Mengangkut Rupiah dengan Food Truck

Saat ini truk tak lagi hanya digunakan untuk mengangkut pasir, kendaraan ini bahkan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dan disukai banyak orang.

Apa yang pertama kali terbayang di benak Anda ketika mendengar kata “truk”? Apakah sesosok benda besar yang sering digunakan untuk mengangkut pasir? Atau mungkin Anda langsung terbayang pada sosok Transformers, tokoh animasi yang sangat terkenal dari Hollywood?

Seperti yang sudah kita ketahui, truk di Indonesia identik sebagai sebuah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang-barang berat, mulai dari paku bumi, traktor, pasir, semen, kayu, mobil, motor, sampai ke bahan-bahan sembako. Kendaraan ini memang dikhususkan untuk mengangkut barang-barang tersebut. Namun, pernahkan Anda membayangkan truk-truk tersebut berada di sebuah pelataran mall dengan berbagai desain yang unik dan dikerumuni banyak pengunjung? Pasti sangat sulit untuk membayangkan hal tersebut. Bagaimana bisa sebuah truk pengangkut menarik hati banyak pengunjung?

Bagi Anda yang pernah tinggal di wilayah Amerika, atau mungkin menonton beberapa film Hollywood seperti Cheff, pasti bisa langsung membayangkan wujud truk yang dimaksudkan tersebut. Truk-truk itu dikenal dengan sebutan Food Truck.

Apa itu Food Truck?

Food Truck merupakan sebuah truk yang digunakan untuk menjual aneka macam makanan dan minuman. Truk ini sudah populer sejak abad ke 19 di kawasan Amerika Serikat. Pada saat itu terjadi perang saudara di Texas yang mengakibatkan pasokan makanan di daerah tersebut sulit untuk didapatkan. Untuk menyiasati hal tersebut, maka dibuatlah suatu kendaraan besar yang bisa digunakan untuk mengangkut berbagai bahan makanan dengan mudah. Belakangan, ide kendaraan ini semakin berkembang pesat, termasuk di Indonesia.

Trend Food Truck di Indonesia mulai berkembang sejak tahun 2013. Pada saat itu mulai bermunculan berbagai acara yang menampilkan truk sebagai gerai penjual makanan. Tentunya hal ini sangat menarik banyak pengunjung yang penasaran dengan truk-truk tersebut. Terlebih lagi hal ini merupakan hal baru yang ada di Indonesia.

Industri kuliner di Indonesia memang merupakan salah satu ladang bisnis yang sangat menjajikan, apalagi jika disertai dengan berbagai ide kreatif yang menunjang perkembangan industri ini, seperti halnya dengan Food Truck. Trend ini cepat sekali berkembang di Indonesia, truk-truk yang didesain dengan menarik ini hampir selalu ada di setiap acara atau mall-mall besar di ibukota.

Para truk cantik ini sangat menarik hati para pengunjung. Ini dekarenakan desainnya yang sangat unik. Food Truck yang berada di Indonesia memiliki desain warna dan bentuk yang menarik, mirip seperti yang terdapat pada pada film-film Hollywood.

Keuntungan yang Ditawarkan

Jenis truk yang satu ini merupakan ladang bisnis baru yang sangat menjanjikan di Indonesia. Mengapa? Karena untuk berinvestasi Food Truck Anda tidak membutuhkan dana yang besar seperti ketika hendak menyewa sebuah restoran. Dengan budget sebesar 500 juta, Anda bisa memiliki satu unit Food Truck lengkap dengan desainnya yang menarik. Selain keuungulan dari sisi budgeting, Food Truck juga dinilai lebih efisien dibandingkan sebuah restoran. Anda dapat menguasai berbagai wilayah untuk menjual barang dagangan Anda hanya dengan satu truk saja. Hal ini didasarkan karena Food Truck bersifat mobile, sehingga Anda bisa berpindah-pindah tempat dalam waktu yang cepat.

Selain itu, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh satu unit Food Truck hanya berkisar empat sampai lima orang, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk menggaji pegawai. Unit kendaraan Food Truck ini pun dapat Anda jual kembali sama halnya ketika Anda hendak menjual kendaraan pribadi. Hal yang paling menguntungkan lagi, Anda dapat menyicil satu unit Food Truck seperti Anda menyicil kendaraan bermotor lainnya.

Omzet Besar Setiap Bulan

Biasanya Food Truck digunakan untuk menjual berbagai produk makanan, mulai dari pizza, taco, hot dog, bakso, hamburger, dan juga berbagai jenis makanan lainnya. Seperti halnya Food Truck yang bernama Loco Mama, dengan harga makanan yang dibanderol seharga Rpp 20.000-Rp55.000 per porsi, truk ini bisa mengantongi omzet sebesar Rp 100juta per bulan.

Bayangkan jika Anda bisa mengantongi omzet sebanyak itu dalam kurun waktu setahun, tentunya Anda bisa membeli beberapa unit Food Truck yang baru dari keuntungan tersebut. Nantinya, Food Truck tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan usaha Anda lainnya.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama