OJK: Ada Tax Amnesty, Siap-Siap Bunga Kredit Turun

Kebijakan Tax Amnesty alias pengampunan pajak akan memicu turunnya suku bunga kredit. Kredit konsumtif dan ritel seperti KPR dan Kredit Mobil dan Motor menjadi lebih ringan.

Tax Amnesty alias pengampunan pajak dapat mendorong penurunan tingkat suku bunga simpanan dan kredit perbankan. Kinerja perbankan akan lebih positif. Kemampuan bayar yang lebih baik dapat mendorong penurunan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL).

Undang-undang Tax Amnesty alias pengampunan pajak yang mulai diberlakukan, dan diprediksi mendatangkan dana segar ke dalam negeri dalam jumlah besar. Setiap pertambahan dana masuk ke industri keuangan adalah positif untuk industri jasa keuangan dan perekonomian.

“Artinya likuiditas di industri semakin likuid. Kalau semakin likuid suku bunga bisa turun, nantinya cost perekonomian juga semakin positif," kata Nelson Tampubolon, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bidang Perbankan.

Suku bunga rendah

Kredit Di Bank Lebih Ringan

Apabila suku bunga lebih rendah akan berdampak pada meningkatnya kemampuan masyarakat membayar kewajiban atau cicilan kreditnya di bank. Kemampuan bayar yang lebih baik dapat mendorong penurunan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL).

Akibat perlambatan ekonomi beberapa tahun belakangan ini, ditambah berkurangnya belanja masyarakat, membuat perbankan mengerem penyaluran kreditnya, dengan harapan dapat menurunkan NPL.

Alih-alih menurunkan NPL, laju kredit yang lambat justru membuat roda perekonomian pun berjalan lambat dan malah membuat NPL naik. Naiknya likuiditas industri keuangan lewat kebijakan pengampunan pajak, diharapkan dapat mendorong peningkatan penyaluran kredit oleh perbankan.

Data OJK, hingga Mei 2016, tercatat ada Rp126,61 triliun kredit yang bermasalah, dari total penyaluran kredit perbankan yang mencapai Rp4.100 triliun. Artinya rasio kredit bermasalah hingga Mei 2016 telah menyentuh angka 3,08%. Bandingkan dengan rasio kredit bermasalah akhir tahun lalu, yang hanya sekitar 2,4%.

Produk Bank yang Bisa Dimanfaatkan

Ada banyak produk bank yang bisa dimanfaatkan apabila suku bunga turun. Berikut ini adalan macam-macam produk bank untuk menjadi referensi Anda.

Bunga KPR

1. KPR

Penurunan suku bunga diharapkan segera diikuti pemangkasan bunga bank untuk kredit ritel; consumer termasuk KPR. Bunga rendah bisa menggairahkan kembali sektor properti. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyatakan, bunga kredit komersial dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan turun menuju single digit pada Oktober 2016.

Produk KPR dengan suku bunga fluktuatif (floating interest rate) memiliki keuntungan apabila terjadi penurunan suku bunga. Sehingga apabila memang terjadi penurunan, maka yang harus dibayar pada periode angsuran itu juga akan menjadi lebih rendah daripada periode sebelumnya.

Selain itu, Bank konvesional yang menerapkan sistem KPR fluktuatif biasanya menawarkan promosi dengan bentuk suku bunga tetap untuk 2-5 tahun pertama. Untuk kisaran tahunnya Anda harus menanyakan kembali detailnya ke bank terkait.

Bunga kredit mobil

2. Kredit Mobil dan Motor

Penurunan suku bunga juga berpengaruh pada kredit konsumtif terutama otomotif seperti sepeda motor dan mobil. Perubahan suku bunga akan mempengaruhi suku bunga bank dan perusahaan pembiayaan, yang nantinya berdampak pada perubahan suku bunga kredit mobil.

Apabila suku bunga kredit turun, cicilan kredit mobil dan motor akan lebih murah. Biasanya sejumlah produsen mobil siap menawarkan program cicilan mobil murah. Jadi jangan lewatkan momen ini untuk menganti mobil lama ataupun membeli mobil baru.

bunga kredit rumah

3. Kredit Multiguna

Kredit Multiguna adalah kredit pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau sertifikat rumah sebagai Kredit Dengan Agunan. Dapatkan layanan khusus seperti pinjaman uang cepat untuk beragam kebutuhan seperti modal usaha.

Penurunan suku bunga dapat membuat cicilan pinjaman menjadi lebih ringan, penggunaan dana lebih maksimal dan bisnis dapat berjalan dengan baik karena pengelolaan keuangan semakin mudah dengan cicilan pinjaman yang ringan.

Pengajuan KPR

Menemukan Produk Kredit Bank yang Tepat

Ketika ingin memilih produk kredit dari bank-bank terbaik di Indonesia sering kali Anda bingung untuk menentukan mana produk yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberikan keuntungan. Anda hanya perlu kesatu tempat untuk memperoleh semua itu.

KreditGoGo adalah tempat yang tepat untuk Anda mencari dan membandingkan berbagai produk kredit bank terbaik di Indonesia. Mulai dari produk kredit tanpa agunana (KTA), kredit pemilikan rumah (KPR), kredit mobil dan motor, kredit multiguna, dan produk bank lainnya.

Mengajukan kredit melalui KreditGoGo banyak keuntungan yang bisa didapat. Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk sebuah hadiah menarik apabila pengajuan disetujui, sejumlah voucher belanja dapat didapatkan secara gratis. Jadi tunggu apalagi, ayo ajukan dan raih untung lebih banyak!

Baca juga:
Kini Kredit Rumah Lebih Murah, Bunga KPR BTN Turun Jadi 9,5 %
OJK: Kini DP Kredit Kendaraan Bermotor 0%

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama