Menikmati Mie Instan Dengan Cara Kekinian

Makan mie instan kini sudah tidak melulu hanya kuah dan goreng. Banyak kreasi masakan berbahan dasar mie instan kini merajalela, mulai dari warung kecil-kecilan hingga kafe.

Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, mie instan telah menjadi salah satu bahan pangan utama. 

Terutama untuk para anak-anak kos yang setiap bulannya harus mengirit anggaran agar tetap survive selama menuntut ilmu di tanah orang dengan uang kiriman orang tua yang mepet. 

Meski harganya murah, bukan berarti mie instan adalah pilihan terakhir. Bahkan bagi sebagian orang, makan mie instan adalah berkah. 

Rasanya yang beraneka ragam kadang lebih enak ketimbang masakan resto kelas menengah.

Mie Goreng Spesial

Dengan semakin berkembangnya zaman, makan mie instan pun tidak hanya melulu mie dan kuah saja, atau mie saja bila yang dipilih adalah mie instan goreng. 

Kini ada banyak cara untuk menikmati sebungkus mie instan. Apa saja? 


1. Dijadikan Ramen

Konon ada yang bilang, mie instan itu lebih enak dibandingkan Ramen Jepang. 

Benar tidaknya mungkin hanya diketahui oleh mereka yang sudah pernah ke negeri matahari terbit tersebut dan mencicipi Ramen. 

Tapi tidak ada salahnya menjadikan hidangan Ramen sebagai inspirasi baru menikmati mie instan. 

Caranya dengan mencampurkan bahan-bahan Ramen pada semangkuk mie instan kuah, seperti rumput laut dan fishcake beku. Mudah, bukan?

Mie unik

2. Internet (Indomie Telur Kornet)

Meski sudah lama dikenal, masih jarang orang yang mengaplikasikan internet pada mie instan buatannya. Siapkan mie instan varian goreng. 

Masak seperti biasa hingga selesai. Setelah itu, tambahkan telur mata sapi dan gorengan kornet. Untuk menambah selera, taburkan bawang goreng dan kerupuk yang dijadikan remah-remah kecil.

Indomie telur kornet

3. Mie Keju Kuah Susu

Inovasi resep yang menarik lainnya untuk menyantap mie instan adalah menggunakan susu sebagai kuahnya. Tinggal rebus mie tanpa bumbu dan minyak, tunggu hingga setengah matang. 

Setelah itu masukkan susu UHT putih. Sementara itu, siapkan bumbu-bumbu mie secara terpisah di mangkok. Masukkan mangkok setelah matang. Ditambah keju, makin asik!

4. Mie Sup Krim Jagung

Sup krim jagung ternyata juga cocok bila dicampur dengan mie instan. Yang harus disiapkan adalah mie instan dan suk krim jagung kalengan. 

Pertama, masak mie tanpa memakai bumbu. Setelah matang, tiriskan dan potong kecil-kecil dengan menggunakan gunting. 

Kemudian masak sup krim jagung kalengan seperti biasa. Bila sudah hampir matang, masukkan potongan-potongan mie instan tadi ke dalam sup. 

Aduk sampai rata dan matang. Cocok untuk disajikan di sore hari, saat sedang hujan.

Ternyata Mie Instan Made in Japan!

Beruntunglah manusia dengan diciptakannya mie instan. Penganan dalam bungkus kecil dengan sejuta kenikmatan. 

Ternyata makanan ini adalah hasil ciptakan orang Jepang bernama Momofuku Ando, sang pendiri Nissin Foods dan inovator mie instan. 

Setelah dinyatakan kalah Perang Dunia II, Jepang berada dalam masa-masa kelam. Semua orang kesulitan mencukupi kebutuhan pangan. 

Ando pun tergerak untuk menyediakan makanan yang disukai orang Jepang, yaitu mie, dengan harga yang murah dan proses pembuatan mudah.

Akhirnya, terciptalah mie instan dalam bungkusan, plus bumbu-bumbu yang menghadirkan sejuta kenikmatan. 

Sejak pertama kali ditemukan tahun 1958, mie instan merupakan sebuah tradisi, sekaligus sejarah yang terus bertahan selama 58 tahun lamanya, bahkan mungkin akan terus bertahan hingga puluhan dekade lagi. 

Sesuai dengan cita-cita Ando yang menciptakan produk ini bagi mereka yang berkekurangan, mie instan akan selalu menjadi makanan yang enak, murah, dan bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat.

Inovasi Momofuku Ando untuk mie instan tidak berhenti sampai di situ. Di tahun 1970, ketika ia pergi ke Amerika untuk mengurus ekspor mie instan, dia melihat bahwa orang-orang di sana lebih suka menikmatinya dalam gelas. 

Dari situ, tercetus sebuah ide untuk membuat cup noodle, atau mie dalam gelas yang menjadi tren hingga puluhan tahun ke depan.

Alternatif Menikmati Mie Instan Tanpa Khawatir Berlebihan

Untuk yang masih khawatir, ada satu cara terbaik memastikan bahwa mie yang disantap aman bagi kesehatan. Cobalah dengan merebus mie dua kali, buang air rebusan yang pertama dan konsumsi air rebusan kedua. 

Selain itu, keamanan mengonsumsi mie instan juga telah dijamin oleh BPOM yang memberikan ijin pemasaran. 

Kalau pun makanan ini berbahaya, pasti sudah dari dulu BPOM melarang peredarannya, bukan? 

Jadi, atur saja jarak yang aman untuk makan mie instan dan imbangi dengan bahan makanan lain seperti sayuran hijau.

Melirik Usaha Warung Mie Instan Kekinian

Tidak hanya bikin kenyang, mie instan juga mendatangkan rejeki. Tercatat, ada banyak usaha yang mengandalkan produk tersebut sebagai bahan utamanya. 

Dengan dibumbui ide dan kreasi yang segar, kini ada beberapa warung mie instan yang meng-Indonesia dan menjadi tujuan wisata kuliner.

Warung Upnormal

1. Warunk Upnormal

Di sini, mie instan dikembangkan menjadi menu trendi dan gaul buat generasi muda. Dipadu dengan suasana dan menu-menu lain ala kafe, Warunk Upnormal membuat mie instan biasa menjadi luar biasa. Dimulai di Bandung, Warunk Upnormal sudah buka di beberapa kota besar di Indonesia. Jadi kalau penasaran, langsung saja mampir ke salah satu cabangnya.

Mix Diner & Florist

2. Mix Diner & Florist

Selama ini cuma bisa tergiur dengan tampilan menu yang terpampang di bungkus mie instan? Wujudkan impian tersebut dengan menikmatinya di Mix Diner & Florist. 

Di sini, mie instan dibuat mirip dengan tampilan yang ada pada bungkusnya.

Rekomendasi Usaha Membuat Warung Mie Instan Kekinian

Mie instan hanyalah mie biasa dalam bungkus yang dijual dengan harga tak lebih dari tiga ribuan. Namun dari bungkus-bungkus tersebut, ada peluang bisnis yang sangat luas bila dikelola dengan benar. Anda bisa memiliki ruang manuver bisnis yang lebih lebar dengan modal besar. 

Bila merasa bahwa ini adalah saat yang tepat untuk melebarkan sayap, segera ajukan program kredit pinjaman.

Untuk kemudahan dalam pengajuan kredit pinjaman, tanpa khawatir tidak bisa tidur karena menunggu proses persetujuan, pertimbangkan untuk memiliki HSBC Personal Loan

Dengan plafon mulai Rp5 juta hingga Rp125 juta, mimpi untuk menjadi pengusaha sukses mengembangkan aneka olahan mie instan bisa diwujudkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih penawaran KTA dari Standard Chartered Bank. Dengan suku bunga flat dan tenor hingga 60 bulan, plafon yang ditawarkan mencapai Rp300 juta. 

Bakal menjadi suntikan modal dan semangat untuk mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi.

Percayalah bahwa dari sebungkus mie instan, setiap orang bisa menjadi jagoan.

#PeluangUsaha

Baca juga: 
Trik Belanja Hemat Hindari Makanan Terbuang
Restoran-restoran di Jakarta dengan Menu Bacon Terenak

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Astina Puspasari

    Sumpah, yang di Warung UpNormal emang enak banget! Nongkrong bisa lama, wifi kenceng, banyak yg bening2 jugaa hehehehe

    Reply