Oleh-oleh Populer Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya

Usai mudik warga Jakarta akan kembali dan biasanya sekarang mereka berburu oleh-oleh. Berikut ini tempat oleh-oleh populer di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Setelah Lebaran usai para pemudik akan kembali ke Jakarta. Selain bersilaturahmi, mengunjungi obyek-obyek wisata, yang biasanya dilakukan adalah membeli oleh-oleh. Bisa dipastikan tempat oleh-oleh akan dibanjiri pembeli.

Dari beberapa daerah yang paling banyak didatangi, ada beberapa tempat lengkap atau membeli oleh-oleh khas daerah. Berikut ini beberapa pusat oleh-oleh memudahkan Anda memlih buah tangan.

Bandung

Rumah Sosis

Dari namanya Anda pasti sudah tahu kalau toko itu menjual makanan sosis. Uniknya di sini Anda bisa menemukan berbagai rasa seperti beef garlic, beef bockwurst, cheesy super, black pepper, mini bockwurst, mini cheese, big bockwurst dan lainnya. Rumah Sosis berada di Jl Setiabudi 295. Sosis bisa juga dijadikan oleh-oleh,  Anda bisa  meminta yang mentah dan diolah di rumah.

Batagor Riri

Batagor Riri juga masih menjadi favorit banyak warga Jakarta saat berada di Bandung. Hal ini terbukti dengan banyak wisatawan ibu kota datang menikmati batagor.Salah satu tempatnya terletak di Jl Burangrang no 41 yang menyediakan jenis batagor kering dan basah. Batagor kering digoreng dan dimakan dengan bumbu kacang. Sedangkan kalau batagor basah mirip bakso yang diberi kuah dengan tambahan somai. Dua variasi sama-sama lezat. Di sini juga disediakan paket oleh-oleh yang dapat dibawa pengunjung pulang. 

Kartika Sari

Nah bagi warga Jakarta yang kerap mengunjungi Bandung pasti kenal toko yang satu ini. Ya,  Kartika Sari menjual berbagai oleh-oleh dari Bandung. Favorit sejak dahulu adalah Pisag Bollen, dengan variasi varian, ada pisang bollen keju, peuyeum bollen, pisang bollen cokelat, dan kacang hijau bollen. Di sini Anda akan senang karena menemukan berbagai keripik dan makanan khas Bandung lainnya. leasti anda akan ketagihan dengan rasanya. Kartika Sari memiliki banyak cabang, di antaranya Jl  H Akbar (Kebon Kawung) no 4,  Jl  Kebon Jukut no 3C (Antapani),  Jl Terusan Jakarta (Antapani) No. 77E dan lainnya.

Yogyakarta

Bakpia Pathok

Seperti kota lainnya, Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Ada banyak oleh-oleh khas di sana. Salah satunya bakpia ini berasal dari daerah Pathuk, Jogja. Terbuat dari adonan terigu, dipanggang, dan diberi macam isi seperti rasa kacang hijau, keju, cokelat,susu, dan lainnya. Salah satu paling favorit adalah Bakpia Kurnia Sari yang terletak di Jalan Glagahsari no 91C. Bakpianya terasa lembut dan enak.

Cokelat Monggo

Ini merupakan colelat Yogyakarta yang diracik seorang pria dari Belgia bernama Thiery Detournay. Cokelat ini memiliki cita rasa unik, dan mirip cokleat Belgia. Cokelat Monggo mempunyai variasi, mulai dari dark, praline, hingga red chili, orange, dan lainnya. Seluruh varian produk Coklat Monggo ini dibuat dengan bahan baku biji coklat asli Indonesia.

Pengunjung bisa datang ke daerah Kotagede, tepatnya di Jl Dalem KG III/978, Purbayan Kotagede, Yogyakarta.

Surabaya

Almond Crispy

Almond Crispy menjadi oleh-oleh yang sedang menjadi tren di Surabya. Jajanan ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, keju, dan almond sebagai topping. Rasanya begitu lezat dan banyak disukai banyak orang. Almond Crispy terdiri dari tiga varian rasa utama yaitu original cheese, cokelat, dan grean tea. Salah satu produsen almond crispy yang populer di Surabaya adalah Wisata Rasa yang terletak di Jalan Raya Jemursari No 164.

Sambal Udang Bu Rudy

Bagi pecinta pedas mungkin sudah mendengar Sambal Udang Bu Rudy. Sambalnya sangat khas, lezat, dan super pedas. Saat berada di Kota Pelajar ini bisa datang langsung ke Jalan Dharmahusada 140. Di sini, pengunjung bisa memilih beragam sambal, mulai dari Anda bebas dari sambal udang, sambal bawang, hingga sambal bajak. Selain itu Anda juga bisa membeli bahan lauk seperti bandeng presto, bandeng asap, udang dan ikan crispy.

Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno merupakan pengembangan bisnis Keluarga Santoso. Pada tahun 1976, spikoe buatan Nyonya Santoso begitu terkenal namun sempat tutup 1982 dan buka kembali 2002. Kue ini terdiri dari tiga lapis kuning, cokelat, dan kuning dengan rasa manis, lembut, dan lezat. Spikoe Resep Kuno dapat ditemui di Jalan Rungkut Madya 41.

Nah bila kebetulan sedang berada di daerah tersebut Anda hanya perlu datang untuk membeli oleh-oleh paling populer dan lezat ini.

Baca juga:

5 Destinasi Terpopuler untuk Libur Lebaran

Wisata Religi untuk Momen Libur Idul Fitri

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama