Solusi Modal Usaha Lewat Pinjaman Cepat

Mengajukan kredit merupakan salah satu solusi untuk menambah modal usaha yang kurang. Kredit apa saja yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan Anda?

Menjalankan bisnis dengan modal usaha yang terbatas merupakan sebuah hal yang cukup pelik. Masalah ini tidak jarang menjadi masalah utama para pengusaha skala UMKM di Indonesia.

Tidak sedikit bisnis yang sebenarnya memiliki prospek yang cukup baik, tetapi menjadi bangkrut karena permasalahan tersebut.

Jika Anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk menambah dana untuk bisnis Anda melalui kredit. Berikut ini adalah kredit yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah dana untuk bisnis yang sedang Anda jalani.

Bantuan Modal Usaha Dengan Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah program bantuan modal usaha dari pemerintah RI kepada pemilik UMKM. Program ini disalurkan melalui bank-bank BUMN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Persyaratan untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat ini tidak terlalu sulit. Anda hanya memerlukan data legalitas penduduk dan juga Surat Keterangan Usaha dari instansi terkait.

Kredit Usaha Rakyat ini sangat menguntungkan bagi UMKM karena suku bunga yang ditawarkan cukup rendah yaitu hanya 9%. Suku bunga ini relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan kredit lainnya karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kredit Usaha Rakyat

Keuntungan lainnya yang dimiliki oleh Kredit Usaha Rakyat adalah debitur tidak diwajibkan menggunakan agunan. Tetapi peraturan ini hanya berlaku untuk pengajuan kredit dibawah 25 juta rupiah. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para pemiliki usaha kecil yang tidak memiliki agunan.

Selain syarat tersebut, usaha yang dijalankan harus berusia minimal enam bulan. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kemampuan dan kecakapan dari pengusaha tersebut dalam menjalankan bisninya.

Kekurangan dari kredit usaha rakyat adalah jangka waktunya yang tidak lama. Untuk kredit modal kerja memiliki jangka waktu tiga tahun. Sedangkan untuk kredit investasi memiliki jangka waktu lima tahun.

Oleh karena itu sebaiknya Anda memanfaatkan fasilitas kredit tersebut sebaik mungkin untuk mengembangkan usaha Anda.

Mengajukan Kredit Tanpa Agunan untuk Modal Usaha

Kredit Tanpa Agunan adalah sebuah produk kredit yang tujuan penggunaannya untuk kegiatan konsumtif dari debitur. Selain untuk kegiatan konsumtif, kredit ini juga bisa kita manfaatkan untuk menambah modal usaha kita.

Persyaratan untuk pengajuan Kredit Tanpa Agunan ini sangatlah mudah. Untuk mengajukan kredit ini biasanya dilakukan dengan validasi penghasilan dan juga validasi data diri. Keuntungan dari KTA ini adalah tidak perlu adanya jaminan dari debitur. Selain itu, plafond kredit yang diajukan juga bisa bervariasi, tergantung dari jumlah penghasilan per bulan dari debitur yang bersangkutan.

Baca juga: Update: Ingin Pinjaman Disetujui Bank Perhatikan 5 Hal Ini

Keuntungan lainnya adalah proses realiasasi kredit yang sangat cepat. Apalagi bila debitur sebelumnya sudah memiliki kartu kredit dan mempunyai history yang baik dengan perbankan.

Kekurangan dari penggunaan Kredit Tanpa Agunan adalah suku bunganya yang tinggi. Bila dibandingkan dengan menggunakan program KUR, KTA memiliki nilai bunga yang jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan resiko yang harus dipersiapkan oleh bank yang sangat tinggi untuk jenis kredit ini.

Menambah Modal Usaha dengan Kredit Multiguna

Kredit Multiguna adalah produk kredit yang ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan dari nasabah. Termasuk didalamnya juga untuk memenuhi kebutuhan modal usaha dari nasabah itu sendiri.

Persyaratan pengajuan Kredit Multiguna ini sendiri hampir mirip dengan produk Kredit Tanpa Agunan. Tetapi, untuk bisa menggunakan kredit ini, nasabah wajib menyertakan agunan berupa aset kepada bank.

Keuntungan menggunakan kredit multiguna adalah plafon yang ditawarkan sangat besar. Mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Hal ini dilihat dari kemampuan nasabah untuk melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya.

Manfaat lainnya yang sangat besar dari Kredit Multiguna ini adalah jangka waktu yang ditawarkan. Jangka waktu yang ditawarkan biasanya bisa lebih dari tiga tahun dengan persyaratan tertentu.

Baca juga: Risiko Kredit Multiguna, Pahami dan Hindari

Kekurangan utama dari Kredit Multiguna adalah nasabah harus menyediakan jaminan kepada bank atas kredit yang diajukan. Jaminan ini bisa berbentuk sertifikat rumah, deposito atau pun aset lainnya yang bernilai.

Selain itu, kekurangan lainnya dari kredit multiguna ini adalah suku bunganya yang tinggi. Jadi, sebisa mungkin untuk mengajukan kredit ini sesuai kebutuhan agar tidak terbebani dengan cicilan yang tinggi.

Ituah tiga jenis kredit yang bisa Anda gunakan untuk menambah modal usaha bagi bisnis Anda. Dari ketiga pilihan tersebut tentunya memilliki resiko dan manfaat yang berbeda bagi Anda. Pilihlah pendanaan yang sesuai agar tambahan dana tersebut bisa benar-benar bermanfaat bisnis yang sedang Anda jalani saat ini. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • ikhrom wibowo

    Setuju

    Reply
    • Alle

      Susah pngajuan kta

      Reply