Ngabuburit di Tempat Ini, Yuk!

Ngabuburit adalah salah satu hal yang ditunggu setiap bulan Ramadhan. Tapi tahukah Anda bahwa kegiatan menunggu adzan Maghrib ini dapat menjebak Anda untuk bertindak konsumtif? Perhatikan tulisan berikut untuk menghindarinya.

pilih tempat ngabuburit

batasi uang tunai yang anda bawa

hati hati menggunakan kartu - kartu anda

Ngabuburit yang berasal dari bahasa Sunda mempunyai makna sebagai istilah yang dipakai untuk kegiatan menunggu sore. Namun, ketika melihat KBBI, kata ngabuburit mempunyai arti yang lain, yaitu menunggu adzan Maghrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan.

Ngabuburit bisa dimana saja

Itu juga merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang berpuasa. Seakan ada sensasi tersendiri ketika menghabiskan waktu hingga waktu berbuka. Banyak hal yang kita lakukan dalam kegiatan itu, dimulai dari menonton film, bermain game, berolahraga ringan, membaca Al-Qur’an, sampai dengan jalan-jalan ke mall. Bagi karyawan, tentu puasa akan lebih banyak dihabiskan di kantor.

Sementara itu, bagi ibu rumah tangga waktunya akan banyak tersita untuk mengurus keperluan dapur. Bagi pelajar akan banyak menghabiskan waktu dengan bermain dengan teman sebayanya. 

Biasanya nih, kegiatan ngabuburit itu dekat dengan uang. Ya, ini berlaku bagi Anda yang doyan pergi ke pusat perbelanjaan. Selain nyaman, di mall Anda akan mendapatkan suasana adem berkat air conditioner, dan tentunya banyak barang-barang yang bisa dilihat, atau dibeli. Wah, jangan-jangan nanti malah jebol isi dompet kalau ngabuburit ke mall. Tidak juga kok. Kami mempunyai tips yang berguna bagi Anda yang senang menghabiskan waktu sore hingga saat berbuka di pusat perbelanjaan.

Pilih tempat ngabuburit

Tempat menjadi fokus utama Anda ketika hendak ngabuburit. Jika Anda bekerja di perkantoran, dan selalu memilih untuk berbuka puasa di luar. Maka Anda akan ngabuburit di luar kantor, tempat yang cocok bagi Anda untuk menghabiskan waktu adalah di toko buku di mall. Anda tidak perlu membeli, karena di Gramedia sudah disediakan satu sample buku yang dapat Anda baca dengan gratis.

Toko buku tak ubahnya dengan sebuah perpustakaan. Pada umumnya orang tidak akan peduli seberapa lama Anda duduk dan membaca, sepanjang Anda tidak berisik. Jika Anda memutuskan untuk membelinya, dapat dipastikan bahwa buku itu tidak akan membuat kantong Anda jebol, malah apabila buku tersebut memiliki kesamaan dengan pekerjaan Anda, maka bukan tidak mungkin justru dompet Anda akan makin tebal.

Itu akan berbeda jika sedang berada di toko baju. Sudah tentu bahwa harganya akan melebihi sebuah buku. Dan yang pasti dapat memperbesar risiko kantong Anda tipis. Jadi, pilihlah tempat menunggu waktu berbuka yan tepat, karena tempat macam apa yang di datangi akan menentukan cepat tidaknya isi kantong Anda terkuras.

Batasi Uang Tunai yang Anda bawa

Buat apa juga Anda membawa uang belasan juta dalam dompet pas bulan puasa. Justru Anda akan lebih tergoda untuk menghabiskannya, jadi lebih baikdi simpan saja uangnya di bank, atau di

investasikan. Selain itu, jika disimpan di lembaga keuangan, itu akan meminimalisir aksi kriminal di jalan. Jangan sampai berpikir bahwa bulan Ramadhan para penjahat akan tobat dan faktor keamanan terjaga. Lah, orang mereka juga manusia, punya keluarga, dan pingin merayakan lebaran. Jadi, batasilah uang tunai Anda, jangan simpan semua dalam bentuk tunai, yang ada malah bersikap boros tak terkendali.

Hati-hati menggunakan kartu-kartu Anda

Apa Anda seseorang yang kecanduan kartu kredit atau ATM? Anda punya berapa sih? Kedua-keduanya memang mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk membayar belanjaan Anda, dan mengambil uang. Dengan banyaknya kartu yang dimiliki Anda, bukan berarti harus dipakai semuanya, atau habis dalam satu bulan.

Apakah Anda pernah mendengar kisah seseorang yang dulunya kaya raya, makmur, tapi setelah kenal kartu kredit, ia menjadi jatuh miskin karena tidak bisa mengendalikan nafsunya yang senang berbelanja, dan tak bisa mengatur pengeluarannya. Menurut sebagian orang, dengan banyaknya kartu yang dimiliki dianggap bisa menaikkan gengsi mereka. Padahal, dengan menggunakan kartu gesek, berarti Anda sudah siap berhutang. Terlebih di bulan Ramadhan ini Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk berbagai kebutuhan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama