Terpaksa Ngutang untuk Nikah, Mari Cerdas Memilih KTA Tepat

Kendati sudah dihitung cermat berapa budget harus dikeluarkan, banyak anggaran siluman muncul jelang hari pernikahan. Jika terpaksa harus ngutang, sebaiknya cerdas memilih produk KTA tepat

Pernikahan adalah salah satu momentum membahagiakan bagi setiap pasangan yang saling mencinta. Pasangan yang telah matang secara mental maupun finansial tentu tak ingin menunda-nunda pernikahan. 

siapkan biaya pernikahan

Apalagi, menyegerakan pernikahan berikut syarat-syarat yang tidak membebani masing-masing pasangan adalah satu hal yang sangat dianjurkan oleh agama. Bersegera menikah dan menjadikan hari istimewa itu sebagai kenangan indah tak terlupakan, sudah pasti jadi dambaan setiap pasangan. 

Itulah sebabnya berbagai persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari. Namun, tetap saja hal-hal di luar dugaan muncul ke permukaan jelang hari H. Berbagai manuver pun harus dilakukan agar pesta pernikahan tetap berjalan sesuai rencana.

Pada prinsipnya menikah bukan sekadar menyatukan dua pribadi dalam ikatan keluarga. Namun, menikah adalah menyatukan dua keluarga besar. Nah, inilah yang kerap jadi masalah dalam prosesi pernikahan. 

Masing-masing keluarga sering mengusung keinginan berbeda untuk ikut menandai hari bahagia. Pasangan pengantin pun harus pintar-pintar mengakomodir luapan semangat keluarga masing-masing.

brosur wedding

Undangan membengkak

Namanya juga keluarga besar, sudah jamak jika undangan membengkak. Apalagi, jika pasangan pengantin dan keluarga besar masuk kategori orang-orang dengan tingkat sosialisasi tinggi. Padahal, jumlah undangan membengkak ujung-ujungnya membawa pengaruh ke berbagai sektor yang harus disiapkan seperti katering dan souvenir. 

Di sinilah dibutuhkan kecerdasan tersendiri saat memilih vendor yang ngirit biaya namun tetap tampil elegan dalam penampilan untuk urusan seperti kartu undangan, souvenir, hingga pernik-pernik lainnya.

biaya katering murah

Katering Menyedot Budget

Undangan membengkak, sudah pasti katering pun tambah biaya. Bukankah rumus katering untuk resepsi pernikahan adalah dua kali undangan yang disebar? Merogoh kocek lebih dalam, itu hukumnya untuk mengatasi masalah ini. 

Apalagi, jika sudah terlanjur melibatkan jasa vendor tertentu untuk penyedia makanan. Namun, jika masih mungkin bermanuver, bisa dipertimbangkan beberapa tips gelar resepsi murah seperti melibatkan saudara, kerabat, dan tetangga untuk bahu membahu memasak agar lebih ngirit.

Tetapi, bila memang harus membutuhkan dana tambahan, saat ini ada satu solusi yang bisa digunakan untuk para calon pengantin, yaitu dengan mengajukan pinjaman dana pribadi. Namun begitu, harus cerdas mengulik  produk pinjaman KTA yang tidak terlalu membebani. Salah satunya HSBC Pesonal Loan hadir sebagai layanan kredit tanpa agunan yang sangat pantas dipertimbangkan sebagai solusi kebutuhan mendesak. Termasuk, kebutuhan tak terduga untuk menutup pembengkakan budget pesta pernikahan yang makin dekat.

Produk pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari HSBC Personal Loan ini relatif tidak ribet karena menerapkan persyaratan yang mudah. Kreditur juga tidak dibebani berbagai biaya seperti biaya administrasi, provisi, atau pun biaya asuransi. Dengan plafon mulai Rp5 juta hingga Rp125 juta dan suku bunga flat serta cicilan tetap dalam jangka waktu 36 bulan, Anda bisa mengatur dalam melakukan pinjaman. Proses lebih mudah bila mengajukan online di KreditGoGo dan akan mendapatkan hadiah gratis Sport Cam Eksklusif.

venue wedding

Tempat Resepsi dan Acara

Tempat resepsi, baik indoor atau pun outdoor, biasanya sudah dipesan jauh-jauh hari. Budget yang disediakan untuk urusan venue pernikahan ini sudah pasti.Namun, jika pun masih memungkinkan mengencangkan ikat pinggang pada detik-detik terakhir bisa dipertimbangkan mengambil pilihan lain kendati tidak ideal. 

Ambil contoh, biaya sewa gedung yang menguras budget bisa digantikan dengan menyewa aula atau lapangan terbuka yang lebih murah. Peralatan pesta pun bisa disewa menyatu dengan jasa penyewaan tenda. 

Jika pintar mengemas acara, pemanfaatan lapangan terbuka dengan tenda pun serasa resepsi pernikahan outdoor yang sekarang sedang digandrungi banyak pasangan pengantin. Tentu saja, dana untuk wedding organizer pun bisa dialihkan untuk keperluan lainnya.

beautiful bridesmaid

Base Camp Keluarga

Yang tak kalah bikin pusing adalah penyediaan base camp, tempat keluarga berkumpul jelang resepsi. Terutama, jika banyak keluarga yang datang dari luar kota. Menyewa kamar hotel atau penginapan biasanya jadi pilihan. 

Biasanya juga, sektor ini yang kerap memunculkan anggaran siluman. Dana taktis atau darurat harus dianggarkan secara ekstra oleh pasangan pengantin untuk masalah satu ini. Solusi meminimalkan pengeluaran untuk urusan base camp ini tentunya dengan membatasi undangan, kendati pada prakteknya sangat sulit. 

Selain itu, menyatukan acara akad dengan resepsi adalah solusi lainnya. Dengan demikian, rentang waktu untuk kumpul keluarga di base camp bisa lebih dipersingkat. Masih banyak biaya-biaya lainnya yang harus disiapkan pasangan pengantin untuk menjadi raja dan ratu sehari. 

Selain cincin, mahar, dan baju pengantin, keduanya juga harus menganggarkan dana untuk kostum panitia dan tetek bengeknya. 

Tentu saja hari teristimewa dalam hidup seseorang ini merupakan momen tak terlupakan. Nah, selamat menyiapkan perencanaan pernikahan Anda!

Baca juga:
Para Lelaki, Siapkan Dana Menikah Dari Sekarang !
6 Trik Jitu Menghemat Biaya Pernikahan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama