Renovasi Rumah Tapi Tak Punya Dana, Inilah Solusinya

Ingin merenovasi rumah namun terbentur masalah biaya? Anda tidak memiliki cukup uang untuk merenovasi rumah lama dengan desain rumah impian. Berikut ini enam solusi tepat untuk Anda.

couple renovating house

Rumah sudah waktunya direnovasi, atap bocor, kamar tidur perlu ditambah, desain rumah sudah jadul dan permasalahan lainnya. Namun yang menjadi masalah terbesarnya adalah dana untuk merenovasi rumah.

Kondisi yang terjadi saat ini Anda tidak memiliki cukup dana untuk merenovasi rumah. Belum lagi kebutuhan yang kian meningkat dan tabungan sudah terkuras untuk biaya pendidikan anak di tahun ajaran baru. Lalu kemanakah Anda harus mencari solusi dana tambahan untuk merenovasi rumah?

Bagaimana solusinya jika tidak memiliki uang kontan? KreditGoGo memiliki solusi tepat untuk Anda yang membutuhakan biaya renovasi rumah. Berikut ini adalah cara yang bisa dipilih oleh Anda untuk mendapatkan biaya renovasi rumah.

1. Ajukan KPR Refinancing

Cara yang dapat digunakan untuk renovasi rumah adalah refinancing rumah yang sudah lunas. Refinancing adalah mendanai kembali rumah yang sudah lunas, dengan menjaminkan sertifikat rumah.

Biasanya bank akan memberi pinjaman sebesar 80% dari nilai rumah. Contoh jika rumah Anda saat ini dinilai bank sebesar Rp500 juta, maka kredit yang dapat diberikan bank sekitar Rp400juta.

Proses refinancing mirip dengan KPR, mulai dari melakukan appraisal, membuat perjanjian dengan notaris, biaya provisi,dan lain sebagainya. Biasanya proses refinancing ini memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan KTA (pinjaman pribadi).

2. Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan KTA

Bagaimana bila kita tidak memiliki agunan atau jaminan untuk pengajuan KPR Refinancing rumah? Kredit Tanpa Agunan atau pinjaman pribadi adalah salah satu solusi yang paling mudah pencairannya. Pinjaman KTA Anda hanya membutuhkan waktu antara 1-2 minggu untuk pencairan dana.

Salah satu produk pinjaman pribadi KTA terbaik adalah HSBC Personal Loan. Pinjaman Pribadi ini menawarkan keuntungan yang menarik untuk Anda. HSBC Personal Loan menghadirkan produk kredit tanpa agunan (KTA) dengan plafon yang tersedia mulai dari Rp5 juta hingga Rp125 juta.

Suku bunga yang kompetitif dan flat membuat angsuran cicilan tetap setiap bulannya, sehingga memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran bulanan. Anda juga bisa mendapat untung lebih banyak dengan mengajukan HSBC Personal Loan melalui KreditGoGo, dapatkan voucher belanja gratis dari MAP sebesar Rp1juta.

3. Kredit Renovasi (KPR Renovasi)

Cara ketiga yang bisa digunakan adalah kredit renovasi, kredit ini dikenakan bunga lebih rendah, tenor lebih panjang, dan plafon yang lebih besar dari kredit multiguna. Pada dasarnya produk kredit ini adalah turunan dari KPR yang digunakan dengan tujuan khusus renovasi rumah.

Beberapa bank umum di Indonesia menawarkan kredit renovasi rumah dengan bunga, plafon pinjaman dan periode peminjaman yang menarik. Salah satu contoh kredit renovasi rumah adalah Danamon Kredit Perbaikan dan Pembangunan Rumah.

Bank Danamon memberikan fasilitas pembiayaan kredit untuk nasabah yang ingin membangun atau merenovasi dengan mengagunkan asetnya. Kredit dengan agunan ini memberikan Anda pinjaman hingga Rp 80% dari nilai agunan. Anda bisa membangun dari nol, mempeluas rumah, atau bahkan hanya sekadar mengubah tata letak desain hunian.

4. Manfaatkan Fasilitas Top Up KPR

Top Up limit KPR

Cara keempat adalah dengan menambah atau top up KPR bank. Top up KPR artinya adalah Anda mengajukan penambahan plafon pinjaman KPR. Bank akan melakukan appraisal atau penilaian kembali harga rumah Anda. Selisih nilai awal KPR dan harga saat ini akan dijadikan dana untuk renovasi rumah.

Fasilitas ini biasanya diberikan setelah nasabah telah melewati separuh dari masa kredit dan juga memiliki riwayat kredit yang baik. Misal seorang nasabah mengajukan KPR 10 tahun, maka nasabah tersebut dapat melakukan top up jika sudah membayar cicilan KPR minimal 5 tahun.

5. Lakukan Over Kredit KPR

Jika Anda tidak dapat melakukan pengajuan fasilitas top up maka Anda bisa melakukan over kredit KPR untuk bisa mendapatkan anggaran dana renovasi rumah. Caranya adalah Anda bisa melakukan over kredit ke bank lain untuk mendapatkan dana renovasi.

Biaya renovasi yang akan Anda dapatkan sendiri adalah dari selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman yang ada. Mengenai over kredit sebaiknya Anda membandingkan seluruh biaya over kredit dibandingkan dengan biaya jika tetap KPR di bank yang sekarang.

Selanjutnya silakan Anda mencoba lima cara mendapatkan dana untuk merenovasi rumah yang sesuai dengan keadaan dan kondisi keuangan Anda. Ajukanlah melalui KreditGoGo dan raih keuntungan lebih banyak dengan hadiah menarik apabila pengajuan disetujui.

Baca juga:
Renovasi Rumah Jelang Lebaran dengan HSBC Personal Loan
Ayo Hemat Air di Rumah dengan Shower!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama