Tiba-tiba Kamu Tidak Sanggup Bayar KTA? Atasi dengan Lima Cara Berikut

Ada kalanya pengeluaran membengkak sehingga kamu kesulitan membayar KTA. Tenang, baca dulu artikel ini agar mendapat pencerahan.

Tidak ada seorang pun yang suka dikejar-kejar utang, seperti utang KTA. Jenis pinjaman ini memang memiliki syarat pengajuan yang mudah dan pencairan dana yang cepat. Namun, apa jadinya jika suatu hari perhitungan keuanganmu meleset sehingga tidak sanggup bayar KTA?

Konsekuensi dari kejadian ini cukup berat sehingga membuat sebagian orang stres. Jika kamu tidak bayar utang KTA maka namamu akan tercantum dalam daftar hitam (black list) bank tempat kamu mengajukan KTA tersebut.

Selain itu, namamu juga akan tercantum dalam daftar kolektibilitas Bank Indonesia. Akibatnya, akan sulit bagimu untuk mengajukan pinjaman peribadi seperti KPR atau kredit multiguna, baik kepada bank tersebut atau bank lainnya.

Lalu, harus bagaimana untuk membayar utang KTA? Lima cara ini dapat membantu:

Diskusikan dengan Pihak Bank

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika tidak bisa bayar utang adalah menghubungi pihak bank. Jelaskan dengan jujur alasan mengapa kamu tidak bisa bayar utang KTA untuk mencari jalan keluar. Dengan langkah ini, bank akan melihat bahwa kamu adalah orang yang bertanggung jawab sehingga bank lebih bersedia untuk membantumu. Saat berdiskusi, tanyakan juga apa kamu bisa mendapat keringanan untuk tidak bayar denda.

Jual Aset untuk Bayar Utang KTA

Kamu juga bisa menjual aset seperti mobil, tanah atau rumah untuk bayar utang KTA. Keputusan ini tidak mudah karena hidupmu akan berubah, namun setidaknya kamu bisa terbebas dari utang KTA. Agar lebih mudah, serahkan saja asetmu kepada pihak bank untuk dijual.

Apabila hasil penjualan aset tersebut melebihi utang KTA-mu, pihak bank akan mengembalikan sisa uang tersebut kepadamu. Bagi kamu yang membaca artikel ini dan berencana untuk mengajukan KTA seperti CTBC Bank KTA Dana Cinta atau KTA KEB Hana Bank, ada baiknya jika kamu telah memiliki beberapa aset untuk kondisi darurat seperti ini.

Baca juga: Ide Bisnis Bermodal Kecil untuk Milenial

Mediasi dengan Bank

Untuk pinjaman KTA kurang dari Rp500 juta, kamu bisa bermediasi dengan bank. Untuk langkah ini ada beberapa syarat yang harus kamu lakukan, seperti membuat permohonan tertulis dan mengikutsertakan Bank Indonesia (BI) atau lembaga mediasi lainnya sebagai perantara.

Pada umumnya, ada tiga pilihan untuk melunasi utang seperti penjadwalan ulang untuk pembayaran utang, perubahan syarat kredit atau tenor pinjaman serta mengubah pembiayaan (misalnya bank menurunkan bunga pinjamanmu).

Hindari Pinjaman Uang Cepat untuk Bayar Utang

Sebagian orang merasa panik saat tidak bisa bayar KTA sehingga mengajukan pinjaman uang cepat dari perusahaan fintech yang tidak jelas asal-usulnya. Akibatnya, utang mereka berlipat ganda karena bunga yang tinggi! Hati-hati, mengajukan pinjaman baru untuk bayar utang dapat membelenggumu dalam lingkaran utang.

Baca juga: 89 Fintech Lakukan Pelanggaran, Perlindungan Data Peribadi Minim

Semoga artikel ini dapat membantumu agar tidak salah langkah saat tidak sanggup bayar KTA.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama