Jangan Diremehkan, Ini Pentingnya Dana Darurat

Tidak ada yang ingin dirinya mengalami musibah. Namun bila mendapatkannya, sering diikuti oleh kebutuhan dana dalam waktu cepat. Karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan dana darurat.

  1. untuk menghadapi sesuatu yang tak terduga
  2. menghindari diri dari lilitan utang
  3. investasi pribadi tidak terganggu
  4. pembelajaran tanggung jawab keuangan
  5. menghindarkan diri dari beban pikiran

Pentingnya Dana Darurat

Musibah dan situasi yang tidak menguntungkan sering terjadi secara tiba-tiba tanpa pernah bisa diprediksi. Masalahnya, keadaan tersebut hampir selalu diikuti oleh kebutuhan mendesak akan uang.

Ya, dalam hal ini, Anda jelas membutuhkan satu solusi. Apa itu? Dana darurat. Sesuatu yang sangat penting karena bisa menjadi untuk bisa memberikan kesiapan ketika mendapat musibah.

Dana Darurat Bisa Menyelamatkan Keuangan Anda

Bila memiliki persiapan uang yang cukup, kemungkinan Anda untuk lolos dari kesulitan keuangan akibat bencana bisa terlewati.

Apa hanya itu saja guna dana darurat? Tidak. Masih ada alasan lain mengapa hal itu begitu penting, ini dia ulasannya.

1. Untuk menghadapi sesuatu yang tidak terduga

Musibah bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari bencana alam, kebakaran, kecelakaan dan sakit. Ingat, bila Anda masuk unit gawat darurat (UGD) di rumah sakit, biasanya tidak bisa menggunakan kartu asuransi, kecuali penanganan dilakukan hingga rawat inap.

Untuk itulah, mulailah menabung agar bila sewaktu-waktu mengalami musibah seperti ini, Anda sudah memiliki dana yang cukup.

2. Menghindarkan diri dari lilitan utang

Banyak orang yang tidak memiliki dana darurat namun mengalami musibah sering mencari jalan pintas dengan cara berutang agar bisa menangani masalahnya.

Sebagai contoh, untuk membayar biaya perawatan, Anda menggunakan kartu kredit. Tidak masalah bila kita bisa menangani utang tersebut, namun bagaimana kalau kesehatan kembali memburuk dalam waktu berdekatan? Bersiap-siaplah untuk kembali menganggung beban.

Ingat, di dunia ini hampir tidak ada yang benar-benar gratis

3. Investasi pribadi tidak terganggu

Tidak hanya berutang, terkadang bila seseorang membutuhkan dana darurat namun tidak memilikinya. Mereka bisa sampai harus menghabiskan tabungan investasi pensiun, pendidikan, atau bahkan aset lainnya seperti rumah, emas, dan sebagainya.

Ingat, jangan sampai masa depan hancur hanya karena Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan yang mendesak di masa kini.

4. Pembelajaran tanggung jawab keuangan

Hal ini bisa berguna bagi Anda yang masih berusia muda atau baru menikah. Sebab, bertanggung jawab di bidang keuangan akan sangat penting untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan.

Posisi dana darurat akan sangat membantu untuk membuat posisi kesejahteraan berada pada jalur yang benar. Karena Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus disulitkan oleh musibah yang sering menyulitkan keuangan.

5. Menghindarkan diri dari beban pikiran

Ternyata dana darurat juga bisa berguna untuk faktor psikologis seseorang loh. Mengapa begitu? Tentu saja, bila sewaktu-waktu mengalami musibah dan membutuhkan dana cepat, Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencarinya.

Tidak perlu panik bila membutuhkan uang untuk kepentingan mendadak, karena semuanya sudah dialokasikan pada tempat yang benar.

Tanpa dana darurat, tiap musibah dan situasi lain yang berpotensi menyulitkan bisa benar-benar berubah menjadi bencana keuangan serius bila tidak dipersiapkan dengan baik. Masih banyak orang uang mengabaikan kebutuhan ini seakan hidup yang dijalaninya berjalan baik-baik.

Ingat, setiap proses kehidupan tidak pernah berjalan lempeng-lempeng saja, selalu ada masalah yang menyertainya. Bila tidak siap menghadapinya, siap-siaplah menghadapi kesengsaraan yang belum tentu kuat dihadapi.

Memang, terkadang ada orang yang begitu beruntung hingga hidupnya tidak pernah mengalami masalah. Namun, sepertinya mereka cukup langka untuk dicari ya.

Karena itulah, jangan berjudi dengan tidak memiliki dana darurat. Anda tidak mau kehilangan segalanya bukan?

Jangan biarkan keuangan Anda terlanjur hancur karena musibah. Kebutuhan tersebut tidak hanya berguna bagi kita, tetapi juga kepada keluargan dan investasi masa depan

Jadi, jika belum memiliki dana darurat, tidak ada pilihan lain. Mulailah siapkan dengan cara menabung dari sekarang sobat!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama