Persiapkan Rencana Keuangan untuk Anak Pertama

Ketika memiliki anak pertama ada hal yang sering diabaikan, yaitu rencana kauangan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan utuk mepersiapkannya? KreditGoGo tawarkan solusinya

financial plan for family

Kebanyakan pasangan muda mengabaikan persiapan finansial untuk kebutuhan anak pernama. Padahal, penundaan ini justru menakibatkan persoalan lain dimasa depan yang lebih besar ketika sang anak mulai tumbuh dewasa.

Dikaruniai buah hati merupakan anugerah yang didambakan oleh setiap pasangan suami istri. Banyak di antara mereka rela untuk melakukan banyak cara agar bisa mendapatkan momongan. Namun ternyata perjuangan pasangan baru untuk mendapatkan anak tidak berhenti disitu saja.

Ke depannya ada banyak persiapan yang harus dilakukan termasuk rencana keuangan yang matang. Setelah anak Anda lahir kebutuhan akan meningkat inilah yang kadang diabaikan oleh para pasangan muda.

Permasalahan yang sering muncul misalnya, kebingungan untuk membiayai uang sekolah dan pendidikan tambahan, seperti les dan bimbingan belajar yang dibutuhkan sang anak dalam mengejar impiannya.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, KreditGoGo memberikan solusi keuangan yang dapat dilakukan agar buah hati Anda memiliki kehidupan yang terjamin secara finansial:

1. Siapkan Dana Pendidikan

saving money for education

Menyiapkan dana pendidikan sebenarnya bisa dimulai ketika anak sudah memasuki jenjang sekolah. Namun melihat inflasi pendidikan yang sangat cepat dan setiap tahunnya biaya pendidikan selalu naik ada baiknya Anda menabung dana pendidikan ketika buah hati Anda masih bayi.

Sehingga, Anda memiliki jangka waktu yang panjang untuk menyusun program pendidikan anak. Bahkan, dana yang bisa dikumpulkan bisa digunakan hingga sang anak harus masuk perguruan tinggi.

Dalam mempersiapkan dana pendidikan, ada banyak produk keuangan yang bisa diandalkan. Anda dapat memilih dari beberapa pilihan investasi yang ada. Anda bisa membuat rekening untuk deposito berjangka atau membeli produk asuransi pendidikan.

Produk deposito berjangka cocok bagi pasangan muda dengan penghasilan yang besarannya tidak tentu setiap bulannya. Sedangkan asuransi pendidikan lebih tepat bagi para orang tua yang memiliki penghasilan tetap.

Anda bisa memilih BTPN Deposito Berjangka, menawarkan bunga yang kompetitif dengan pilihan jangka waktu yang beragam selain itu yang terpenting adalah bebas biaya pinalti, Anda bisa mencairkan kapanpun dana dibutuhkan.

Namun apabila Anda kekurangan dana dalam mempersiapkan biaya pendidikan, manfaatkan fasilitas pinjaman KTA dari Standard Chartered KTA untuk dana tambahan jika sewaktu-waktu dibutuhkan biaya yang lebih besar. 

HSBC Personal Instalment Loan memberikan pinjaman dari Rp5juta hingga Rp125juta untuk memenuhi apapun kebutuhan finansial Anda dengan beragam keuntungan. Khusus di KreditGoGo Anda bisa mengajukan HSBC Personal Loan dengan mudah dan cepat ditambah hadiah Voucher Rp300 ribu dari Carrefour. 

2. Asuransi Kesehatan

health insurance

Selain mempersiapkan dana pendidikan salah satu hal yang juga tidak kalah penting adalah menjamin kesehatan sang buah hari sampai dia tumbuh besar nanti. Kesehatan merupakan faktor utama yang tetap harus Anda perhatikan.

Salah satu yang bisa dlakukan adalah dengan melindungi kesehatan anak menggunakan asuransi kesehatan. Anda dapat mulai mengecek apakah jaminan kesehatan tersebut dapat langsung dinikmati atau harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu sampai pihak asuransi menanggung biaya yang dikeluarkan.

Produk asuransi yang cocok untuk dipilih adalah Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan dari Axa Mandiri. Keunggulan produk asuransi ini adalah pengembalian 100% premi yang telah dibayarkan apabila tidak terjadi klaim dalam periode 5 tahun berturut-turut

Anda juga bisa membeli polis tahunan lebih hemat dengan hanya membayar premi 10 bulan. Tidak hanya itu ada diskon 10% atas total premi yang dibayarkan apabila mengikutsertakan suami/ atau stri dan anak-anak.

3. Hemat dalam Jangka Pendek

keep the changes

Ketika baru memiliki anak, sebagian orang tua mungkin 'tergoda' dalam membeli berbagai kebutuhan bayi —seperti pakaian yang lucu atau mainan yang menarik—untuk sang buah hati. Tetapi ini harus dipertimbangkan lagi.

Dari hal-hal kecil ini akan timbul kebutuhan yang boros. Anda harus mempertimbangkan sampai sejauh mana pakaian atau mainan tersebut bermanfaat bagi anak. Melakukan penghematan jangka pendek dengan membeli kebutuhan anak dalam jumlah dan harga yang normal, berarti Anda juga sudah menabung bagi keperluan jangka panjang dan menengah anak.

Untuk menghemat kebutuhan belanja anak Anda bisa menggunakan kartu kredit. Kartu kredit ini dapat digunakan saat belanja buku, perlengkapan sekolah, bahan masakan untuk bekal makan siang anak, ataupun pakaian anak.

Ada banyak situs belanja online, supermarket, maupun toko perlengkapan yang bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit untuk memberikan diskon khusus baik bertepatan dengan event tentang anak ataupun tidak.

Anda bisa menemukan berbagai produk kartu kredit hanya di KreditGoGo, istimewanya ada hadiah menarik apabila pengajuan Anda disetujui. Selain itu produk deposito berjangka dan asuransi kesehatan untuk rencana keuangan sang buah hati dapat dipersiapkan dengan memilih produk yang tepat hanya di KreditGoGo. Ayo segera bergabung dan temukan apa yang Anda cari!

Baca juga:
Dapatkan Dana Tambahan untuk Biaya Pendidikan Anak
Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak Dasar dan Menengah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama