Menyimpan Uang di Rumah Vs Menyimpan Uang di Bank

Menyimpan uang di rumah dengan nominal besar masih menjadi hal wajar. Pun menyimpan di bank, orang masih segan. Tapi, ada tidak sih beda simpan uang di rumah dengan di bank?

  1. lebih aman
  2. lebih praktis
  3. memperoleh bunga

Sampai dengan saat ini, beberapa di antara kita masih memiliki konsep menyimpan uang di rumah dengan nominal yang cukup besar di rumah kita masing-masing. Betul? Tempat penyimpanan uang pun bermacam-macam, ada yang di dalam lemari pakaian, brankas, hingga ada yang di bawah kasur. Konsep “jadul” tersebut masih saja menjadi alasan bagi orang untuk menyimpan uang di dalam rumah. Mereka menilai bahwa dengan menyimpan uang di rumah, beberapa keuntungan dapat diperoleh.

Memang cukup mudah menyimpan uang di rumah. Namun banyak orang tidak terlalu serius menanggapi hal tersebut. Orang kadang lebih suka berada di indikator “comfort zone” dengan menyimpan uang di rumah. 

Dibanding dengan menyimpan uang di rumah, menyimpan uang di bank akan lebih menguntungkan dalam beberapa hal, di antaranya ialah:

1. Memperoleh bunga

Keuntungan utama jika menyimpan uang di bank adalah uang yang disimpan akan memperoleh bunga, sehingga secara langsung uang tersebut memiliki nilai tambah. Selain menambah nominal uang Anda, fungsi bunga juga bertujuan menjaga nominal uang dari tekanan inflasi, sehingga secara riil, uang Anda tidak tergerus yang mengakibatkan nilainya semakin berkurang.

2. Lebih aman

Dari segi keamanan, bank menawarkan sebuah fasilitas jaminan keamanan. Anda tidak perlu khawatir uang akan hilang atau dicuri orang. Selain lebih aman, menabung di bank juga dapat mencegah lupa di mana menaruh uang Anda jika menyimpan di rumah. Misalnya menyimpan uang di tempat yang cukup rumit ditemukan di rumah Anda, sehingga risiko lupa di mana uang disimpan akan semakin besar.

3. Lebih praktis

Pihak bank sendiri juga memberikan fasilitas dan kemudahan lainnya jika Anda menyimpan atau menabung uang di bank. Menyimpan uang di rumah justru menyulitkan jika nantinya digunakan untuk transaksi. Kenapa? Karena jika dibutuhkan, kita diharuskan membawa uang dalam jumlah banyak. Sementara itu, jika menyimpan uang di bank, kita bisa menggunakan kartu debit dengan hanya menggesek atau dengan cara transfer. Itu bisa kita lakukan sehingga bisa meminimalkan rasa tidak aman ketika melakukan transaksi dengan orang lain. Kelebihan lainnya, dengan menjadi nasabah sebuah bank, Anda pun juga diuntungkan jika melakukan pembayaran angsuran seperti Kredit Pemilikan Rumah maupun Kredit Pemilikan Mobil.

Dengan melihat perbandingan di atas, apakah Anda masih menginginkan menyimpan uang dengan jumlah banyak di rumah? Ingat, uang Anda adalah salah satu aset yang Anda miliki. Jangan sampai karena salah menyimpan uang, Anda menerima kerugian yang sangat besar cuma gara-gara teledor atau lupa menaruh uang di dalam rumah.

Usahakan sisihkan uang tunai secukupnya di rumah yang akan diperuntukkan untuk biaya hidup sehari-hari. Sedangkan untuk menabung, Anda dapat menggunakan jasa bank sehingga uang yang Anda simpan bisa lebih aman dan sekaligus memperoleh bunga.

Jika ingin melakukan transaksi pun, hindari membawa uang tunai terlalu banyak karena di saat yang bersamaan Anda bisa menggunakan kartu debit untuk berbelanja jika menyimpan uang di bank. Sekarang pilihan ada di tangan Anda, apakah masih mau menyimpan uang dengan jumlah banyak di rumah?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama