekarang gaji pegawai kantor tidak lagi diberikan dalam bentuk tunai. Kantor menggunakan sistem payroll bank yang mentransfer langsung gaji ke masing-masing rekening para karyawan.

Oleh karena itu, Anda wajib memiliki, setidaknya satu, tabungan konvensional. Jika Anda baru mulai bekerja, disarankan untuk memilih bank dengan nama besar dan banyak digunakan orang awam.

Tabungan Rencana dapat dijadikan dana simpanan untuk kebutuhan menabung yang mendesak dan perlu didisiplinkan untuk membeli rumah, kendaraan serta barang-barang mahal lainnya dalam jangka pendek.

3. Dana Darurat Pekerja Lepas

Bagi Anda yang berprofesi sebagai freelancer, penting untuk memiliki rekening tabungan konvensional. Tabungan itu diperlukan untuk memudahkan Anda menerima pembayaran dari klien.

Tabungan Rencana bisa dipertimbangkan, tetapi tidak menjadi utama mengingat penghasilan Anda yang fluktuatif setiap bulan. Lebih baik, Anda alihkan dananya untuk produk asuransi, terutama asuransi kesehatan.

Asuransi lebih dibutuhkan sebagai jaminan perlindungan jika tiba-tiba Anda sakit. Asuransi kesehatan bisa membantu Anda dalam meringankan biaya perawatan.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Budget

Pilihan Tabungan Terbaik di Indonesia

Berbagai bank menawarkan ragam tabungan dengan banyak kemudahan dan manfaat. Misalnya, Bank Mandiri yang memberikan keringanan setoran di awal, hanya Rp50 ribu untuk Bank Mandiri TabunganMu. Ada juga BCA Tabungan Tahapan Gold yang memberikan daya mobilitas tinggi bertransaksi selama 24 jam. 

Bagi Anda yang memilih BRI Britama Rencana, miliki tabungan dengan bunga lebih tinggi yang dapat dicairkan sewaktu-waktu dan kebebasan menentukan setoran bulanan tetap.

Dapatkan informasi terkini soal tabungan sebagai penyimpan dana segar atau investasi yang paling tepat untuk Anda melalui situs kami. Bandingkan produk tabungan yang terbaik untuk Anda, baik Tabungan Konvensional atau Tabungan Rencana dari bank-bank terkemuka di Indonesia di sini.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama