Menabung? Klise, tapi Penting

Kedengarannya klasik, tapi amat penting. Bicara menabung bicara kedisiplinan. Bagaimana masa depan cerah kalau tidak pernah menabung?

  1. menabung? klise tapi penting
  2. saran untuk sukses menabung di masa depan

Mungkin di antara Anda pernah mendengar lagu ini.

bing beng bang yuk, kita ke bank.

bang bing bung yuk, kita nabung.

tang ting tung hey, jangan dihitung.

tahu-tahu kita nanti dapat untung.

Lagu di atas sangat sederhana, tapi cukup provokatif untuk menggerakkan masyarakat datang ke bank dan menumbuhkan sikap suka menabung. Hari gini masih menabung? Klise ya? Tapi itulah kenyataannya. Bicara menabung sebenarnya bicara kedisiplinan. Terlepas menabung di bank atau di celengan berbentuk babi. Kedisiplinan menabung sebenarnya menuntun kita agar punya masa depan cerah. Tidak boros. Dengan kata lain, berhemat.

Tujuan kita menabung pun ada banyak macam. Entah untuk membeli rumah, biaya pendidikan anak, bahkan menabung untuk dana pensiun. Sebenarnya apa sih yang harus dilakukan agar keinginan kita terwujud? Itu tergantung kondisi finansial dan karakter kepribadian Anda. Coba deh mulai dari yang terkecil. Misalnya satu tahun ke depan saya ingin punya mobil. Nah, kami memberikan 'wejangan' untuk bisa Anda lakukan.

1. Rancang dulu masa depan Anda

Ya iyalah. Iya kan? Kalau masa depan tidak dirancang, apa yang mau kita raih? Nah, dengan merancang masa depan, kita jadi tahu seperti apa yang kita inginkan. Mungkin tidak akan mulus dijalani, tapi itu akan bertahap. Ya dengan disiplin menabung itu.

2. Kumpulin uang kembalian

Ya, benar! Anda tidak salah baca. Kumpulkan semua uang kembalian, baik uang recehan logam dan kertas. Kumpulkan semua uang kembalian yang tercecer di kantong baju dan celana Anda. Dan ingat, setiap ada kembalian, kumpulkan dan tabung. Kebiasaan ini akan mendidik pola pikir Anda agar disiplin menabung. Kalau dikumpulkan, uang recehan bisa jadi banyak. Itu membantu Anda dalam hal apa pun. Tapi bukan berarti Anda harus meminta-minta uang receh di jalan lho ya!

3. Catat kebiasaan Anda dalam sebulan

Nah, kalau yang ini dalam hal pembelanjaan. Percuma juga menabung kalau toh gaya hidup Anda boros minta ampun. Uang yang sudah kita tabung tidak mungkin dikeluarkan. Coba, perhatikan lagi apa saja yang Anda beli sebulan ini. Selektiflah dalam berbelanja. Contoh lainnya, daripada beli air mineral, coba Anda bawa sendiri dari rumah.

4. Bayarlah utang Anda

Salah satu cara agar tabungan kita tidak ludes dilalap utang, ya lunasi dulu utang Anda. Utang apa pun itu. Melunasi utang adalah cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Lalu, konsisten dan komitmen Anda dibutuhkan agar utang tidak membengkak.

Nah, sobat GoGo, perlu perjuangan keras agar kita bisa sukses. Jangan ragu untuk menabung. Karena dengan menabung Anda bisa menghindarkan diri dari hutang dan pinjaman-pinjaman disaat keadaan terdesak.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • zalfa

    nabung penting banget tuh. selain belajar hidup hemat, nabung bisa memberikan solusi ketika saya butuh dana tidak terduga. tapi anak sekarang susah di ajakin nabung, kayak saya ini.. hehee :)

    Reply
    • Ida Rosida

      Ngumpulin uang recehan kembalian sangat membantu disaat kita bayar sesuatu dan penjualnya bilang"gak ada kembalian,dipas-in aja ya"...wkwkw

      Reply