Akhir Pekan, Saatnya 'Ngabuburit' di Jakarta

Menghabiskan akhir pekan dengan wisata keliling Kota Jakarta menjadi pilihan ngabuburit yang menarik. Ada banyak tempat asyik yang bisa Anda kunjungi di kota yang baru saja berulang tahun ini.

Apa rencana Anda untuk akhir pekan ini? Menghabiskan seharian di Kota Jakarta dapat menjadi alternatif pilihan untuk ngabuburit di akhir pekan. Puasa tidak menjadi halangan Anda untuk berwisata, tidak perlu jauh keluar kota Anda bisa menikmati tempat menarik di Jakarta sambil menunggu waktu berbuka.

KreditGoGo menghimpun beberapa tempat yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk ngabuburit, mulai dari tempat bersejarah, tempat beribadah, mencari menu untuk berbuka sampai tempat berbelanja. Berikut 5 tempat pilihan untuk menunggu waktu berbuka puaa di akhir pekan.

1. Wisata Sejarah

Di Jakarta ada banyak tempat yang bisa dijadikan untuk menambah pengetahuan sejarah Anda. Salah satunya adalah Museum Nasional (Munas). Inilah museum dengan koleksi terbanyak di Jakarta. Di sini ada 140.000 koleksi yang terbagi dalam tujuh jenis.

Tujuh jenis koleksi tersebut yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik & heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi. Jika Anda ingin ke sana Museum Nasional (Munas) yang terletak di Jalan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat.

Pada Sabtu dan Minggu, Museum Nasional buka pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp5.000 (dewasa) dan Rp2.000 (anak-anak). Anda bisa naik Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) dan turun di halte Monumen Nasional.

2. Jalan - Jalan di Kota Tua

 Kota Tua

Opsi kedua adalah jalan-jalan di Kota Tua. Kawasan ini punya lima museum besar yaitu Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bank Mandiri.

Anda bisa menikmati arsitektur Jakarta tempo dulu di sini sekaligus berkunjung ke beberapa museum di atas. Setiap museum tutup sekitar pukul 15.00-16.00 WIB. Anda bisa mampir ke satu atau dua museum yang diminati. Sore hari di halaman Museum Fatahillah, Anda bisa menikmati kemeriahan  suasana sore hari. Dari Museum Nasional menuju Kota Tua, Anda bisa naik Transjakarta koridor 1 sampai halte Kota.

3. Beribadah di Masjid Istiqlal

Saatnya berwisata religi sekaligus sejarah. Dari Kota Tua jika hari telah menjelang sore Anda bisa mampir ke Masjid Istiqlal untuk beribadah salat Ashar di sana sekaligus mempelajari sejarah bangunan masjid terbesar se-Asia Tenggara ini.

Masjid Istiqlal diprakarsai oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno pada 1951. Keunikannya Masjid ini dirancang oleh arsitek Frederich Silaban yang merupakan seorang Protestan. Didesain dengan lima lantai dan satu lantai dasar.

Masjid Istiqlal mampu menampung hingga 200.000 jamaah. Masjid ini sungguh megah, dengan dinding dan lantai berlapis marmer, serta kubah utama yang ditopang 12 tiang besar. Masjid ini bisa jadi tempat Anda menunaikan salat Dzuhur sekaligus Ashar

4. Berburu Takjil di Pasar Benhil

Setelah selesai menikmati kemegahan Masjid Istiqlal dan sudah menunaikan salat Ashar Anda bisa segera menuju Pasar Benhil untuk mencari santapan berbuka puasa. Pasar ini sangat terkenal dengan banyak hidangan tradisional yang dijajakan.

Berlokasi di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, dan sepanjang bulan Ramadan, jalan ini dipenuhi tenda penjual makanan.Aneka makanan untuk berbuka puasa dijual di Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta.

Beberapa takjil favorit pengunjung Pasar Benhil adalah bubur kampiun, bubur sumsum, kolak pisang dan biji salak, juga gorengan dan es buah. Selain porsinya yang banyak, harganya pun ramah di kantong.

Anda bisa menghabiskan sore dengan berburu takjil di pasar ini. Saat berbuka, Anda bisa menuju ke Masjid Al Falah untuk menunaikan salat Maghrib.

5. Belanja Hemat di Jakarta Fair Kemayoran

Hemat di Jakarta Fair Kemayoran

Nah khusus bulan Ramadan tahun ini bertepatan sekali dengan datangnya ulang tahun Kota Jakarta, dan setiap tahunnya selalu ada gelaran Jakarta Fair Kemayoran. Jika Anda belum lelah berkeliling ini bisa jadi referensi tempat untuk wisata belanja.

Ada banyak produk untuk berbagai kebutuhan di jual di sana, mulai dari makanan, minimum, handphone baru, otomotif, baju Lebaran, dan masih banyak lagi. Menariknya Anda bisa berburu diskon di sini karena hampir semua produk ditawarkan dengan harga spesial.

Anda juga bisa lebih hemat dengan menggunakan kartu kredit. Seperti untuk membeli gadget baru ada promosi kartu kredit menarik di stand-stand tertentu, jeli saja dalam melihat semua promosi yang ditawarkan. Tetapi ingat juga jangan sampai belanja berlebihan, bisa-bisa kehabisan uang sebelum Lebaran. Bila belum mempunyai kartu kredit Anda bisa mengajukannya melalui KreditGoGo.com. Selamat  berakhir pekan!

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Jakarta
Rahasia Belanja Untung di Pekan Raya Jakarta 2016

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama