Susah Tembus KPR, Ini Jalan Alternatif Punya Rumah

Terhalang banyak kendala pengajuan KPR Anda tidak tembus dengan mudah. Namun ada banyak jalan alternatif untuk Anda bisa punya rumah tanpa perlu melalui KPR bank.

Mengajukan KPR tak semudah melamar kekasih sih! Memang fasilitas KPR untuk membeli rumah sangat membantu ketika keuangan belum juga memadai.Sayangnya, meski membeli rumah secara KPR sangat umum, ada banyak orang yang tidak bisa mengakses fasilitas pembiayaan satu ini.

Maklum, ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang mendapatkan KPR.Seperti, memiliki uang muka yang cukup, penghasilan minimal memenuhi kriteria bank dan memiliki penghasilan tetap.

Cara mengajukan KPR

Jalan Alternatif Punya Rumah Tanpa KPR

Tapi tak perlu berkecil hati, selalu ada cara seperti sebuah pribahasa “banyak jalan menuju roma”. Bagi Anda yang susah tembus KPR, jangan sedih. Berikut ini alternatif cara yang bisa Anda tempuh untuk memiliki rumah:

1. Manfaatkan Pembiayaan Rumah dari Developer

Jika susah tembus KPR melalui Bank, Anda bisa memanfaatkan pembiayaan yang ditawarkan langsung oleh developer. Developer atau pengembang besar biasanya bekerja sama dengan bank untuk memberikan layanan kredit perumahan bagi pembeli.

Namun, perkembangan pasar perumahan memunculkan alternatif pembiayaan lain yakni kredit rumah yang ditawarkan langsung oleh pihak developer. Biasanya pengembang-pengembang kecil yang menawarkan fasilita pembiayaan KPR.

Jika KPR bank umum memiliki persyaratan yang ketat, metode pembiayaan baru ini justru lebih fleksibel. Namun, jangka waktu pelunasan atau tenor yang diberikan pengembang biasanya lebih singkat yakni berkisar antara 3 tahun hingga 5 tahun.

Developer property

2. Menjaminkan Aset

Kebutuhan rumah sudah sangat mendesak, namun terhalang oleh biaya. Alternatif lain untuk membantu Anda adalah dengan menjaminkan aset yang dimiliki. Misalnya saja Anda memiliki warisan berupa tanah perkebunan atau pertanian, gunakan aset tersebut untuk mendapatkan dana dari bank.

Uang tunai yang dipinjaman dari bank kemudian bisa digunakan untuk membeli rumah. Namun ingat, untuk melakukan hal ini Anda harus lebih dahulu membuat pertimbangan dan perencanaan yang matang. Pastikan bahwa di masa mendatang Anda memiliki kemampuan finansial untuk membayar pinjaman.

3. Ajukan KTA

Sama halnya dengan menjaminkan aset, mengajukan KTA juga bertujuan untuk mendapatkan dana tunai dari bank. Bedanya KTA merupakan fasilitas kredit tanpa angunan, sehingga Anda tidak perlu menjaminkan aset untuk mendapatkan dana dari bank.

Namun memang bunganya terbilang berbeda dengan pinjaman lainnya. Tetapi jika Anda bisa memilih produk KTA yang tepat, beberapa bank menawarkan bunga yang rendah. Contohnya saja, kredit tanpa agunan Standard Chartered, dengan maksimal plafon hingga Rp200 juta bunga yang ditawakan rendah dan flat.

Tabungan Investasi

4. Menabung dan Berinvestasi

Membeli rumah secara tunai memang menjadi tujuan bagi banyak orang, selain itu Anda juga terhindar dari bunga KPR. Namun sejatinya impian tersebut tidaklah mudah direalisasikan. Nah, daripada terus bermimpi, lebih baik Anda membuat tindakan nyata dengan menabung dan berinvestasi.

Rubahlah gaya hidup Anda menjadi lebih sederhana, atur keuangan dengan baik. Apabila Anda pasangan yang sudah menikah dan sama-sama berkerja, cobalah untuk mengurangi pengeluaran hingga titik yang paling dimungkinkan.

Misalnya, biala total gaji bulanan Anda dan pasangan mencapai Rp 15 juta, batasi biaya hidup dalam sebulan hanya Rp 5 juta. Itu memang sulit, karena Anda akan meninggalkan berbagai kenyamanan yang bisa diperoleh dengan gaji Rp Rp15 juta per bulan.

Namun, dari penghematan yang dilakukan Ada sekian banyak uang yang bisa Anda simpan di akhir tahun. Bila menyimpan setidaknya Rp10 juta per bulan, dalam setahun tabungan Anda sudah mencapai Rp120 juta. Ini sudah cukup untuk mendapatkan rumah sederhana di daerang penyangga Jakarta.

Agar KPR Terwujud

KPR Versus KTA

Walau sulit tembus KPR bank, Anda tak perlu mati langkah. Selain membuat penghematan Anda selalu bisa mengandalkan alternatif lain agar bisa punya rumah. Seperti salah satu cara di atas KTA bisa menjadi cara yang boleh manjapi pilihan tepat.

Pengajuan yang mudah dan cepat akan mempermudah langkah Anda memiliki rumah impian. Standard Chartered KTA memberikan keleluasaaan pembayaran angsuran, setiap bulannya Anda tidak perlu khawatir akan kenaikan suku Bunga dan angsuran yang berubah-ubah.

Tidah hanya sebatas itu saja, jika Anda ingin mengembangkan keuangan maka pilihlah Standard Chartered KTA sebagai alat bantu modal awal berinvestasi. Dari hasil investasi itulah Anda bisa memiliki rumah impian.

Tertarik untuk mengajukan? Ajukan saja langsung secara online di KreditGoGo, mudah, aman dan terpercaya. Selain itu keuntungan ganda menanti Anda, sebuah powerbank Xiaomi hadir sebagai cinderamata menarik! Raih untung lebih banyak!

Baca juga:
Pengantin Baru, Inilah Cara Cepat Memiliki Rumah
Rumah Pengantin Baru Kisaran Rp 100 Juta di Jabodetabek

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama