Kota-Kota Menarik Untuk Wisata Kuliner di Indonesia

Bila sedang jalan-jalan ke luar kota, jangan cuma mengunjungi tempat wisata saja. Sekali-sekali, berkelilinglah untuk wisata kuliner untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut. Dijamin, tidak akan menyesal!

Ketika sedang berlibur ke daerah lain, tidak pas rasanya kalau kita tidak mencoba penganan khas di sana. Beberapa kota di Indonesia bahkan bisa disebut sebagai surganya makanan karena kekayaan jenis masakan di sana. Karena itu, sayang sekali kalau jalan-jalan Anda ke sana tidak diselingi oleh wisata kuliner.

Indonesia memang begitu kaya dengan kekayaan makanan daerahnya. Ribuan, bahkan puluhan ribu jenis masakan dengan citarasa berbeda tersebar dari Sabang sampai Merauke dan seakan sudah begitu melekat sebagai identitas bangsa.

Tidak hanya oleh warga lokal, banyak pelancong dari negara lain datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi ragam makanan khas negeri ini. Nah, bagi yang ingin berlibur sambil wisata kuliner seperti mereka. KreditGoGo sudah merangkum beberapa kota yang tepat untuk dijadikan destinasi Anda.

1. Bandung

Tidak cuma sentra berbelanja pakaian seperti tas, sepatu, kemeja, kaos, dan lainnya. Kota yang dikenal sebagai Paris Van Java ini juga begitu familiar sebagai surga kuliner. Coba saja datang ke beberapa wilayah seperti di Jalan Riau, Dago, Setiabudi, dan Lembang. Di sana dijamin Anda bisa menikmati berbagai makanan yang menggoda lidah.

Ada begitu banyak tempat nongkrong asyik di sana, salah satunya adalah Rumah Stroberi. Restoran khas sunda ini berada di daerah Lembang yang berudara sangat sejuk. Di sana terdapat kebun buah stroberi yang bisa dipertik langsung oleh para pengunjung. Dengan modal sebesar Rp 120.000, Anda sudah bisa mendapat paket nasi liwet dan buah hasil petikan seberat 600 gram.

Jika masih kurang, Anda bisa membayar uang sebanyak Rp 2.500 untuk memetik buah stoberi tambahan hingga 1 ons. Selain itu, cobalah datang tempat lain bernama The Valley, di sana kita bisa menikmati kota Bandung dari atas gedung. Menu andalan yang bisa kita coba di restoran Jepang itu adalah gurame goreng, sambal tempe, dan karedok dengan harga berkisar Rp 100.000-200.000.

Kota-Kota Untuk Wisata Kuliner di Indonesia

2. Yogyakarta

Bila sedang berkunjung ke sana, cobalah untuk makan Gudeg, Ya, itu adalah makanan khas dari Provinsi tersebut. Ada beberapa tempat makan maknyus yang menjadikan Gudeg sebagai jualan utama.

Pertama adalah Gudeg Yudjum, bila datang ke sana Anda bisa menikmati sepuluh paket nasi dengan lauk bermacam-macam berharga antara Rp 7.000-20.000. Namun, bagi yang mau mencoba sensasi makan yang berbeda, coba datang ke Gudeg Pawon. Tempat tersebut hanya buka dari jam 11.00-02.00 tengah malam. Satu porsi nasi dengan lauk ayam serta minum teh manis di sana dijual Rp 18.000. Agak mahal memang, namun dijamin puas terhadap rasa yang ditawarkan.

Selain Gudeg, Anda juga bisa mencoba makanan khas Yogyakarta lain yaitu sate klathak. Bagi yang mau mencoba, ada satu tempat yang menjualnya, tepatnya di Jl Imogiri Timur KM 10 yaitu Warung Sate Klathak Pak Pong. Harga satu porsi penganan ini dijual seharga Rp 14.000. Tertarik mencoba?

3. Surabaya

Kota ini sebenarnya memiliki begitu banyak tempat makan yang sangat enak. Namun, ada dua yang mungkin tidak ada di daerah lain. Pertama adalah Rawon Setan yang berada di Jl. Embong Malang. Sebenarnya tempat ini hanya menyajikan makanan berupa rawon biasa. Namun keistimewaannya berada pada pedasnya rasa makanan tersebut.

Seporsi rawon daging dijual seharga Rp 28.000 per porsi. Meski harganya cukup mahal, namun rasanya dijamin tidak mengecewakan Anda. Bila tidak suka dengan yang pedas-pedas, coba saja Sate Klopo. Seporsi makanan itu di wilayah Surabaya biasanya dijual seharga Rp 15.000-20.000 tergantung jenis isinya..

4. Bogor

Bagi yang tidak ingin pergi jauh dari Ibu Kota, coba saja datang ke Bogor. Ada cukup banyak makanan dan jajanan yang enak di sana yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Asinan Gedung Dalam yang sudah ada sejak 1978 silam. Anda bisa membeli seporsi asinan dengan berbagai varian berharga sekitar Rp 15.000-17.000.

Untuk masalah jajanan, coba saja Macaroni Panggang yang dijual di Jl. Salak, No.24 Bogor Tengah. Di sana anda bisa menikmati makanan berbahan dasar pasta tersebut dengan harga mulai dari Rp 20.000 untuk tipe biasa hingga Rp 185.000 untuk kategori special large

5. Padang

Kota ini begitu kaya akan makanan khas. Bukti paling jelas adalah begitu banyaknya warung Padang yang bertebaran di tiap daerah yang selalu menawarkan berbagai macam lauk yang bercitarasa nikmat. Namun, bila ingin mencoba yang asli, datanglah sekali-kali ke tempat asalnya di pulau Sumatra. Dijamin lidah akan merasa sensasi masakan Padang yang berbeda dari yang pernah kita coba di kota asal.

Dari sekian banyak makanan yang ada, cobalah dendeng batokok yang memiliki rasa pedas khas dan belum tentu ada di Jakarta, namun ditawarkan oleh banyak tempat makan di sana. Untuk menikmatinya bersama sepiring nasi dan minum, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 15.000-20.000.

Untuk makanan lainnya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di kota Anda. Di sana tetap dijual rendang, ayam pop, sate padang, dan lainnya. Namun yang berbeda adalah rasanya yang lebih khas. Untuk masalah harga, sama saja dengan di Jakarta yang berkisar antara Rp 10.000-20.000 per porsinya.

6. Makassar

Kota ini tidak cuma punya Pantai Losari saja yang terkenal cantik. Namun masakan khas kota ini juga sangat sayang untuk tidak dicoba. Salah satunya adalah Sop Konro atau Konro bakar, bagi yang ingin menikmatinya, ada satu tempat terkenal yang menjualnya yaitu di Rumah Makan Sop Konro Karebosi.

Harganya memang cukup makal, yaitu Rp 40.000 untuk konro bakar dan Rp 38.000 untuk sop konro. Namun, untuk masalah rasa, dijamin lidah akan terpuaskan dengan rasa enaknya. Namun, kalau ingin mencari makanan khas lain yang lebih murah, cobalah Coto Makassar yang biasa dimakan dengan buras, atau ketupat nasi. Harga per porsinya cukup murah, yakni sekitar Rp15.000. Salah satu restoran yang menyediakan Coto Makassar yang paling terkenal adalah Coto Paraikatte yang berada di Jalan A.P. Pettarani.

Selain kota-kota tersebut, masih ada banyak daerah lain yang juga memiliki beragam kuliner lain yang tentunya memiliki citarasa yang unik dan nikmat. Jadi, tertarik untuk mencicipi makanan khas daerah-daerah tersebut?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama