Yuk, Rintis Usaha dengan Pinjaman Modal Tanpa Jaminan

Seiring meningkatnya ekonomi Indonesia, kini ada banyak orang ingin buka usaha. Mengajukan pinjaman modal adalah salah satu cara untuk merintis usaha tersebut.

Di 2014, ekonomi Indonesia masih berhasil tumbuh dengan baik. Paling tidak masih stabil dan melambat. Itu menurut pakar ekonomi yang membaca situasi perekonomian di Indonesia. Salah satu ciri pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah pertumbuhan angkutan laut yang cukup bagus, yang juga disertai penambahan rute angkutan kereta api Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sementara dari sisi komunikasi, adanya peningkatan konsumsi ponsel, begitu juga dengan pelayanan data dan internet.

Selain itu, menurut Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2014 mencapai 5,21% secara year on year. Sektor penyumbang ekonomi tertinggi tersebut ada pada sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 10,23%. Di sektor keuangan, realestat, dan jasa perusahaan tumbuh dengan angka 2,19%. Pertumbuhan ini didorong oleh faktor peningkatan subsektor keuangan dan lembaga keuangan non-bank dan jasa keuangan.

Komunitas Dare to Dream

Membuka Bisnis Sendiri = Membuka Peluang bagi Orang Lain

Nah, dengan peluang besar ekonomi seperti itu, jangan heran kini ada banyak orang ingin buka usaha. Salah satu cara untuk memperoleh modal adalah dengan mengajukan pinjaman modal tanpa jaminan. Bagi negara, khususnya bagi Indonesia yang sedang berkembang, membuka bisnis sendiri bukan hanya mencari profit, tapi juga membantu membuka peluang kerja bagi orang lain. Dengan begitu, jumlah pengangguran bisa semakin berkurang. Tapi, ide bisnis jangan hanya berkutat di kepala. Coba beranikan diri agar menjadi aksi yang pasti.

Sebagai langkah pertama, misalnya Anda ingin buka usaha binatu (laundry). Pikirkan secara kreatif berbagai pertimbangannya, misalnya skala usaha, kompetisi pasar, permintaan pasar, tenaga kerja, sampai pasokan bahan baku cuci dan menjalin relasi pemilik dengan bidang usaha yang sama. Jangan pernah anggap semua pertimbangan itu menjadi sesuatu hal yang ribet. Anggap saja seperti orang yang sedang bermain dan belajar bikin usaha sendiri. Itu malah akan lebih asyik kan!

Memulai usaha kata orang sih paling enak dimulai dari hobi. Menurut Mike Rini Sutikno, seorang perencana keuangan dan pendiri komunitas Dare to Dream Indonesia (D2DI), memulai bisnis enaknya dimulai dari hasrat (passion). Tanpa modal besar, tapi dengan hasrat, suatu bisnis bisa menjadi besar.

Bahagia adalah Kuncinya

Menurut dia pula, memulai bisnis dari hobi hendaknya juga ditunjang dengan rasa bahagia (happy), uang, aktualisasi diri, dan komunitas (community). Dengan bahagia, melakukan bisnis yang dirintis bisa dilihat oleh pelanggan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan lebih banyak.

Ivan Cheng di studio animasi miliknya

Selain dari hobi, memulai suatu bisnis juga bisa melihat dari permintaan (demand). Adalah hal penting bagi kita untuk bisa mencari sebanyak-banyak informasi mengenai tren permintaan yang diminati dan masih dikonsumsi masyarakat. Dari situ, ide bisnis bisa dengan mudah ditemukan, yang kemudian bisa jadi mode bisnis paling cocok dan sesuai dengan selera pasar.

Apa hubungan hobi dengan selera pasar? Pasti terkait erat. Itu pula yang mendorong Ivan Cheng mendirikan studio animasi miliknya. Dari hobi main game, ia kini menciptakan permainan animasi hasil studionya yang diluncurkan di Facebook. Nama karyanya adalah Majapahit Online. Saat ini, permainan online Facebook hasil rancangannya dan kawan-kawan mendapat banyak respons dari banyak pengguna Facebook.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Ragil pamungkas

    Gimana bisa dapet pinjaman modal usaha tanpa anggunan ya...

    Reply
    • purkon

      Boleh juga

      Reply