Punya Rumah Atau Punya Mobil Dulu, Sih?

Memilih antara membeli rumah atau mobil lebih dulu membutuhkan pertimbangan yang matang. Apalagi disaat yang bersamaan, finansial Anda cukup terbatas.

Pasangan yang baru saja menikah biasanya dihadapkan pada sebuah kebingungan dalam memilih dua hal, yaitu memiliki rumah/apartemen dengan cara membeli secara tunai, atau membeli kendaraan bermotor dalam hal ini ialah mobil. Bagi sebagian banyak pasangan, memilih satu diantara kedua hal tersebut tidak berdasarkan kebutuhan yang memang diperlukan apalagi disaat yang bersamaan dana yang dimiliki cukup terbatas. Bahkan lebih parahnya, keputusan untuk memiliki rumah atau mobil tidak disertai dengan pertimbangan yang cukup matang.

Selayaknya pasangan muda pada umumnya, faktor emosional dan gengsi cukup wajar menjadi sebuah alasan memiliki kedua hal tersebut. Namun harus diperhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki jika membeli rumah dulu atau membeli mobil dulu. Sebelum memutuskan untuk membeli, hal penting yang harus diperhatikan ialah seberapa besar Anda memerlukan kedua hal itu.

Pertimbangkan dengan Baik

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi tiap harinya, pilihan untuk memiliki mobil bisa menjadi pilihan yang tepat. Memiliki mobil bisa dengan dua cara, baik melalui tunai atau pun kredit. Sekarang Anda tinggal memilih mana yang lebih optimal menggunakan keuangan Anda, apalagi disaat yang bersamaan Anda juga harus memikirkan dimana Anda akan memiliki tempat tinggal.

Dengan memilih untuk memiliki mobil terlebih dahulu, maka opsi membeli rumah akan menjadi opsi yang kedua. Bujet yang Anda miliki kini tersedot untuk membiaya pembelian atau kredit mobil. Otomatis yang kini Anda harus lakukan ialah mengontrak rumah atau tinggal di “Pondok Mertua Indah”.

Banyak pasangan juga masih berpikir bahwa memiliki rumah dinilai cukup mahal untuk saat ini. Apalagi rumah dengan lokasi yang masih didalam kota yang biasanya harga yang ditawarkan sangat tinggi karena memiliki nilai lebih dari sisi letak yang strategis. Oleh karena itu, pilihan untuk memiliki mobil dinilai cukup wajar.

Lalu bagaimana dengan memilih untuk memiliki rumah terlebih dahulu? Jika memilih untuk memiliki rumah, dana yang harus Anda siapkan juga akan cukup besar kalau pun Anda berencana akan mengambil kredit pemilikan rumah. Mengingat Anda akan menyiapkan juga DP (Down Payment) yang mencapai 30% dari total harga rumah yang Anda inginkan.

Memiliki rumah bisa menjadi solusi jika lokasi tempat Anda bekerja tidak terlalu jauh dengan lokasi rumah yang Anda inginkan, sehingga Anda tidak terlalu memerlukan mobil sebagai alat transportasi harian. Dengan begitu, Anda akan lebih irit jika hanya menggunakan kendaraan umum.

Kondisi akan sedikit berubah jika sang pasangan wanita sedang mengandung atau telah memiliki anak pertama. Dimana kebutuhan akan rumah dan mobil secara bersamaan akan menjadi sangat penting. Kedua pasangan tersebut akan berusaha memikirkan bagaimana memiliki rumah yang cukup layak dan nyaman sebagai tempat tinggal keluarga kecilnya kelak. Begitu pula mobil yang diperlukan sebagai alat mobilitas keluarga yang juga akan sangat dibutuhkan.

Nah, apakah Anda sudah memikirkan kondisi-kondisi diatas? Memilih mana yang lebih dulu antara memiliki rumah dan mobil harus memiliki pertimbangan yang masak-masak. Perhatikan juga kemampuan finansial Anda selain kebutuhan yang akan diperlukan nantinya. Selamat memilih.

(Source Image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama