Mahalnya Harga Makanan Indonesia di Luar Negeri

Merasa gengsi dengan masakan negeri sendiri? Coba pikir ulang, di luar negeri harga makanan asal Indonesia dijual berkali-kali lipat dari harga di Indonesia.

Siapa yang masih berpikiran makanan Indonesia tidak keren? Ayo, segeralah rubah pemikiran tersebut. Karena pada kenyataannya, orang luar negeri sangat menyukai kuliner dari negeri kita. Bahkan, banyak orang yang menjualnya dengan harga sangat mahal di negara lain.

Siapa sangka makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari dan murah seperti sate, gado-gado, tempe ternyata sangat laku dan terkesan eksklusif di luar negeri. Menurut mereka masakan Indonesia bisa di katakan luar biasa mengingat proses pembuatannya yang cukup sulit.

Contoh, dalam proses pembuatan rendang, siapapun yang memasaknya tentu memerlukan begitu banyak jenis rempah-rempah yang semua bahannya rata-rata berasal dari Indonesia. Kalaupun ada di luar negeri, harganya sudah mahal karena tingginya biaya pengiriman. Karena itu, jangan heran kalau makanan asal negeri kita dianggap sangat mewah di negara lain.

Apa Saja Sih Makanan Indonesia Yang Mahal di Luar Negeri

Bagi yang penasaran, apa saja makanan Indonesia yang sangat mahal di luar negeri? Ini dia ulasannya.

1. Tempe

Siapa yang tidak kenal dengan makanan kaya protein yang satu ini. Jika di Indonesia harganya dijual sangat murah, yaitu sekitar Rp 3.000 per buah. Di negara lain, terutama Jerman banderolnya bisa melonjak hingga EUR 1,79 atau Rp 25.000 per buah (ukuran bata kecil).

Meski sangat mahal, ternyata minat masyarakat sana terhadap tempe sangat tinggi. Karena mereka sudah menerapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak makanan bergizi tinggi non daging seperti tempe.

Sate Ayam, Makanan Indonesia yang Mahal di Luar Negeri

2. Sate Ayam

Makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan, kemudian di bakar di atas bara arang dan disajikan dengan bumbu kacang atau kecap ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Sekarang masakan ini telah menjadi makanan yang dikenal secara luas di berbagai belahan dunia. Salah satunya di Jerman, di sana harga 10 tusuk sate dibanderol sebesar EUR 10 atau Rp 150.000. Sangat mahal, padahal di Indonesia harganya cuma sekitar Rp 15.000 dengan ukuran potongan daging yang besar-besar.

3. Gado-Gado

Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar makanan berbahan dasar sayuran yang diberi bumbu kacang ini. Selain rasanya yang nikmat, harga jualnya pun tidak mahal, sekitar Rp 12.000, sudah termasuk nasi dan minum.

Namun di Amerika Serikat, tepatnya di New York harga satu porsi gado-gado di sana kabarnya mencapai USD 10 atau Rp 110.000 belum termasuk minum lho!

4. Nasi Goreng

Siapa sih yang tidak kenal masakan yang satu ini. Jangankan orang Indonesia, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saja mengaku sangat suka nasi goreng.

Makanan berupa nasi yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, sambal cabai, lada dan tambahan kecap manis serta bahan-bahan lain seperti ayam, telur dan kerupuk memang dikenal memiliki citarasa yang nikmat.

Di Indonesia, harga satu porsi nasi goreng lengkap dengan telur dan suiran ayam biasanya dijual seharga Rp 10.000. Bagaimana dengan di negara lain? Kalau mengambil contoh dari Amerika Serikat, harga seporsi makanan ini bisa mencapai USD 10 atau Rp 110.000 lho! Mahal bukan?

5. Pisang Goreng

Hampir tidak ada gorengan yang dijual mahal di Indonesia, termasuk pisang goreng. Di sini, harga penganan berbahan dasar buah pisang yang digoreng setelah direndam di adonan terigu cair itu mungkin cuma Rp 1.000 per potong.

Namun, di Belanda, harga satu potong pisang goreng bisa mencapai EUR 5 atau Rp 75.000! Dengan uang segitu, mungkin Anda sudah bisa membagi makanan tersebut untuk warga satu kampung.

Cintai Kuliner Negeri Sendiri

Sekarang sudah tahu kan kalau ternyata makanan Indonesia dijual sangat mahal di luar negeri? Jadi, buat apa merasa gengsi untuk tidak menyantap masakan asal Tanah Air kita sendiri, toh orang-orang dari negara lain nyatanya sangat menggandrunginya. 

Selain kaya bumbu dan lebih nikmat, biaya pembuatannya pun lebih murah. Karena itu, yuk mulai cintai makanan dari Indonesia!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama