Update: Ingin Pinjaman Disetujui Bank Perhatikan 5 Hal Ini

Banyak calon nasabah yang sering mempertanyakan pengajuan KTA mereka ditolak oleh bank. Mungkin penolakan tersebut didasarkan karena keenam hal ini.

Menjadi kepala keluarga kadang memberikan tekanan berat, ketika kebutuhan dana mendesak namun pinjaman tidak kunjung disetujui membuat Anda kecewa dan putus asa. Hal itulah yang sering dirasakan ketika membutuhkan dana tetapi proses pinjaman menjadi dipersulit.

Lalu apa yang harus Anda lakukan agar pengajuan pinjaman disetujui? Hal pertama yang harus dipahami adalah bukan prosesnya yang dipersulit tetapi bank memiliki prosedur dan persyaratan agar Anda bisa memenuhi kulifikasi mereka sebagai calon nasabah.

Untuk itu KreditGoGo menjabarkan bagaimana cara yang tepat agar pengajuan KTA Anda tembus di bank.Pelajarilah kelima cara ini sebelum Anda membuat pengajuan pinjaman. berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan agar pinjaman KTA disetujui.

1. Pilih Produk Pinjaman Tepat

Terkadang banyak orang sulit menemukan produk pinjaman yang tepat untuk kebutuhannya. Memilih produk yang tepat berpengaruh terhadap kulifikasi bank. Pilihan tenor, proses pengajuan, suku bunga, jumlah plafon dan lain sebagainya harus sesuai dengan kebutuhan Anda

Nah, produk pinjaman yang bisa memberikan banyak keuntungan dengan pilihan tenor hingga 3 tahun, suku bunga ringan, proses pengajuan cepat, dan cicilan tetap adalah HSBC Personal Loan. HSBC menghadirkan produk pinjaman KTA dengan plafon mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 125 juta.

Suku bunga kompetitif dan flat membuat cicilan perbulannya tetap dan lebih ringan. Anda bisa mengatur kebutuhan bulanan tanpa khawatir cicilan kredit melonjak karena besarnya suku bunga yang berubah-ubah.

Produk pinjaman HSBC Personal Loan akan menjadi solusi cepat untuk dapat dijadikan fasilitas pembiayaan beragam kebutuhan. Selain itu proses pengajuan pun cepat dan mudah, jika kelengkapan dokumen telah dipenuhi, proses pengajuan pinjaman akan diproses selama 7-14 hari kerja.

Jadi pilihlah produk pinjaman yang bisa memaksimalkan kebutuhan Anda. Istimewanya lagi, untuk setiap pengajuan HSBC Personal Loan Anda akan mendapatkan hadiah spesial dari KreditGoGo untuk pengajuan yang disetujui bank.

2. Dokumen dan Persyaratan

Sebelum Anda mengisi formulir pengajuan sebaiknya siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak bank akan memudahkan mereka melakukan proses verifikasi.

Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan secara umum adalah: Kartu identitas diri, NPWP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (jika sudah menikah), Surat Keterangan Penghasilan bagi karyawan, Surat Izin Praktik bagi profesional ataupun SIUP / TDP bagi pengusaha serta fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir.

Selain dokumen yang lengkap agar proses pengajuan aplikasi tidak ada kendala Anda harus memenuhi syarat umum sebagian besar bank di Indonesia seperti: warga negara Indonesia, berusia minimal 21 tahun dan kurang dari 55 tahun, Minimal Pendapatan Rp 5 juta per bulan.

2. Memiliki Kartu Kredit

Hal inilah yang sering kali menjadi hambatan banyak orang yang ingin mengajukan KTA. Tetapi ini merupakan syarat mutlak pengajuan KTA di bank, Kartu kredit berguna sebagai penganti angunan, sebab pada kartu kredit terdapat catatan riwayat keuangan Anda.

Bank akan melihat historis pemakaian dan pembayaran kartu kredit untuk melihat apakah Anda layak untuk mendapatkan pinjaman. Jadi jika Anda tidak memiliki kartu kredit maka tidak ada harapan pengajuan KTA Anda disetujui.

Selain itu, jika Anda sudah memiliki kartu kredit maka perhatikanlah penggunaan kartu kredit tersebut. Penggunaan kartu kredit tentunya akan sangat berpengaruh, tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit akan membuat pengajuan KTA Anda ditolak. 

3. Jangan Berbohong

Kejujuran menjadi faktor yang penting saat mengajukan pinjaman KTA. Anda tidak bisa berbohong mengenai segala informasi yang berkaitan dengan pengajuan seperti contornya minimal pendapatan. Jika Anda memberikan informasi palsu tentunya pengajuan Anda akan ditolak.

Contoh kasusnya adalah ketika Anda mengisi formulir klaim gaji tertulis Rp 10 juta, tetapi ketika analis bank menghubungi pihak HRD gaji Anda ternyata hanya Rp 8 juta. Sementara itu, di surat keterangan penghasilan gaji malah tertulis Rp 7 juta.

Informasi yang simpang-siur seperti ini akan membuat analis bank bertanya-tanya, kemudian kesimpulan mereka Aplikasi KTA Anda ditolak karena informasi tidak benar. Jadi jangan coba-coba berbohong jika berurusan dengan bank.

4. Status Pekerjaan

Status pekerjaan juga sangat mempengaruhi pertimbangan bank. Kebanyakan bank mensyaratkan staus pekerjaan calon nasabah adalah karyawan tetap minimal selama 1 tahun di sebuah perusahaan. Status karyawan berhubungan dengan kemampuan Anda membayar cicilan.

Bank akan menilai jika karyawan tetap dan memiliki gaji rutin lebih menjamin kemampuan kredit atau kemampuan membayar dari seorang debitur karena pendapatan tetapnya. Sedangkan untuk yang bukan karyawan atau wiraswasta bukan berarti tidak bisa mengajukan KTA.

Untuk wiraswasta, bank akan mengecek catatan pendapatan dan masa kerjanya melalui dokumen seperti TDP (Tanda Daftar Perusahaan), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Dari dokumen-dokumen tersebut, seorang wiraswasta dapat diketahui tentang pendapatan dan masa kerjanya.

5. Data yang Valid

Data seperti nomor telepon, alamat rumah, catatan rekening semuanya harus sesuai dan valid. Jika salah satunya terbukti tidak sesuai ketika bank melakukan verifikasi maka pengajuan Anda kemungkinan akan ditolak oleh bank.

Salah satu contohnya adalah nomor telepon, Anda harus memberikan nomor telepon fixed line. Beberapa bank mensyaratkan Anda mempunyai 3 sambungan telepon fixed line yaitu dirumah, ditempat kerja, dan saudara yang tidak serumah.

Selain itu pastikan juga nomer tersebut dalam keadaan selalu aktif, jagan sampai Anda melewatkan telepon dari pihak bank. Bila bank sulit menghubungi nomor yang disertakan pada formulir, bank akan menolak pengajuan kredit Anda.

Nah, itulah lima hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KTA. Jadi Anda jangan kaget jika pengajuan KTA ditolak oleh bank mungkin Anda belum memenuhi persyaratan diatas.

Baca juga:  
Pinjaman Halal Berbasis Syariah, Kenapa Tidak?
Dapatkan Dana Tambahan untuk Biaya Pendidikan Anak

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Wandiono

    Setuju.. tapi masalahnya kalau pinjam buat bayar utang. Dan sisanya buat renovasi bisa gak mengajukan dan gaji umr menurut kota...

    Reply
    • Marrialis

      Gimana kalau saya baru 6 bulan jadi karyawan tetap apakah bisa dapat pinjaman?

      Reply