Makanan Terenak di Dunia Ternyata Ada di Penjara, Lho!

Rasanya tidak berlebihan kalau ini adalah kumpulan makanan terenak yang pernah dimakan, karena setelahnya mereka akan meninggalkan dunia.

  1. coklat seharga 800 dollar
  2. seafood berupa kiloan
  3. 2 steik ayam jumbo, 3 cheeseburger,pizza,es krim
  4. lele goreng dan taco

Tentu Anda akan ngiler seketika melihat makanan lezat atau minuman menyegarkan pada saat bulan puasa. Tapi bagaimana jika itu merupakan makan terakhir Anda sebelum mati? Apakah Anda akan tetap mempunyai untuk memakannya atau nafsu Anda akan hilang setelah tahu beberapa jam setelahnya Anda akan disuntik mati? Tidak bagi para terpidana mati yang ada di Amerika Serikat ini. Mereka tak segan-segan memesan last meal yang sungguh menggoda lidah. Beberapa orang pun mengkategorikannya sebagai makanan terenak di dunia.Ah, masa sih? Tidak percaya? mari kita cek pembahasannya berikut ini.

Coklat seharga 800 dollar

Banyak dari mereka yang memutuskan untuk memakan daging yang berlemak, makanan goreng dan es krim dengan ukuran mangkuk raksasa. Ada juga yang lain, mereka memilih untuk meminta sandwich buatan sendiri atau hanya secangkir kopi sederhana. 

Berita ini datang dari Florida setelah penjara setempat mengeksekusi mati seorang kriminal bernama William Happ. Dalam daftar permintaan terakhirnya ia meminta sebuah kotak besar dari berbagai macam cokelat diikuti dengan satu bak penuh es krim rasa coklat raksasa. Disinyalir itu menghabiskan biaya sekitar $ 800 atau sekitar Rp.9.200 .000.

 Ia sendiri dieksekusi dengan menggunakan suntik mati, setelah berada dalam tahan kurang lebih 28 tahun lamanya. Dia divonis setelah terbukti bersalah ketika menculik, memperkosa, dan membunuh wanita bernama Angela Crowley pada tahun 1986. 

Seafood berjumlah kiloan

Menurut Orlando Sentinel, Happ tidak sendirian dalam membuat pilihan makanan terakhir yang tidak lazim ini. Allen Lee Davis yang membunuh seorang wanita hamil dan dua anak perempuannya pada tahun 1982 juga memilih untuk perjamuan terakhirnya dengan memesan 1 kg lobster, dengan estimasi harga Rp. 1 juta/kg. Kemudian kentang goreng, setengah kilo udang goreng, enam ons kerang goreng, setengah kilogram roti bawang putih dan bir jahe dalam jumlah yang banyak. 

Eksekusinya kala itu sangat menarik perhatian media nasional setelah ia mengalami pendarahan hebat yang keluar dari hidungnya saat disetrum. Davis menderita luka bakar di kepala, kaki, dan daerah selangkangan. ia merupakan narapidana terakhir yang dieksekusi oleh kursi listrik. Kenapa? Itu karena setelah tahun 2000, selepas kejadian itu pemerintah AS mulai mengganti hukuman mati dengan suntik mati.

2 steik ayam jumbo, 3 cheeseburger, pizza, es krim

Sementara itu, Lawrence Brewer, bisa dibilang terpidana mati yang paling rakus di antara yang lain. Tak tanggung-tanggung, lusinan makanan dan minuman ia pesan di hari terakhirnya berada di dunia. Ia bersama salah satu dari tiga orang yang dihukum karena membunuh pria berumur 49 tahun, dengan cara menyeretnya di belakang truk pickup mereka. Tindakannya memang sudah kelewat batas, sehingga ia layak mendapat ganjaran hukuman mati. 

Brewer meminta makanan ekstra besar yang terdiri dari dua steik ayam goreng dengan saus dan irisan bawang bombay, yang satu porsinya di Indonesia dapat menghabiskan sekitar Rp. 30.000. 3 cheeseburger daging, keju dadar dengan daging sapi, tomat, bawang, paprika dan jalapeños, semangkuk saus tomat, daging panggang dengan setengah sepotong roti putih, tiga fajitas, pizza, setengah liter es krim Blue Bell, kacang mentega dan tiga bir. 

Lele goreng dan taco

Tak hanya itu, makanan terakhir lain juga cenderung mencerminkan asal-usul geografis dari sang pembunuh. Misalnya, Arthur Rutherford. Dia memilih hidangan khas Amerika Selatan, yaitu, lele goreng, tomat hijau goreng, terong goreng, secangkir teh manis. Kalau di Indonesia, mungkin namanya nasi uduk, ya? Pria berumur 45 tahun tersebut membunuh seorang wanita veteran perang Vietnam dengan cara menenggelamkannya. 

Tak hanya Lele goreng, bahkan Taco, makanan asli Meksiko ini tampaknya cukup memilih makanan terakhir yang cukup populer bagi mereka yang terpidana mati, Clarence Hill. Timothy McVeigh, tersangka ini meminta dua liter es krim mint chocolate chip dengan hidangan telur, hamburger, kentang, susu, dan kopi. 

Kini last meal tidak diperbolehkan lebih dari 40 dollar

Namun demikian, setelah melewatkan beberapa dekade dengan kebiasaan membeli makanan tersebut di luar penjara. Sekarang, pemerintah Amerika Serikat memberlakukan sejumlah aturan baru tentang peraturan makanan yang harus dipesan para tahanan mati. Semua makanan tersebut harus disiapkan di dapur penjara dan biayanya harus tidak melebihi $ 40 atau sekitar 460.00 rupiah. Rokok dan alkohol juga sekarang telah dilarang. 

Sebelumnya para tahanan sering mati dalam keadaan dibawah pengaruh alkohol sebelum dieksekusi. Bahkan John Spenkelink, pembunuh pertama yang dieksekusi di Florida setelah Mahkamah Agung AS kembali memberlakukan hukuman mati pada tahun 1976, berbagi sebotol wiski Jack Daniel dengan pengawas penjara sebelum eksekusi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama