Anti Bingung Seluk Beluk Tax Amnesty

Kebingungan merambati sebagian masyarakat mengenai kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Agar tak salah langkah, coba pelajari dulu serba-serbi berikut ini

Keresahan masyarakat pada penerapan kebijakan amnesti pajak dipicu karena adanya ancaman denda 200 persen jika tidak mengikuti program yang akan berakhir Maret 2017 ini. Sebagian masyarakat masih merasa bingung melaporkan hartanya.

Berikut ini adalah beberapa serba-serbi yang umum dan wajib Anda ketahui mengenai tax amnesty

Bayar Pajak

1. Harta Masih Cicil, Ini cara Ikut Tax Amnesty

Apabila Anda memiliki sejumlah harta atau aset yang masih dicicil Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama menjabarkan mekanisme terkait hal tersebut dalam bentuk simulasi.

Misalnya apartemen yang masih dalam masa cicilan dengan harga Rp2 miliar, bisa Anda cantumkan besaran harga apartemen tersebut. Utang atau cicilan yang selama ini Anda bayarkan, juga harus dicantumkan dalam SPT. Nantinya, ini akan menjadi pengurang basis pengenaan pajak.

Jadi masukkan nilai total harga apartemen itu, di kolom utang cantumkan sebesar nilai harga beli. Kemudian di bagian utang, cantumkan sebesar nilai pokok yang masih tersisa.

Contoh lain, misalnya, Anda memiliki kendaraan dengan harga Rp1 miliar namun masih dalam tahap mencicil. Anda dapat mencantumkan sesuai dengan harga beli. Tetapi, WP hanya diperkenankan mengurangi sebanyak 50 persen dari yang bisa dijadikan utang.

Jadi kalau misalnya kendaraan harga Rp1 miliar, di bagian utang dimasukkan maksimal hanya Rp500 juta. Nanti basis pengenaan uang tebusan dilihat dari situ.

Tax amnesty maupun pembetulan SPT, bersifat self assessment. Artinya, seluruh harta tambahan yang selama ini belum dilaporkan, baik itu berbentuk aset atau simpanan yang belum dikenai pajak, sejatinya harus dilaporkan .

SPT Pajak

2. Perhitungan Uang Tebusan Tax Amnesty

Perhitungan uang tebusan diatur dalam Pasal 8 PMK 118. Yaitu tarif dikalikan harta bersih. Untuk Menghitung harta bersih, harta tambahan dikurangi utang terkait perolehan harta tambahan dan belum dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) PPh terakhir.

Harta selain kas dilaporkan sesuai harga wajar menurut perhitungan Wajib Pajak sendiri, dan jika dalam mata uang asing, harus dikonversi ke rupiah dengan kurs Menteri Keuangan pada akhir tahun pajak terakhir.

Sedangkan menghitung besaran nilai utang yang berkaitan secara langsung dengan perolehan harta tambahan dapat dikurangkan paling banyak 75 persen dari harta tambahan untuk WP Badan, dan bagi WP Orang Pribadi, utang yang dapat dikurangkan paling banyak 50 persen.

3. Cara Membayar Uang Tebusan Tax Amnesty

Lalu bagaimanakah cara pembayaran uang tebusan tax amnesty? Di Bab VI Pasal 15 diatur mengenai hal tersebut.

1.Uang tebusan harus dibayar lunas ke kas negara melalui Bank Persepsi.

2.Uang tebusan di administrasikan sebagai pajak penghasilan non migas lainnya.

3.Pembayaran uang tebusan dilakukan dengan menggunakan kode akun pajak 411129 dan kode jenis setoran 512.

4.Pembayaran uang tebusan menggunakan surat setoran pajak dan bukti penerimaan negara yang berfungsi sebagai bukti pembayaran uang tebusan setelah mendapatkan validasi.

5.Surat setoran pajak, dan atau bukti penerimaan negara dinyatakan sah dalam hal telah divalidasi dengan nomor transaksi penerimaan negara yang diterbitkan melalui modul penerimaan negara.

6.Dalam hal terjadi kesalahan penulisan kode akun pajak, dan atau kode jenis setoran pada surat setoran pajak atau bukti penerimaan negara, Direktur Jenderal Pajak atas permintaan WP melakukan pemindahbukuan ke kode akun pajak dan kode jenis setoran.

Tax Amnesty

Dapatkan Informasi Keuangan Lainnya

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui sebelum mengikuti tax amnesty. Jadi apakah Anda sudah mengikuti tax amnesty? Jika belum baca dahulu informasi lainnya mengenai tax amnesty di KreditGoGo.

Ada juga beragam informasi lainnya mengenai keuangan dan Anda juga bisa membandingkan berbagai produk keuangan untuk kebutuhan finansial. Silakan kunjungi KreditGoGo dan dapatkan kejutan istimewa jika Anda mengajukan kartu kredit ataupun pinjaman!

Baca juga:
Dana Tax Amnesty, Pengaruhi Perkembangan Properti hingga Investasi
Ini Untungnya Wajib Pajak Ikut Tax Amnesty

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama