Bisakah Menabung dengan Gaji Minim?

Ingin menabung tetapi sulit karena gaji minim dan habis untuk kebutuhan sehari-hari. Bagaimanakah agar tetap bisa menabung walau gaji pas-pasan?

family build home

Menabung adalah hal yang sederhana tetapi sulit sekali menjalankannya. Banyak yang mengeluhkan kesulitan menyisihkan dan menyimpan uangnya, bahkan dalam jumlah kecil. Apalagi jika penghasilan perbulan Anda pas-pasan hanya habis untuk memenuhi kebutuhan pribadi sehingga tidak ada sisa untuk ditabung.

Menabung adalah hal yang sederhana. Sebenarnya menabung tidak perlu dimulai dengan angka yang fantastis. Anda bisa menyisihkan dari nominal yang kecil saja. Nah, kami memiliki beberapa tips menabung yang bisa Anda ikuti terutama bagi Anda yang memiliki penghasilan kurang dari dua juta per bulan.

1. Miliki Dua Rekening Tabungan

savings multi account

Kenapa harus memiliki dua rekening tabungan? Sebab dengan dua rekening tabungan Anda dapat mengakali keinginan untuk menghamburkan uang. Jika Anda sangat sulit untuk mengendalikan hasrat berbelanja, Anda bisa menyiasatinya dengan memiliki lebih dari 1 rekening tabungan.

Rekening tabungan yang pertama bisa Anda gunakan untuk menerima gaji dan melakukan bermacam-macam transaksi. Untuk yang kedua bisa Anda gunakan sebagai tabungan. Usahakan bank yang Anda gunakan tidak menarik potongan dan juga jangan membuat kartu ATM untuk rekening tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa menghindari keinginan untuk menghabiskan uang yang Anda miliki. Yang perlu diperhatikan jangan transfer uang langsung antar bank, karena nantinya akan terkena potongan. Lebih bijak jika ambil uang dari rekening tabungan kemudian setor melalui bank.

2. Tetapkan Target

target to success

Dalam sebulan Anda tidak boleh membelanjakan uang lebih dari 30% - 50% gaji. Selain memiliki dua rekening tabungan untuk mengatur keuangan, Anda juga harus menetapkan nominal uang yang akan disimpan. Besarannya bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan setiap bulannya.

Contoh simulasinya adalah:

Misal gaji dalam 1 bulan : Rp 1.300.000

Untuk ditabung per bulan : 30% x Rp1.300.000 = Rp 390.000

Jumlah tabungan dalam 1 tahun :12 x Rp390.000 = Rp 4.680.000

3. Mengikuti Arisan

Mengikuti arisan bersama teman-teman bisa menjadi cara alternatif untuk menabung. Tentunya kamu juga harus teliti terlebih dahulu sebelum memilih jenis arisan. Pastikan bahwa besaran biaya iuran masih terjangkau kantong dengan sistem arisan yang jelas.

4. Investasi Kecil-Kecilan

savings to success

Investasi adalah hal yang sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil lebih. Membeli emas dengan sistem kredit juga bisa kamu jadikan ajang investasi kecil-kecilan untuk masa depan. Emas merupakan instrument investasi yang tergolong stabil.

Pembayaran dengan cara mengangsur merupakan kemudahan yang bisa kamu peroleh dengan gaji yang pas-pasan. Emas yang kamu beli bisa diangsur dalam jangka waktu tertentu sesuai keinginan, tanpa bunga dengan uang muka sekitar 25-40%.

Simulasi cicilan:

Misalnya harga emas 1 gram Rp 500.000, jika Anda ingin membeli emas sebesar 5 gram berate perhitungannya adalah:

5 gram emas : 5 xRp 500.000 = Rp 2.500.000

DP : 25% x Rp2.500.000 = Rp 625.000

Sisa biaya :Rp 2.500.000 –Rp 625.000 = Rp 1.875.000

Simulasi cicilan per bulan dalam jangka waktu 1 tahun =Rp 1.875.000 : 12 = Rp 156.250/bulan

5. Buat Skala Prioritas dan Catat Pengeluaran Setiap Bulan

Sebelum Anda menyisihkan uang untuk menabung buat dahulu skala prioritas dan pengeluaran untuk satu bulan.Skala prioritas sangat penting untuk mengendalikan pengeluaran bulanan. Anda akan lebih terarah dalam mengalokasikan uang pendapatan, sehingga gaji yang di dapat tidak hanya asal lewat saja.

Patika juga menyimpan setiap struk dan bon belanja Anda pada bulan tersebut. Supaya Anda bisa membuat catatan pembukuan kecil untuk pengeluaran Anda di bulan tersebut. Memang terasa ribet pada awalnya, namun hal ini lama kelamaan akan membuatmu lebih mudah untuk mengendalikan keinginan untuk berbelanja dan disiplin dalam keuangan.

Bagaimana tidak sulit bukan untuk menabung setiap bulannya walupun gaji pas-pasan? Yang terpenting adalah hindari gaya hidup boros dan mulailah menabung dari sekarang!

Baca juga: Menabung? Klise, tapi Penting

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama