Rumah Tumbuh, Solusi Hunian untuk Pasangan Muda

Tak perlu gundah bila sebagai pasangan muda Anda memiliki rumah berukuran kecil. Dengan konsep rumah tumbuh Anda dapat mewujudkan hunian idaman secara bertahap.

Konsep Rumah Tumbuh - yaitu hunian yang dapat dimodifikasi dan diperluas secara bertahap sesuai kebutuhan, menjadi opsi yang sangat ideal bagi seorang pasangan yang baru memasuki biduk rumah tangga.

‘Rumah tumbuh’ secara sederhana adalah konsep pembangunan rumah yang masih menyisakan ruang untuk dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan penghuni di masa yang akan datang.

Sejumlah pengembang mencantumkan keterangan ‘rumah tumbuh’ pada properti yang ditawarkannya. Salah satu contoh rumah tumbuh yang unik adalah Cluster Agung Indah yang ada di Daerah Kabupaten Tangerang.

Perumahan Cluster Agung Indah menerapkan konsep rumah tumbuh dengan pondasi yang bisa dibangun untuk menjadi 3 lantai. Perumahan ini didesain untuk menahan bangunan 3 lantai yang kokoh. Sehingga, pada pondasi rumah, dipasang beton bertulang dengan kolom-kolom ganda.

Pengajuan rumah tumbuh

Menjadi Referensi Pilihan Pasangan Baru

Kehadiran konsep rumah tumbuh tampaknya sangat tepat untuk Anda yang baru memasuki kehidupan pernikahan. Rumah tumbuh bisa dijadikan incaran rumah pertama yang berpotensi untuk dibangun kembali apabila anggota keluarga Anda bertambah.

Oleh karena itu, pengembang yang menawarkan ‘rumah tumbuh’ biasanya menawarkan unit dengan bangunan yang tidak terlalu besar namun lahan yang luas. Harga rumah pun bisa ditekan. Rumah dengan konsep ini cocok untuk pembeli rumah pertama (first time buyer), keluarga muda atau mereka yang belum berkeluarga. Konsumen jenis ini tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas.

Seiring berjalannya waktu, saat anggota keluarga bertambah, Anda bisa membangun sendiri ruang-ruang tambahan, seperti kamar tidur tambahan, dll. sesuai kebutuhan dan kondisi ekonomi saat itu.

Perencanaan KPR

Wujudkan Rumah dengan Dana Terbatas

Seorang pasangan baru biasanya memiliki banyak prioritas namun dana yang dimikili belum cukup untuk mewujudkan semua target finansial. Salah satunya adalah memiliki rumah impian. Anda pasti ingin melihat keluarga kecil dapat tinggal dengan nyaman dan menyenangkan di sebuah rumah.

Nah, untuk itu konsep rumah tumbuh bisa dijadikan pilihan Anda. Dana maupun luas lahan yang terbatas tidak perlu menjadi kendala untuk membangun rumah ideal sesuai impian. Sesuai dengan namanya, rumah tumbuh adalah rumah yang pembangunannya bertahap. Tentu saja ini tergantung pada kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan keuangan sang pemilik rumah.

Sebelum Anda memutuskan menjadikan konsep Rumah Tumbuh sebagai konsep dalam membangun rumah impian, berikut 4 hal yang perlu Anda pahami saat akan membangun rumah tumbuh:

1. Rencanakan Desain yang Matang

Desain rumah tumbuh memiliki cetak biru untuk dikembangkan di kemudian hari, sehingga penambahan ruangan dapat diakomodir dengan fleksibel tanpa mengubah pondasi hunian.

2. Biaya Bisa Dikontrol

Dengan konsep desain yang telah direncanakan matang sejak awal baik dari segi konsep desain maupun gambar, perkiraan biaya dapat diantisipasi dan sesuaikan secara berkala agar tidak membengkak berlebihan di luar kemampuan rumah tangga.

3. Rumah Tumbuh Horizontal dan Vertikal

Untuk mengoptimalkan lahan yang sempit Anda bisa memilih tipe rumah tumbuh vertikal. Namun rumah tumbuh vertikal memerlukan perencanaan yang lebih cermat, mempertimbangkan struktur dan pondasi bangunan. Tipe horizontal bisa dipilih jika Anda punya lahan cukup luas.

Konsep rumah tumbuh

4. Rumah Tumbuh Bisa Diterapkan Pada Rumah Jadi

Konsultasikan dengan arsitek yang berpengalaman sebelum memutuskan untuk menerapkan konsep rumah tumbuh di atas rumah jadi. Anda juga bisa menanyakan pada pengembang apakah rumah yang ditawarkan mendukung konsep rumah tumbuh.

Jadi apabila Anda membeli rumah dari pengembang yang menawarkan konsep rumah tumbuh Anda bisa membangun kembali rumah ketika kebutuhan meningkat ataupun anggota keluarga bertambah. Perencanaan ini tentunya harus juga diimbangi dengan kesiapan finansial yang matang.

Anda bisa mencari suntikan dana apabila kebutuhan sudah mendesak, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan pinjaman KTA dari bank ketika ingin membangun rumah. Pilihan pinjaman yang tepat akan memberikan keuntungan untuk Anda.

Pinjaman KTA dari Standard Chartered menawarkan keistimewaan bunga ringan dan persyaratan yang mudah. Selain itu Anda juga tidak perlu khawtir mengatur anggaran bulanan, karena setiap bulannya angsuran pinjaman tetap dengan suku Bunga yang flat, tidak diberatkan dengan suku bunga berjalan.

Standard Chartered Bank memberikan maksimum pinjaman sebesar Rp200.000.000, untuk jangka waktu pelunasan hingga 5 tahun. Anda bisa mewujudkan rumah idaman untuk keluarga kecil secara bertahap ataupun sekaligus sesuai dengan kebutuhan.

Tak perlu menunggu lama untuk bisa memiliki rumah impian, pilihan konsep rumah tumbuh menjadikan Anda dan keluarga leluasa untuk mendesain rumah sesuai kebutuhan. Standard Chartered KTA akan mendampingi Anda dalam perjalanan untuk menuju target hunian idaman Anda.

Silakan ajukan secara online melalui KreditGoGo dan nikmati bonus cuma-cuma Powerbank Xiaomi 10400 mAh khusus untuk memaksimalkan smartphone Anda. Ajukan sekarang dan raih untung lebih banyak!

Baca juga:
Sebelum Dijual, Intip Dulu Cara Jitu Dongkrak Harga Jual Rumah
Renovasi Rumah Tapi Tak Punya Dana, Inilah Solusinya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama